Trik Mudah Mendapatkan Banyak Follower Instagram Secara Natural

Trik Mudah Mendapatkan Banyak Follower Instagram Secara Natural – Memanfaatkan media sosial untuk promosi online shop, adalah cara yang bisa dibilang paling mudah dan murah. Hal ini dikarenakan sosial media saat ini sudah menjadi menjadi sumber perhatian terbesar masyarakat tidak hanya di Indonesia, namun juga di seluruh dunia. Hampir semua orang mempuyai akun di beberapa sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain-lain. Sehingga di era internet saat ini, semua orang baik dari belahan dunia manapun, seolah terhubung dan berdekatan satu sama lain.

Namun promosi lewat sosial media saja, dapat menjadi kurang begitu efektif dikarenakan keterbatasan jumlah follower di sosmed kita. Hanya teman-teman yang mem-follow kita saja, yang bisa membaca apa yang kita posting atau promosikan. Sedangkan agar penjualan kita bisa meningkat, harus bisa menggandeng calon customer baru yang mungkin bahkan sama sekali belum kita kenal sebelumnya. Artinya kita butuh expand agar follower kita bisa meningkat, agar peluang untuk mendapatkan pelanggan pun bisa semakin besar. Lalu bagaimana caranya agar bisa mempunyai follower banyak secara natural? Kali ini saya akan bahas cara mudah mendapatkan banyak follower Instagram secara natural.

Apa yang akan saya bagi kali ini adalah pengalaman pribadi, barangkali ada kritikan, sanggahan ataupun masukan,  feel free aja buat nulis di kolom komentar ya! 🙂

Trik Mudah Mendapatkan Banyak Follower Instagram Secara Natural

trik mudah mendapatkan banyak follower instagram

Gunakan Username Instansi, Bukan Nama Pribadi

Percaya atau tidak, penggunaan nama instansi atau nama beken pada Instagram itu lebih mudah digunakan untuk menggaet follower baru ketimbang menggunakan nama pribadi. Seperti misalnya kalian menawarkan jasa fotografi, menggunakan username dengan embel-embel fotografi justru lebih menarik orang untuk mem-follow. Misalnya @jokophotography, @jogjaphotography, @tukangfotomanten dan lain-lain, akan lebih menarik untuk di-follow ketimbang akun Instagram dengan nama pribadi seperti @jokoanwar, @rudisardi dan lain-lain. Kecuali kalau kalian adalah orang terkenal.

Posting Konten yang Menarik dan Terjadwal

Konsistensi adalah kuncinya, kalian wajib mengunggah konten yang menarik dan terjadwal. Untuk awal-awal dalam rangka mencari follower sebanyak-banyaknya, harus rajin update konten. Semakin banyak konten semakin bagus, minimal dua kali posting dalam satu hari lah; pagi-sore atau siang-malam. Buat konten grafis atau video yang unik/buatan kalian sendiri. Kalau mengambil gambar atau video dari orang lain, pastikan untuk mencantumkan sumber gambar sebagai kode etik dalam bersosial media. Pastikan konten yang kalian posting relevan dengan usaha kalian. Misalnya kalau kalian  jualan pakaian muslimah, ya setidaknya tampilkan konten-konten seperti tentang . Atau tutorial-tutorial memakai hijab ala seleb-gram ternama. Agar follower tidak kabur, dan follower yang kalian bidik bisa tertarget.

Gunakan Hashtag (#) yang Relevan dan Populer

Ternyata di Instagram, penggunaan hashtag (#) cukup efektif untuk menarik pengunjung ke akunkita loh. Gunakan beberapa hashtag yang pastinya relevan dengan konten kita, kemudian pastikan hashtag tersebut adalah hashtag yang populer. Untuk mengetahui hashtag yang populer adalah dengan memasukkan keyword di kolom pencarian, kemudian akan muncul beberapa suggest hashtag yang banyak digunakan di Instagram. Gunakan beberapa hashtag tersebut, fungsi hashtag tersebut adalah untuk membantu orang lebih mudah menemukan konten dari keyword yang dicarinya. Keuntungan lain dari menggunakan hashtag populer adalah bisa mendapat banyak LIKE, namun biasanya LIKE tersebut banyak didapat dari akun bule. Tapi ya nggak ada salahnya lah, itung-itung biar makin gaya postingan kita banyak LIKE-nya. 😀

LIKE / Komentar di Akun Yang Mempunyai Minat Pada Produk

Kalau ada pertanyaan, bagaimana cara mencari akun atau pengguna Instagram yang mempunyai minat pada produk kita? Jawabannya adalah dengan mencari keyword yang relevan dengan produk yang akan kita jual. Semisal kita berjualan pakaian muslimah, masukkan saja kata yang relevan pada kolom pencarian. Beberapa keyword yang relevan pada busana muslimah misalnya:

  1. OOTD
  2. hijaber
  3. syari / syar’i
  4. cantik
  5. dan lain-lain

Cari pengguna Instagram yang bukan online shop juga, pengguna pribadi yang di postingan-postingannya terlihat suka memakai busana muslimah. Berikan LIKE atau mungkin komentar yang sopan dan bukan tidak spam. Biasanya mereka yang melihat notifikasi dari kalian, akan menjadi kepo dan membuka akun kalian. Kalau kalian melakukan poin-poin yang seperti saya tulis di atas (menggunakan username instansi, dan rutin posting konten menarik), pasti akan banyak yang tertarik untuk mem-follow akun kalian.

Cara kedua selain mencari keyword yang relevan, adalah dengan mentarget follower dari akun komunitas. Misalkan kalian menjual aksesoris kendaraan bermotor, bisa juga kalian mencari akun komunitas motor. Tembak follower mereka dengan LIKE dan tentunya komentar yang sopan dan bukan spam. Misalkan dari 5 akun yang kalian beri LIKE dan komentar, bisa jadi ada 2-3 orang yang me-LIKE atau mem-follow akun kalian.

*****

Itulah beberapa cara mudah untuk mendapatkan banyak follower Instagram secara natural. Artinya bukan dengan membeli follower secara instan yang tidak ada jaminan bahwa followers tersebut fake atau asli, ataukah mereka memiliki minat pada produk yang kalian jual. Mencari banyak follower dengan cara natural memastikan bahwa orang-orang tersebut mem-follow atas kemauan sendiri dan memang mereka yang benar-benar suka atau butuh dengan apa yang kalian bagi di akun Instagram kalian. Namun yang perlu diingat, menggunakan metode ini memang tidak bisa cepat. Bisa membutuhkan waktu berminggu minggu. Tetapi kalau kalian mau konsisten, nggak sampai satu tahun kemungkinan follower kalian akan bisa meningkat dengan drastis. Semoga bermanfaat!

You may also like...

3 comments

  1. tambahan trik juga, ada baiknya beri moment giveaway.. siapa sih yang ga mau gratisan.. hehe, tapi setidaknya itu akan menarik follower juga baik yg loyal atau cuma mau gratisan.. setidaknya udah banyak yg kepo mapir ke ig kita lah yaa.. 🙂

    Elangg: Ahaha, iyo bener juga Jeng. Tapi giveaway kan butuh modal Jeng, harus menyiapkan hadiah dll. Tapi kalau nggak mau bondo ya cari sponsor juga bisa sih, 😀

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *