Tips Tetap Sehat Berpuasa Meskipun di Musim Hujan

Tips Tetap Sehat Berpuasa Meskipun di Musim Hujan – Menjaga stamina tubuh agar terus fit di bulan puasa seperti saat ini adalah hal yang tidak bisa diabaikan oleh setiap orang, terlebih jika dibarengi dengan musim yang curah hujannya lumayan tinggi. Berbagai macam gangguan baik itu dari cuaca maupun , bisa saja mengenai kita. Tentunya berpuasa saat kondisi sedang sakit pastinya tidak akan nyaman, untuk itu diperlukan upaya agar kita bisa berpuasa dengan baik sampai tiba di hari raya.

Tips Tetap Sehat Berpuasa Meskipun di Musim Hujan

Tips Tetap Sehat Berpuasa Meskipun di Musim Hujan
Tetap sehat meskipun berpuasa. (Foto dok. Unikado.com)

Ada beberapa tips yang bisa kalian terapkan agar terus fit berpuasa meskipun musim hujan, sehingga bisa full sampai sebulan penuh.

1. Tetap Menjaga Kualitas Makanan Saat Sahur Ataupun Berbuka

Puasa berarti tidak makan dan minum mulai dari fajar sampai terbenamnya matahari, itulah kenapa menjelang sore hari banyak orang yang kalap, seolah ingin menyantap semua jenis makanan maupun minuman. Tetapi pada kenyataannya, ketika berbuka puasa pun hanya beberapa jenis makanan saja yang sanggup untuk dihabiskan. Di sinilah seringnya orang kurang memperhatikan kualitas makanan baik saat berbuka ataupun saat makan sahur.

Alangkah baiknya selama bulan puasa lebih banyak mengkonsumsi makanan dan banyak mengandung gizi dan vitamin, seperti sayur-sayuran dan makanan sehat lainnya. Lebih baik lagi kalau mau mengurangi konsumsi makanan berminyak dan es, karena biasanya makanan yang berminyak seperti gorengan, ataupun minuman dingin seperti es campur dan lain-lain dapat menyebabkan batuk ataupun penyakit lain. Sebaiknya makanan yang berminyak ataupun es tetap diimbangi dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan.

2. Cukup Mengkonsumsi Air Putih

Selain mengkonsumsi makanan yang menyehatkan, berpuasa juga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi cukup air putih. Karena selain menjadikan tubuh menjadi lebih segar, dengan mengkonsumsi air putih yang cukup akan mencegah tubuh dari dehidrasi karena kurangnya asupan cairan pada siang hari. Terlebih bagi kalian yang memiliki aktifitas cukup tinggi seharian, pada saat tidak berpuasa, minumlah setidaknya 6-8 gelas sehari.

3. Sempatkanlah Berolahraga Ringan Setiap Pagi

Setelah bangun sahur biasanya orang akan menjadi mengantuk dan bawaannya pengen nempel bantal terus. Padahal tidur setelah makan sahur kurang baik untuk kesehatan tubuh. Setiap pagi orang yang berpuasa biasanya males untuk beraktifitas, apalagi berolahraga. Padahal untuk menjaga badan agar tetap fit selama menjalankan puasa, olahraga sangat dianjurkan loh. Tetapi bukan olahraga yang membutuhkan banyak tenaga seperti lari ataupun bermain bola. Olahraga ringan seperti angkat barbel, senam ataupun bersepeda santai keliling komplek justru akan menguatkan tubuh. Jadi meskipun berpuasa, jangan malas untuk berolahraga.

4. Bangun di Sepertiga Malam yang Akhir

Bulan Ramadhan, setiap umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah. Karena hanya di bulan ini setiap amalan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Salah satu amalan yang sangat dianjurkan adalah bangun di 1/3 malam yang akhir, untuk melaksanakan sholat malam, sholat tasbih, berdoa ataupun amalan-amalan yang lain. Karena dipercaya rutin bangun di 1/3 malam yang akhir bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat, seperti yang dicontohkan oleh nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad mempunyai kebiasaan tidur di awal malam, dan bangun pada 1/3 malam yang akhir kemudian bersiwa’, berwudlu dan melaksanaan sholat.

Menurut penelitian secara medis, melaksanakan sholat di 1/3 malam yang akhir dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah penyakit pernapasan, melancarkan peredaran darah karena pada jam segitu tubuh mendapat pasokan oksigen yang baik, serta memperoleh ketenangan jiwa yang dapat meningkatkan imun tubuh sehingga akan mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

5. Cukup Istirahat

Meskipun pada bulan Ramadhan umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, namun hal yang juga tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah tetap memberikan kesempatan pada tubuh untuk beristirahat. Sempatkanlah dua atau tiga jam untuk tidur di malam hari, karena kurang tidur malam justru akan membuat tubuh menjadi lemas pada siang hari. Kalau siangnya nggak ada kegiatan sih bisa tidur siang, kalau kalian siangnya bekerja apalagi pekerjaan yang mengandung resiko cukup tinggi. Kurang tidur pada malam hari akan mengakibatkan seseorang menjadi kurang fokus, sehingga kalau terjadi kecelakaan kerja, akibatnya bisa saja menjadi sangat fatal.

 *****

Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, jika tubuh kita sehat maka kita akan memiliki cukup energi untuk mengejar mimpi. Kalau kita disiplin dalam menjaga kesehatan tubuh, mau itu sampai cuaca yang tidak menentu pun tidak akan mampu menumbangkan kita.

Itulah beberapa tips tetap sehat berpuasa di musim hujan yang bisa saya bagi kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada tambahan tips sehat dalam berpuasa lainnya, bisa ditambahkan di kolom komentar. Selamat Berpuasa! 🙂

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *