Yang Biasa Dilakukan Saat Perjalanan Jauh dengan Kereta Api

Perjalanan terpanjang yang pernah saya tempuh saat ini adalah ketika saya pulkam -pulang kampung- ke Bekasi dengan menggunakan kereta api. Bekasi sebenarnya bukan tempat asal saya, tapi istri saya. Namun begitu bisa dipastikan -hampir- setiap lebaran saya menempuh perjalanan Surabaya-Jakarta-Bekasi untuk bersilaturahmi dengan keluarga di sana. Begitu pula ketika balik, perjalanan Bekasi-Jakarta-Surabaya menjadi perjalanan panjang yang akan ditempuh selanjutnya. Walaupun saya maupun istri kerap menggunakan jalur udara, namun kereta api masih menjadi prioritas jika tiket pesawat terlalu melambung harganya. Bekasi adalah rumah kedua bagi saya, dan saya selalu excited jika akan pulang ke sana.Ada beberapa hal yang biasa saya lakukan untuk mengisi waktu ketika perjalanan panjang menggunakan kereta api.

1. Mengobrol

Saya beberapa kali pulkam naik kereta tidak dengan istri, -karena jadwal libur yang tidak sama- otomatis teman bangku saya adalah orang baru yang belum pernah kenal. Mengajak kenalan, ngobrol, tanya-tanya soal aktivitas sehari-hari menjadi hal yang paling sering saya lakukan. Banyak hal baru yang menarik yang akan didapat dengan berkenalan dengan orang baru.

2. Memandangi Jalan

Ini adalah alternatif termudah dilakukan ketika berada di dalam kereta api. Melihat keluar jendela, memperhatikan apa saja yang kemudian seringkali saya menemukan hal-hal baru atau bahkan nama-nama tempat yang baru dan lucu. Melihat lalu lintas maupun ketika melewati persawahan yang terhampar luas, serta tidak jarang pula saya akan ceprat-cepret mengabadikan tempat yang baru tersebut.

3. Membaca Buku

Alternatif ketiga setelah memandang keluar jendela sudah cukup mainstream, membaca buku adalah solusinya. Biasanya ketika akan melakukan perjalanan jauh, saya akan menyelipkan beberapa buku untuk teman perjalanan saya. Dengan membaca buku, cukup efektif untuk mengisi waktu. Daripada harus bengong nanti kesambet, hehehe..

4. Mendengarkan Musik

Biasanya sebagai teman jalan yang paling asyik adalah dengan mendengarkan musik. Bisa menjadi teman saat memandang keluar jendela, membaca buku ataupun saat lagi tidur. Asal jangan lakukan mendengarkan musik sambil ngobrol, bisa tidak nyambung nantinya. Berbekal headset untuk handphone ataupun MP3 player, setel musik yang nyaman di telinga dan hati. Menjadikan perjalanan menjadi tidak terasa.

nb: jangan terlalu lama menancapkan headset di telinga karena bisa merusak pendengaran. Gunakan maksimal 4 jam dalam sehari.

5. Ngeblog Dan Browsing

Syukurlah saat ini di dalam kereta sudah disediakan colokan di masing-masing bangku untuk mencharge gadget yang saya bawa. Jadi kegiatan ber-internet yang biasanya menguras baterai bisa saya lakukan ketika di dalam kereta. Kalau tidak menulis di blog, blogwalking atau surfing-surfing baca berita. Bisa juga lihat-lihat video di youtube. Chatting dengan teman-teman di grup Whatsapp maupun BBM juga kerap kali saya lakukan.

6. Dzikir dan Berdoa

Itulah beberapa hal yang biasanya saya lakukan ketika sedang perjalanan jauh dengan kereta api. Bagaimana dengan teman-teman?

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *