Warnai Hidupmu Dengan Segudang Karya

Pernah nggak sih ngerasa kalau hidup kamu itu flat, kurang greget, atau bahkan jauh dari kata ‘bahaya’? Biasanya kalau kamu sudah berada di zona nyaman, aktifitas yang kamu lakukan sehari-hari nggak akan jauh-jauh dari hari-hari sebelumnya. Lambat laun, disadari atau tidak kamu akan mengalami kejenuhan. Biasanya sih yang orang lakukan untuk menghilangkan kejenuhan dari rutinitas, kalau nggak istirahat ya liburan.

Tapi pernah nggak sih kepikiran untuk menengok bakat dan passion-mu sejenak, kemudian buat sesuatu dari bakat yang kamu punya tersebut? Ya, kenapa tidak!

Mungkin banyak yang berpikir, apa bisa saya membuat sesuatu dari passion saya? Atau ada juga yang bingung harus memulai dari mana. Buat mereka yang belum pernah atau belum berani mencoba, tentunya hal itu terasa sulit. Atau bahkan mungkin terkesan tidak mungkin untuk dilakukan.

Percayalah, saya juga pernah merasakan hal itu!

Sejak dari jaman sekolah dulu, saya hobi membaca dan menulis. Karena jaman internet belum se-booming sekarang, media yang saya gunakan pun masih buku harian. Banyak hal yang saya tulis, dari catatan penting, cerita harian, cerpen sampai puisi. Saat senang, sedih, jatuh cinta atau patah hati pun tertulis di buku tersebut. Nggak kerasa dua buku tebal pun penuh dengan tulisan saya.

Tahu apa yang jadi cita-cita saya saat itu? Pengen jadi penulis sukses!

Yap, penulis yang sukses seperti Pramoedya Ananta Toer, Syumandjaja, WS Rendra dan banyak lagi. Tapi apa daya, saat itu saya nggak ngerti harus melakukan apa, nggak ngerti harus memulai darimana. Apakah ada sekolah khusus untuk menjadi seniman kata-kata, atau ada lowongan pekerjaan untuk menjadi seorang penulis. NO! Yang ada hanya kebuntuan, saya hanya bisa bermimpi untuk menjadi seperti mereka.

Tapi percayalah, saya nggak pernah berhenti menulis! Hanya saja mungkin dengan bertambahnya umur, bahasa tulisannya pun juga berubah. Dulu yang sok puitis dan menye-menye, lambat laun tulisannya pun semakin dewasa. Di jaman kuliah saya aktif nge-band bareng teman-teman, saya juga banyak menulis lirik. Meskipun nggak semuanya jadi lagu, tapi menulis lirik juga jadi kesenangan tersendiri. Padahal saya bukan vokalis loh, saya ini drummer. Selain itu saya juga seneng nge-rap, beberapa lirik rap pun pernah saya tulis.

warnai hidup dengan karya
Foto saya saat manggung ūüôā

Kalau boleh jujur, saya sempat malu loh dengan hobi menulis ini. Saat itu orang ngelihat saya sebagai drummer band rock, suka pakai kaos sama celana jeans, banyak dikerubutin cewek sama sukanya hura-hura. Tapi, jauh dilubuk hati saya bukanlah orang yang seperti itu.

Beda di atas panggung, beda lagi di kehidupan sehari-hari. Kalau pas lagi nge-drum saya suka pakai sepatu canvas, kalau lagi ngampus atau menghadiri suatu acara saya lebih nyaman memakai sepatu pantofel. Jenis pantofel  yang jadi favorit itu yang tanpa tali, entahlah. Mungkin karena saya orangnya lebih suka simpel, kalau pakai pantofel tanpa tali kan pakai-buka-nya lebih cepat. Apalagi kalau datang ke tempat yang harus buka sepatu, seperti di mushola misalnya.

Kalau pengen tahu beberapa koleksi pantofel, bisa banget loh cek di Zalora. Ada banyak koleksi sepatu pantofel terbaru maupun diskon gila-gilaan di sana!

zalora, sepatu pantofel murah diskon berkualitas terbaru

Seiring berkembangnya teknologi, saya kemudian menemukan media yang tepat untuk menyalurkan hobi menulis saya. Yaitu blog. Seperti sebelum-sebelumnya, yang saya lakukan di blog adalah menulis, menulis dan menulis. Dan dengan ketekunan menjalankan hobi, saat ini saya sudah bisa mendapatkan penghasilan dari nge-blog. And You know what??? Saat ini saya resmi berprofesi menjadi seorang penulis.

Mungkin beberapa orang berpendapat, kalau seorang penulis itu harus menulis buku. Saya juga pernah loh, meskipun buku panduan blog sederhana, dan bentuknya juga¬†e-book. Tapi jaman sudah berubah kawan,¬†e-book, e-magz, atau ‘e-e’ yang lain juga termasuk karya. Terlebih saat teknologi sudah berkembang saat ini, menerbitkan tulisan dalam bentuk elektronik atau¬†online sudah menjadi alternatif baru dalam membaca.

Dan sejak saya menjadikan ‘menulis’ sebagai profesi, banyak tulisan saya yang kemudian bisa dinikmati banyak orang, atau membantu dalam menyelesaikan suatu masalah. Hidup saya nggak lagi¬†flat, garing atau kurang greget. Malah terkadang harus deg-degan, bahkan pusing tujuh keliling saat menghadapi klien. Tapi, kalau¬†job bisa terselesaikan dengan baik dan klien pun puas, perasaan kita seolah di puncak gunung tertinggi. Bahkan tidur pun sambil senyum-senyum.

Jadi kalau kamu punya bakat dan passion, jangan takut untuk berkarya! Selama kamu tekun dan yakin, suatu saat kamu juga akan berada di puncak tertinggi, sambil mendongakkan kepala dan berkata: THIS IS ME!

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *