Tips Memilih Tempat Tidur Bayi

Saat ini istri saya sedang mengandung anak kami yang kedua, anak pertama kami perempuan bernama Abel. Dan sebentar lagi Abel akan mempunyai adik baru, kalau perkiraan dari beberapa kali USG yang dilakukan istri saya sih, insya Allah anak yang kedua ini berjenis kelamin laki-laki. Jadi pas deh, sesuai dengan keinginan kami waktu awal menikah dulu.

Bicara soal kehamilan dan bayi yang akan dititipkan kepada kami beberapa bulan lagi, pasti setiap pasangan yang sedang menunggu kelahiran anak mereka akan mempersiapkan segala keperluan bayi. Mulai dari tempat tidur, perlengkapan pakaian, ataupun segala macam perlengkapan mandi dan bedak. Nah, kali ini saya pengen berbagi sedikit nih tentang bagaimana sih memilih tempat tidur bayi yang sesuai untuk anak.

Dulu waktu istri saya mengandung anak pertama, kami tidak begitu memikirkan soal tempat tidur bayi. Pertama karena selain kami masih tinggal sama orang tua saya, kami juga mendapat banyak sekali perlengkapan bayi dari adik perempuan saya yang sudah memiliki anak terlebih dulu. Sebagian diberi, sebagian dipinjamkan. Termasuk stroller bayi yang dulu juga dipakai untuk tidur Abel kalau lagi keluar kamar. Nah berhubung saat ini istri  dan adik saya hamil barengan, otomatis perlengkapan seperti stroller bakal dipakai sendiri sama dia.

Ya sudah, daripada kebanyakan cerita, langsung saja saya bagikan beberapa tips memilih tempat tidur bayi versi elangg.com.

tips memilih tempat tidur bayi
Memilih tempat tidur bayi

  1. Kalau ada budget-nya, silakan beli baru, tapi kalau budget pas-pasan, nggak ada salahnya kok membeli bekas. Karena bicara soal efisiensi, beberapa perlengkapan bayi hanya dipakai beberapa bulan saja. Termasuk salah satunya tempat tidur bayi, paling nggak sampai setahun juga sudah nggak kepakai. Saat ini banyak kok yang menjual perlengkapan bayi bekas, kalo ribet nyari ya tinggal hunting aja di beberapa situs jual beli barang bekas. banyak pilihan yang bisa kalian pilih di sana. Kalau sudah nggak kepakai dan kondisi barang masih bagus, bisa deh dijual kembali.
  2. Pilih bahan yang halus dan tidak panas. Rata-rata produk untuk bayi biasanya menggunakan bahan yang lembut dan tidak panas, namanya juga produk bayi. Produsen pastinya berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan yang terbaik, termasuk salah satunya ya dari kualitas produk. Tapi nggak ada salahnya kalau membeli perlengkapan bayi, seperti tempat tidur diperiksa kembali bahan yang dipakai. Semua itu semata-mata untuk kenyamanan bayi agar bayi bisa beristirahat dengan nyaman dan nggak rewel. Kalau membeli tempat tidur bayi bekas secara online, usahakan COD (ketemu penjual dan pembeli) agar bisa mengecek kondisi barang terlebih dahulu.
  3. Untuk motif atau corak tempat tidur si calon baby seharusnya sih disesuaikan dengan jenis kelaminnya, tapi kan nggak semua orang tua mengetahui jenis kelamin anaknya saat masih dalam kandungan. Kalau belum yakin dengan jenis kelamin bayi, sebaiknya pilih motif yang netral. Artinya warna atau motif tersebut bisa digunakan baik untuk laki-laki ataupun perempuan. Tapi nggak jarang pula orang tua sekarang yang sudah mengetahui jenis kelamin bayinya karena canggihnya teknologi saat ini Seperti misalnya menggunakan teknologi USG 4 dimensi yang bisa melihat dengan jelas bentuk bayinya, bahkan sampai ke bentuk mukanya. Untuk bayi perempuan umumnya menggunakan motif berdominan warna girlie seperty merah muda, ungu ataupun yang bergambar kartun perempuan seperti Barbie, Frozen dan lain sebagainya. Kalau bayi laki-laki sih biasanya menggunakan warna yang lebih maskulin seperti hitam, biru ataupun bergambar superhero seperti Batman, Superman atau kartun berbentuk kendaraan.
  4. Sesuaikan tempat tidur bayi dengan kondisi ruangan yang mau ditempati, jangan memaksa beli tempat tidur yang besar kalau ruangannya sempit atau malah tidak cukup. Di pasaran saat ini ada banyak sekali pilihan tempat tidur bayi dengan beraneka macam ukuran, dari yang besar sampai yang bisa dilipat atau portable untuk bisa dibawa kemana-mana.

Itulah beberapa tips memilih tempat tidur untuk bayi versi elangg.com, semoga bisa bermanfaat. 🙂

You may also like...

One comment

  1. Alhamdulillah nambah satu lagi anggota keluarganya, pas wes sepasang. Tosss wekekeke.
    Kalau kami nggak beli tempat tidur sebab kamar kami sudah penuh, palingan pakai tempat tidur yang kecil dan bisa ditaruh di atas kasur itu Mas.
    Moga sehat dan selamat ya Mas ibu dan calon anak keduanya, aamiin.

    Elang: Amin, sama sama, 🙂

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *