Tips Memulai Usaha Rental Mobil

Bicara soal usaha, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar usaha yang akan dijalankan bisa menguntungkan dan maju pesat. Salah satu syarat agar usaha yang akan dijalani bisa terus berjalan dan menguntungkan adalah, jenis usaha tersebut haruslah jenis usaha yang dibutuhkan oleh banyak orang.

Di tahun 2016 ini, salah satu kebutuhan sekunder, namun cukup intens adalah soal transportasi. Terlebih banyak keluarga besar, yang seringkali akan berpergian namun tidak memiliki mobil. Usaha rental mobil adalah pilihan yang tepat.

Banyak orang berpikir, untuk memulai sebuah usaha bisnis rental mobil banyak hal yang harus dilakukan. Karena meskipun untung dari bisnis ini terbilang cukup besar, namun sebanding juga dengan resikonya. Tapi apapun usahanya kalau tidak mulai dijalankan, kita tidak akan pernah tahu kesuksesan seperti apa yang akan kita raih. Seperti halnya memancing ikan, dibutuhkan umpan yang besar untuk mendapatkan ikan ‘monster’.

Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memulai Usaha Rental Mobil

memulai usaha rental mobil

1. Armada Mobil

Untuk memulai usaha rental mobil, hal pertama yang harus dimiliki adalah armada mobil. Umumnya, mobil yang paling dicari orang adalah jenis MPV seperti Avanza dan Xenia. Karena mobil ini termasuk mobil ekonomis, irit bahan bakar, perawatan yang mudah dan murah serta mempunyai kapasitas angkutan yang cukup banyak. Bisa dibilang dua mobil tersebut menjadi primadona di setiap rental mobil.

Jenis mobil yang paling banyak dicari kedua setelah Avanza dan Xenia adalah jenis seperti Kijang Innova, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga dan lain-lain. Jenis mobil ini bisanya dibanderol lebih mahal, karena selain kapasitasnya lebih besar, juga memiliki prestige yang lebih. Maklum karena mobil jenis Avanza dan Xenia identik dengan ‘mobil rental’. Terlebih kalau pemilik rental memasang pendukung, agar customer bisa lebih puas dan nyaman dalam menggunakan pelayanan rental anda.

Banyak orang berpikir kalau untuk memulai sebuah usaha rental mobil, membutuhkan modal cukup besar terutama dalam bidang pengadaan armada itu sendiri. Namun banyak juga orang yang mampu membuka sebuah usaha rental mobil, namun dengan modal yang minim. Beberapa cara untuk membuka usaha rental mobil dengan modal minim misalnya:

  • Meminjam modal usaha/uang untuk membeli sebuah mobil di bank syariah. Dengan membeli mobil dengan sistem kredit, dapat meringankan biaya modal yang harus dikeluarkan. Misalkan dalam sebulan, besar angsuran di bank syariah sebesar Rp 2juta, dan pendapatan bersih dari menyewakan sebuah mobil sebesar Rp 3,5juta. Maka Rp 2juta digunakan untuk angsuran, dan Rp 1,5juta bisa untuk tabungan atau pendapatan. Pendapatan yang didapat memang tidak terlalu besar jika dipotong angsuran, namun setelah angsuran mobil lunas, kita bisa menikmati seluruh pendapatan dari rental mobil yang kita jalankan. Hal ini bisa diterapkan juga untuk mobil ke-2. ke-3, ke-4 dan seterusnya. Jika bisa dijalankan dengan baik, bukan tidak mungkin ke depannya kita bisa memiliki sampai puluhan mobil.
  • Melakukan kerjasama dengan pemilik mobil. Banyak pemilik mobil yang mau menginvestasikan mobilnya untuk usaha rental. Perjanjiannya adalah, keuntungan dibagi dua (tergantung kesepakatan). Pemilik mobil mampunyai modal sebuah mobil, pihak rental hanya bertanggung jawab atas biaya perawatan, perbaikan, bahan bakar, asuransi dan lain-lain. Bila terjadi kehilangan, akan ditanggung berdua / tergantung kesepakatan.
  • Meminjam mobil dengan biaya sewa. Ada kisah seseorang yang mendirikan usaha rental bernama ‘Rizky Rent Car’. Awalnya dia nekat membuat usaha rental mobil, hanya dengan bermodalkan kemampuan menyetir, kartu nama dan selebaran. Bagaimana ketika ada orderan rental mobil, dia akan meminjam mobil teman-temannya, atau bahkan dosen di tempat dia kuliah. Pembayaran tentunya menggunakan sistem sewa, akan tetapi dengan teman sendiri, tentunya dia bisa mendapatkan sewa mobil dengan harga yang cukup miring. Sampai akhirnya usahanya berkembang pesat, dan dia mampu membeli belasan armada mobil.

2. Perlindungan Terhadap Mobil

Hal kedua yang harus dipersiapkan setelah memiliki armada mobil adalah melengkapi armada dengan perlengkapan keamanan, biasanya untuk rental mobil dipasang dua GPS. Satu Gps dipasang di dashboard juga berfungsi untuk petunjuk arah, GPS kedua dipasang di tempat yang tersembunyi untuk mengantisipasi apabila mobil dibawa kabur orang. Sehingga apabila ada mobil yang dibawa kabur, kita tetap bisa melacaknya, dan pencuri kesulitan untuk melepas GPS kedua karena tempatnya yang tersembunyi.

Selain memasang GPS pada mobil, kebanyakan pengusaha rental mobil mengasuransikan mobilnya. Agar beban yang ditanggung tidak terlalu berat, ketika mobil mengalami kecelakaan atau hilang karena pencurian.

3. Cari Bengkel/Montir Langganan

Dikarenakan mobil membutuhkan perawatan serta perbaikan apabila terjadi kerusakan, sebaiknya usaha rental mobil mempunyai bengkel/montir langganan. Keuntungan apabila mempunyai bengkel/montir langganan adalah:

  • Kemampuan dalam memperbaiki/perawatan mobil tidak diragukan. Karena sudah langganan, pastinya sudah tahu bagaimana kemampuannya dalam menangani kendaraan kita.
  • Biasanya karena langganan, diberikan harga khusus yang lebih murah. Otomatis hal ini akan menguntungkan kita dalam menekan budget perawatan/perbaikan.
  • Montir langganan juga biasanya siap apabila dalam keadaan darurat sewaktu-waktu dipanggil unuk perbaikan, semisal apabila mobil mengalami kemacetan saat di tengah perjalanan dan lain-lain.

4. Apabila Menggunakan Jasa Sopir, Pastikan Menerima Orang yang Bertanggung Jawab

Beberapa rental mobil ada yang mau melepas kendaraan saja, ada yang harus dengan syarat sewa mobil plus sopir. Apabila rental yang akan kita jalankan menyewakan jasa sopir juga, pastikan sopir yang akan kita rekrut adalah orang yang bertanggung jawab. Lebih baik kalau sopir yang akan kita rekrut adalah orang terdekat kita, seperti saudara, sahabat atau tetangga baik. Karena banyak kasus sopir yang membawa kabur mobil majikannya, hal ini untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk yang akan terjadi.

5. Lakukan Promosi di Berbagai Media

Promosi adalah hal yang sangat vital untuk kemajuan usaha kita. Tanpa promosi, orang tidak akan tahu tentang usaha yang kita jalankan. Lakukan promosi di berbagai media, offline ataupun online. Apalagi kemajuan teknologi internet saat ini memungkinkan kita untuk lebih luas dalam melebarkan sayap. Lakukan cara-cara yang unik agar lebih mudah mendapat perhatian dari calon kustomer kita.

You may also like...

4 comments

  1. Sya ingin sekali mencoba usaha rental mobil, namun sy sedikit khawatir. Sodara saya pernah ketipu mobilnya dibawa lari padahal udah dipasang GPS juga tp malingnya gak kehabisan akal…

  2. yang punya usaha rental mobil usahakan menggunakan supir juga, kalau mau lepas kunci mesti di mobilnya pasang pengaman berlapis-lapis jangan hanya satu penggaman.

    Admin: Bener banget, pernah ada kejadian, teman sendiri yang sudah kenal saja bisa bawa kabur,, harus ekstra hatihati!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *