Touring Ke Pantai Goa Cina, Malang

Cerita kali ini adalah perjalanan saya dan istri ikut touring bersama dengan COP (Community Of Perantauan), sebuah grup yang demen banget merantau dengan menggunakan motor. Dan destinasi kali ini adalah ke sebuah lokasi wisata pantai di daerah Malang, Jawa Timur. Tujuan pertama kami adalah ke Pantai Goa Cina.

Kami berangkat dari Surabaya sekitar pukul 20.30 malam, tidak lupa kami mampir ke pom bensin untuk mengisi penuh bahan bakar kendaraan kami masing-masing.

Track yang kami lalui adalah jalur biasa Surabaya-Malang, melewati lokasi lumpur Lapindo. Namun sayang banget malam itu salah satu anggota dari COP harus mundur karena lagi kondisi badan yang kurang fit, jadinya di sekitar daerah Pasuruan kami harus berpisah. Kami pun kemudian melanjutkan perjalanan.

Jalanan cukup lancar malam itu, pemberhentian pertama kami setelah memasuki kota Malang, kami mampir ke sebuah minimarket untuk istirahat sejenak dan membeli beberapa perbekalan untuk di perjalanan nantinya. Setelah istirahat sekitar 15 menit, kami kemudian melanjutkan perjalanan kembali.

Dari kota Malang, untuk menuju ke lokasi melewati arah ke Dampit. Sampai di Dampit kami berhenti lagi di pom bensin, untuk beristirahat dan mengisi bahan bakar. Sampai di daerah Dampit sekitar jam 24.00 malam. Di sini kami bertemu dengan grup lain yang sedang touring juga, dan kami beruntung mereka sedang ngopi malam itu. Kami pun sama-sama ikut menikmati kopi panas, pas banget karena di daerah Dampit suhu udara cukup dingin, terlebih pas malam hari. Harus diacungi jempol buat solidaritas sesama biker, meskipun baru kenal tapi mereka tidak segan untuk menyuguhi kami kopi panas yang mantap banget.

Beberapa saat kemudian kami melanjutkan perjalanan, kali ini kami melewati daerah pegunungan. Dengan jalan yang sempit dan berbelok-belok, naik-turun, ditambah suhu udara yang cukup dingin. Beruntung perjalanan pada malam hari karena jalanan sepi kendaraan. Jalanan berasa milik kami sendiri, di beberapa spot kami bertemu dengan grup-grup touring yang sedang istirahat. Tidak lupa kami saling menyapa sesama biker.

Semakin mendekati lokasi pantai, jalanan semakin sepi. Kiri-kanan hanya pepohonan, gelap banget. Kami sempat berhenti sebentar, karena salah satu anggota ada yang ngerasa motornya kurang enak. Untung setelah diperiksa tidak ada gangguan pada motor, kami pun kembali melanjutkan perjalanan.

Dan sampailah kami di Sendang Biru, dimana dari lokasi ini kalian bisa menyeberang ke pulau Sempu dengan menggunakan kapal sewaan dan seorang guide. Ada kontroversi yang menyebutkan kalau pulau Sempu adalah cagar alam, dimana seharusnya tidak boleh dimasuki oleh sembarang orang, apalagi digunakan sebagai tempat wisata. Entahlah, tapi sepertinya tidak ada larangan dari pemerintah setempat. Ya sudahlah, yang pasti pulau Sempu bukan tujuan kami malam itu.

Dari Sendang Biru, kami lalu melanjutkan perjalanan ke Pantai Goa Cina. Sempat ada sedikit kendala saat itu. Dua motor dari rombongan touring kami terpisah dan entah mereka ada di mana. Rupanya saat berhenti sebentar tadi mereka ketinggalan, dan untunglah bisa ketemu di arah perjalanan ke pantai Goa Cina.

Akses masuk ke lokasi pantai Goa Cina rupanya masih belum diperbaiki, jalanan masih berupa tanah yang diratakan. Bisa dibilang jalannya hancur banget, malah ada beberapa lokasi yang sepertinya habis longsor. Sampai di lokasi pantai sekitar jam 03.00 pagi. Karena masih gelap, pantainya belum kelihatan. Hanya suara deburan ombak saja. Terlihat di pinggir pantai banyak banget orang yang mendirikan tenda. Saya dan rombongan COP pun memutuskan untuk tidur sejenak sambil menunggu matahari terbit. Kami tidur beralaskan tikar, beratapkan langit. Dingin banget sampai saya dan istri harus pakai jaket dan selimut dobel.

Sesaat setelah sholat Shubuh, sinar matahari mulai naik. Pantainya mulai kelihatan. Keren banget bos! Oiya, pantai Goa Cina ternyata bukan lokasi yang pas untuk melihat matahari terbit, karena pasti tidak kelihatan. Di sini adalah lokasi yang keren banget buat nungguin sunset.

pantai goa cina
Matahari masih belum muncul
Pantai Goa Cina
Bareng anak-anak COP

Kenapa dinamakan Pantai Goa Cina?

Selain pasir putih dan ombak yang biru, ada satu spot yang wajib dikunjungi kalau sedang di pantai Goa Cina, apalagi kalau bukan Goa Cina itu sendiri. Ada sebuah karang besar, yang terdapat goa di dalamnya. Konon goa ini adalah tempat bertapanya seorang berkebangsaan Cina, dia bertapa bertahun-tahun hingga meninggal di dalam goa tersebut. Hmm, kalau masuk ke goa ini gelap banget. Di beberapa sudut terlihat sesajian bunga dan sebagainya, hehehe serem memang.

pantai goa cina
Karang lokasi Goa Cina berada
Sejarah Goa Cina
goa cina, pantai goa cina, pantai goa cino, malang
Di dalam Goa Cina, masih berbau mistis

Kalau nggak mau yang serem-serem ya nikmatin aja pemandangan pantai dan ombak yang menggulung-gulung. Seperti video yang saya buat di bawah ini, maap kalau resolusinya jelek. Video ini direkam dengan menggunakan kamera HP dan diedit menggunakan aplikasi VivaVideo untuk Android. Selamat menonton! 🙂