Tips Mempromosikan Online Shop Di Sosial Media

Sudah mempunyai toko online. tapi bingung bagaimana agar online shop-mu bisa ramai dikunjungi oleh netizen? Salah satu cara agar online shop-mu mendapat banyak pengunjung, ya dengan promosi. Namun kalau bicara soal promosi, pasti kebanyakan dari kalian akan berpikir tentang budget, biaya atau mungkin takut ribet dengan step-step yang memusingkan. Padahal kalau kalau mau meluangkan sedikit waktu untuk membaca atau bertanya kepada yang sudah berpengalaman, bahkan yang kata orang ribet dan njelimet-pun akan terasa mudah untuk dipelajari.

Namun begitu, ada beberapa cara yang mudah kok untuk mempromosikan online shop-mu. Siapapun pasti nggak asing dengan yang namanya sosial media, bahkan siapapun pasti punya akun di beberapa sosial media. Karena saat ini sosial media bukan hanya menjadi trend semata, melainkan sudah menjadi kebutuhan bagi beberapa orang.

Di sinilah peluang kita sebagai pemilik online shop, untuk mempromosikan dan mencari customer dengan sangat mudah dan murah. Mudah karena pastinya setiap orang tahu cara menggunakan fitur-fitur di sosial media, murah ya karena tentunya gratis, kecuali untuk membayar tagihan internet saja sih.

Berikut ini beberapa cara mempromosikan online shop di sosial media gratis.

Tips Mempromosikan Online Shop Di Sosial Media

Tips Mempromosikan Online Shop Di Sosial Media

Buat Grup/Fanpage Dengan Kata Kunci yang Relevan

Di Facebook ada fitur Fanpage yang bisa kalian manfaatkan untuk mempromosikan toko online, atau kalau di beberapa sosmed lain semisal di Google plus juga ada fitur grup. Buatlah grup/FP dengan kata kunci yang relevan dengan online shop kalian. Misal kalian menjual baju muslim, buat grup/FP dengan nama “Trend Fashion Muslim Terbaru”. Kemudian buat status atau konten yang bersifat edukasi, di sela-sela status yang kalian buat, sesekali promosikan online shop kalian. Jangan terlalu mencolok dalam berpromosi, karena akan membuat follower kalian pergi karena bosan.

Cari Pertemanan Dengan Orang-Orang yang Mempunyai Minat Pada Online Shop-mu Melalui Kata Kunci

Mungkin ada yang bertanya, bagaimana cara menemukan orang-orang yang minat pada online shop kita di sosial media? Jawabannya ya melalui fitur pencarian dengan menggunakan kata kunci. Jadi kalau semisal kalian menjual aksesoris otomotif, cari orang-orang yang mempunyai hobi otomotif. Masukkan kata kunci yang berhubungan dengan otomotif di kolom pencarian, misal “bengkel”, “cuci mobil”, “kendaraan” dan lain-lain. Biasanya orang-orang yang memasang status tersebut adalah orang yang hobi otomotif, atau kalau di Instagram atau Twitter biasanya menggunakan hashtag. Ajak mereka menjadi teman di sosial media kalian, kalau perlu ajak mereka untuk Like Fanpage yang tadi kalian buat. Dengan mencari pertemanan orang-orang yang mempunyai hobi serupa, diharapkan target penjualan menjadi lebih tepat, sehingga mampu meningkatkan angka closing di tiap harinya.

Buat Status/Konten yang Menarik Dan/Atau Bermanfaat

Setelah membuat grup/Fanpage, kemudian berteman dengan orang-orang yang mrupakan target pasar kalian, hal berikutnya adalah membuat sebuah engagement atau keterikatan dengan mereka. Buat mereka betah menjadi follower di grup/FP kalian, dengan memberikan konten yang menarik atau bermanfaat bagi mereka. Saat ini konten humor masih menjadi konten yang paling populer, jangan terlalu kaku, sesekali gunakan joke-joke yang tidak garing, namun pesan kalian tetap tersampaikan. Jangan lupa juga untuk berinteraksi dua arah dengan mereka, jangan malas untuk menjawab pertanyaan atau membalas komentar.

Bergabung Dengan Grup-Grup yang Relevan Dengan Online Shop Kalian

Ada banyak sekali grup-grup yang bertebaran di sosial media, yang paling populer biasanya di Facebook. Kalian bisa mempromosikan toko online kalian di sana, caranya gabung di grup yang relevan dengan online shop kalian sebanyak-banyaknya. Misalkan kalian berjualan alat-alat outdoor adventure, cari grup yang relevan semisal Grup Pecinta Alam, Grup Pendaki Gunung, Grup Traveling dan lain-lain. Promosikan di wall grup-grup tersebut maksimal satu hari sekali. Jangan terlalu sering karena akan dianggap spam. Tapi perlu diingat, tidak semua grup mempersilakan member-nya untuk promosi di wall mereka, baca dulu aturan di grup tersebut agar tidak ditendang keluar dengan tidak hormat.

Selamat mencoba! 🙂

 

You may also like...

One comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *