Weekend Asik Bersama Anak

Bagi para orangtua, melihat anak-anaknya sehat dan bahagia, adalah merupakan kebahagiaan tersendiri. Karena bagaimanapun, anak-anak adalah titipan dari Tuhan, sekaligus merupakan belahan jiwa orangtua yang paling berharga. Itulah mengapa , menjadi salah satu hal yang penting banget untuk diperhatikan.

Salah satu bentuk perhatian orangtua terhadap anak adalah, dengan mengajak mereka liburan atau berjalan-jalan di akhir pekan. Selain bertujuan untuk menjaga kekompakan dan keharmonisan, meluangkan waktu bersama keluarga di akhir pekan juga bisa menjadi sarana pembelajaran. Tidak harus liburan mewah dengan budget yang tinggi kok, beberapa opsi liburan atau bersenang-senang di weekend bersama anak-anak berikut ini mungkin bisa anda lakukan agar anak bisa memperoleh quality time bareng orangtua dan keluarga.

Weekend Asik Bersama Anak

weekend asik bersama anak

Refreshing dan Berolahraga Bersama di CFD

Di beberapa kota, setiap weekend khususnya di Minggu pagi biasanya diadakan car free day (CFD). Untuk memberi ruang kepada masyarakat yang ingin menghabiskan liburan dengan berolahraga, refreshing, atau bertemu dengan banyak orang dengan biaya yang sangat murah. Berjalan-jalan di CFD tidak kalah asik dengan liburan ke tempat wisata, karena ada banyak hal yang bisa ditemukan di sana. Kita bisa berolahraga joging, senam atau bersepeda. Selain itu, CFD juga kerap dijadikan ajang berkumpulnya beberapa komunitas di kota setempat. Sehingga bisa dipastikan CFD biasanya akan sangat ramai.

Memanfaatkan momen CFD untuk liburan murah bareng anak-anak juga nggak kalah seru loh, berbagai macam kegiatan bisa dilakukan untuk memupuk kebersamaan serta kekompakan orangtua dan anak. Selain tubuh bisa lebih sehat, berolahraga pagi saat weekend bareng keluarga juga bisa menambah energi positif agar lebih semangat menjalani aktifitas kembali keesokan harinya.

Piknik di Taman Kota

Saat weekend tiba, nggak ada salahnya kalau mengajak anak-anak piknik di taman kota. Acara piknik ini dimulai dengan merencanakan bareng-bareng antara orangtua dan anak akan seperti apa piknik yang menarik untuk mereka. Kemudian menyiapkan perlengkapan yang diperlukan di rumah, memasak dan menyiapkan bekal makanan apa saja yang akan dibawa. Sampai menentukan lokasi mana yang paling menarik.

Banyak hal yang bisa dilakukan saat piknik di taman kota, seperti misalnya bermain bola, bermain board game atau bermain petak umpet dan lain-lain. Di sela-sela itu, bisa dimanfaatkan untuk ajang curhat, atau memberikan wejangan-wejangan pada anak. Selain untuk menjaga keharmonisan dalam keluarga, piknik di taman kota juga bisa menjadi ajang pembelajaran bagaimana bersosialisasi, bagaimana anak belajar untuk bertanggung jawab menyiapkan perlengkapan piknik atau membersihkan sampah-sampah dari kegiatan piknik tersebut. Hal ini selain bermanfaat bagi hubungan orangtua dan anak, pun juga akan membuat mereka menjadi pribadi yang baik di masyarakat.

Membelajarkan Anak Untuk Melakukan Kegiatan Sosial

Selain mengajak anak untuk bersenang-senang di akhir pekan, sesekali bolehlah mengajak mereka untuk melakukan kegiatan sosial. Seperti misalnya ketika anak ulang tahun, ajarkan mereka untuk berbagi dengan mengadakan makan-makan bersama anak yatim atau anak-anak jalanan. Sambil mengajarkan mereka tentang hal-hal positif mengenai orang-orang yang kurang beruntung tersebut, apa yang terjadi pada mereka, bagaimana seharusnya kita bersikap, sampai bagaimana kita bisa mengambil hikmah dari apa yang terjadi. Kita bisa mengajarkan kepada anak tentang bahagianya berbagi dan melihat orang lain tersenyum, agar anak ke depannya bisa menjadi orang yang peduli dengan sesama. Tentunya kegiatan ini juga bisa mendekatkan anak dan orangtua, serta menjadi pembelajaran dari itu sendiri.

You may also like...

3 comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *