Tips Sederhana Menghemat Listrik di Rumah

Tips Menghemat Listrik – Kemajuan teknologi jaman sekarang berjalan seiring dengan meningkatnya konsumsi listrik di rumah-rumah. Seperti misalnya kini harga televisi semakin murah sehingga dari kalangan menengah ke bawah pun sanggup membelinya, hampir setiap rumah pasti ada televisinya. Begitu juga seperti penggunaan smartphone yang identik dengan seringnya mengisi ulang baterai, sehingga penggunaan daya listrik meningkat, biaya tarif listrik pun jadi ikut membengkak. Lalu bagaimanakah caranya agar kita bisa menghemat penggunaan listrik di rumah? Berikut akan saya bagi beberapa tips sederhana yang mudah dilakukan untuk menghemat listrik di rumah-rumah.

tips sederhana menghemat listrik di rumah

1. Buka jendela dan gordyn pada siang hari. Hal ini bertujuan untuk menghemat penggunaan lampu penerangan maupun penyejuk udara (AC atau kipas angin) di rumah. Membuka jendela dan gordyn bertujuan untuk membiarkan sinar matahari dan udara masuk, sehingga sirkulasi udara di dalam rumah menjadi baik dan sehat bagi penghuninya.
2. Gunakan lampu hemat energi. Seperti yang kita ketahui, akhir-akhir ini telah banyak diluncurkan produk-produk listrik hemat energi. Salah satunya adalah lampu PL atau LED yang menyedot tenaga lebih sedikit ketimbang lampu pijar. Mungkin soal harga akan lebih mahal, namun hasilnya dijamin pasti akan memuaskan.

tips sederhana menghemat listrik di rumah
Photo from Huffingtonpost

3. Mencabut colokan listrik saat tidak digunakan. Sudah menjadi kebiasaan kalau kita lebih sering mematikan alat listrik dengan menekan tombol ketimbang mencabut kabel colokannya. Seperti televisi, radio, DVD, microwave maupun alat-alat listrik lainnya. Begitu juga dengan charger HP, setelah baterai handphone penuh, biasanya kita tetap membiarkan charger tersebut tetap menempel pada colokannya. Padahal menurut penelitian, bahwa dengan mencabut kabel yang sudah tidak digunakan akan menghemat listrik hingga 10%.
4.Periksa ketebalan es pada freezer. Ini untuk yang mempunyai lemari es/freezer, biasanya kita jarang mengecek atau mungkin cuek dengan keadaan freezer yang salju es nya sudah tebal. Padahal salju es yang terlalu tebal akan mengganggu sistem kerja dari lemari es/freezer. Di dalam freezer terdapat sebuah sensor yang berfungsi untuk membaca suhu. Jika suhu mencapai, makan sensor tersebut akan bekerja untuk mematikan kompresor. Jika sensor tersebut tertutup salju es, kemungkinan kerja sensor tidak akan normal. Bisa jadi ketika suhu telah tercapai, sensor tidak dapat terbaca, sehingga ketika seharusnya kompresor mati, jadinya malah jalan terus dan membengkak. Perlu dilakukan pengecekan secara berkala.
5. Matikan lampu saat tidur. Pada malam hari alangkah baiknya mematikan lampu seperti penerangan ruang tamu, dapur dan kamar pada saat akan tidur. Selain akan membuat tidur kita lebih lelap dan nyenyak, tidur di dalam kondisi gelap juga ada manfaatnya. Beberapa ahli Biologi menyebutkan bahwa jika kita tidur dalam kondisi gelap, tubuh kita akan memproduksi yang namanya hormon Melatonin. Hormon ini berfungsi sebagai penghasil kekebalan tubuh terhadap penyakit. Selain hormon Melatonon yang tumbuh, tidur dalam keadaan gelap juga dapat mengurangi lemak serta meningkatkan kinerja otak sehingga akan mengurangi resiko kepikunan saat memasuki usia lanjut.
Itulah beberapa tips sederhana menghemat listrik di rumah. Semoga bermanfaat. Jika ada tips lain, bisa kalian tambahkan di kolom komentar. Terima kasih!

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *