Tips-Tips Mendapatkan Uang Lebaran Bagi Pemula

Sudah nggak kerasa kita puasa sudah hampir sebulan penuh, itu artinya “Lebaran Sebentar Lagi”. Timing dimana momen kemenangan bagi kebanyakan orang, nggak terkecuali bagi kebanyakan anak-anak kecil di Indonesia. Lebaran adalah momen dimana anak-anak akan menjadi milyarder mendadak, banyak duit dan bisa jajan sepuasnya. Kenapa? Karena pada saat lebaran, amplop salam tempel akan bertebaran dimana-mana. Mulai dari duit terkecil pecahan dua ribuan, sampe yang ekstra spesial ngasih duit dua puluh ribuan.
 
Kali ini saya akan memberikan beberapa tips mendapatkan uang lebaran bagi pemula atau anak kecil.

Kalo udah gede gak boleh ya om?

Terserah sih, tapi tips-tips di bawah ini hanya khusus bagi pemula atau anak kecil. Kalau kalian yang sudah gede nekat pengen praktekin tips-tips dari saya, saya selaku penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang akan terjadi kemudian. Okefix, lanjut!

Sumber gambar : ksrpmi.uin-malang.ac.id

1. Bentuk satu grup

Tips yang pertama adalah bentuk suatu grup bersama teman-teman kalian. Jangan lupa pastikan semua grup adalah seumuran, masih anak kecil. Seperti yang saya bilang sebelumnya, jika kalian sudah gede, apalagi sudah berjenggot dan beranak dua nekat pengen praktekin tips-tips ini, saya tidak akan bertanggung jawab atas apa yang akan terjadi kemudian. Jangan terlalu banyak anggota juga, karena akan mempengaruhi jumlah uang yang akan kalian dapat. Maksimal 3-4 orang untuk lebih mengoptimalkan pendapatan.

2. Siapkan target

Tips yang kedua ini lebih baik dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum lebaran datang. Survey orang-orang di sekitar rumah, ke kompleks sebelah juga nggak masalah. Nggak harus kenal, yang penting tahu orangnya. Pastikan tidak memasukkan ke dalam daftar orang-orang yang pelit seperti Haji Muhidin dalam Tukang Bubur Naik Haji, kalo nggak pengen cuman gigit jari!

3. Sharing Informasi

Tips selanjutnya adalah ketika kalian selesai survey, perbanyak informasi dengan sharing ke teman-teman. Mungkin beberapa dari teman kalian sudah berpengalaman dalam menentukan target. Hal ini juga berlaku pada saat eksekusi pada hari raya. Saling berbagi informasi dengan grup lain, jika kalian punya informasi yang grup lain belum dapat, kalian bisa share ke grup teman. Begitu juga grup teman kalian akan membagi informasi kepada kalian. Jalin hubungan yang baik dengan sesama grup, jangan berantem saling menjatuhkan kayak pendukungnya owo sama owi!

4. Salaman

Hal pertama yang harus kalian lakukan saat berkunjung ke rumah target adalah salaman, minta maaf lahir bathin. Karena itu kan tujuan utama lebaran. Biarpun nggak kenal sama tuan rumah nggak masalah. Siapa tahu kalian pernah berbuat salah sama mereka tanpa kalian sadari. Selain mendapat rejeki lebaran juga mendapat berkah dengan saling memaafkan.

5. Bersikap Manis

Bersikap manis itu perlu, setelah dipersilakan masuk, duduklah sebentar. Di cicipi jajan-jajan ataupun makanan yang disuguhkan. Sok kenal tanya-tanya kabar juga lebih baik. Siapa tahu mereka punya anak cakep, mungkin aja mereka lagi cari menantu seperti kalian? Hehehe..

6. Siapkan Kantong Lebih

Beberapa rumah menyediakan jajanan yang kalian suka banget, seperti keripik kulit manggis misalnya. Daripada susah-susah beli kan nggak ada salahnya ambil agak banyak terus masukin di kantong. Untuk itu persiapkan baju atau celana yang memiliki kantong banyak sebelum berangkat, lumayan kan buat cemilan sambil jalan juga.

7. Lapang Dada

Dan tips yang terakhir adalah, kalian harus lapang dada. Persiapkan mental untuk menghadapi kenyataan kalau target kalian ternyata nggak seperti yang diharapkan. Sudah melakukan tips dari 1-6 tapi sampai kalian pamitan pulang cuma disenyumin doang. Sekalipun infonya cukup akurat, tapi yah seperti kata pepatah. “Mati satu tumbuh seribu”. Gagal di satu tempat nggak berarti bakalan gagal di tempat lain. Terus berjuang, jangan patah semangat. Karena kantong tebal sudah di depan mata. Tinggal bagaimana kita meraihnya.

Sekian tips-tips mendapatkan uang lebaran bagi pemula dari saya. Kalau ada tambahan silakan tulis di kotak komentar. Sekian dan terima duit lebaran.

You may also like...

One comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *