Tips Menjaga Tubuh Tetap Bugar Meski di Cuaca Panas

Saat musim panas tiba, terutama di kota yang saya tinggali -Surabaya, adalah saat dimana kita berada di kondisi yang mampu membuat tubuh kita menjadi sangat payah. Saking panasnya sampai bikin mager (males gerak), apa-apa males bawaaannya pengen duduk atau tiduran mulu. Beruntung sih mereka yang berada di tempat yang ada AC-nya, seperti di kantor atau di rumah. Tapi bagi yang nggak punya AC, biasanya nggak bisa jauh-jauh dari kipas angin. Apalagi bagi orang-orang yang kerjaannya di luar ruangan, atau keliling di jalanan seperti para driver ojek online.

Menyikapi tentang hal ini, tentu siapapun ingin tubuhnya tetap fit dan bugar meski di cuaca yang cukup panas. Karena bagaimanapun cuaca panas bukanlah alasan untuk malas beraktifitas, apalagi kalau kemudian kerjaannya menjadi terbengkalai dan sebagainya. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh agar tetap buar meski di cuaca yang panas.

Tips Menjaga Tubuh Tetap Bugar Meski di Cuaca Panas

tips menjaga tubuh teatp bugar

Banyak Minum Air Putih

Di cuaca yang panas, tubuh kita banyak mengeluarkan cairan. untuk mengembalikan kesegaran tubuh dan menghindari terjadinya dehidrasi, maka tubuh memerlukan asupan cairan yang cukup banyak. Asupan yang terbaik yaitu dengan mengkonsumsi banyak air putih atau air mineral. Air putih/air mineral selain membantu mengganti cairan tubuh dan dehidrasi, juga mampu membersihkan racun dalam tubuh akibat dari polusi udara dan lain-lain.

Pengen yang Seger-Seger? Minum Jus Buah Saja!

Cuaca panas pasti bawaannya gerah dan pengen minum yang dingin dan seger, alangkah baiknya kalau tidak meminum es yang mengandung gula dan pewarna, karena justru akan menurunkan kondisi tubuh. Selain itu minuman yang mengandung susu juga biasanya tidak mampu menghilangkan dahaga, yang paling efektif untuk menyegarkan tenggorokan adalah jus buah. Beberapa jenis buah yang menyegarkan seperti Anggur, Apel, Tomat, Wortel atau Strawberry, apabila dibuat minuman jus tidak hanya mampu menyegarkan tenggorokan, namun juga bisa bermanfaat bagi tubuh karena mengandung banyak khasiat. seperti jus ini bisa menggunaka blender atau juicer, kalau tidak ada bisa juga dipotong kecil-kecil atau dilumatkan. Seperti misalnya membuat jus tomat, caranya tomat dipotong kecil-kecil kemudian diseduh dengan air panas dan gula secukupnya. Setelah diaduk rata, dinginkan jus tomat sebentar kemudian tambahkan es batu.

Biasakan olahraga Ringan Saat di Waktu Luang

Membiasakan berolahraga rutin dapat membantu tubuh tetap bugar meskipun cuaca sedang panas-panasnya. Dengan latihan dan berolahraga rutin, tubuh akan terlatih dan memiliki stamina yang fit. Sehingga meskipun keadaan cuaca sedang tidak stabil, tubuh tidak akan gampang goyah.

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *