Tips Membersihkan Botol Susu Bayi yang Baik dan Higienis

Tidak semua orang tua mampu membersihkan botol susu bayi dengan baik dan higienis, hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan atau juga mereka adalah orang tua baru yang belum berpengalaman soal membersihkan botol susu bayi. Berikut ini akan saya bagikan tips mengenai dan higienis.

Jadi saat ini saya dikaruniai tiga orang anak, dan kebetulan anak ke-dua dan ke-tiga saya masih di bawah usia tiga tahun. Jadi bisa dibilang saya masih merasakan direpotkan oleh urusan susu – menyusui. Anak ke-dua saya sudah minum susu formula, sementara anak ke-tiga masih full ASI dan sedang mulai mengkonsumsi MPASI. Karena istri saya bekerja, ASI-nya pun disimpan dalam botol kaca, sehingga saat istri bekerja, saya memberikan ASI kepada si kecil dalam wadah botol susu. Otomatis urusan bersih membersihkan botol harus benar-benar saya perhatikan.

cara membersihkan botol susu bayi

1. Jangan Menyimpan Botol Susu Bekas Pakai Dalam Waktu yang Lama

Beberapa orang suka meremehkan tidak langsung membersihkan botol susu bayi yang sudah dipakai, dan membiarkannya begitu saja. Padahal hal ini kurang bagus untuk botol susu tersebut, sisa susu dalam botol akan menimbulkan bau yang tidak enak.

Jadi setelah bayi meminum susunya dalam botol, langsung bersihkan kembali botol bekas pakai tersebut. Bisa dengan menyiramnya dengan air, atau langsung dicuci bersih kemudian disimpan kembali agar selain bekas susu tidak basi dan bau di dalam botol, juga tidak menumpuk botol-botol kotor.

2. Cucilah Dengan Spon Bersih, Bukan Bekas Cucian Piring

Mencuci botol susu bayi sebaiknya jangan menggunakan spon bekas mencuci piring atau gelas, sediakan satu spon dan alat cuci khusus botol susu bayi. Agar selain tidak tercampur bau dan rasa, kebersihan spon juga lebih bisa terjaga sehingga dapat meminimalis berkembangnya kuman di dalam spon.

Selain spon cuci, juga sediakan sikat botol untuk menjangkau bagian dalam botol susah dibersihkan. Hal ini menjaga agar botol susu bayi benar-benar bersih dari sisa susu.

3. Sebelum Digunakan, Sterilkan Botol Susu Dengan Steam

Setelah botol susu bayi dicuci bersih, sebaiknya sebelum digunakan sterilkan terlebih dahulu dengan uap panas atau steam. Untuk alat steam bisa didapatkan di toko-toko perlengkapan bayi. Untuk harganya sendiri masih terbilang agak mahal, selain itu daya listriknya pun lumayan besar. Bagi beberapa orang, hal ini mungkin akan menyusahkan.

Namun begitu bukan berarti tidak ada solusi. Uap panas atau steam yang digunakan untuk mensterilkan botol susu bayi bisa diganti dengan air panas. Caranya cukup mudah.

Setelah botol susu bayi dicuci bersih, masukkan ke dalam satu wadah seperti misalkan baskom atau ember. Masak air bersih hingga mendidih, kemudian siramkan air yang sudah mendidih tadi ke dalam wadah yang berisi botol susu bayi tadi. Biarkan selama beberapa menit, kemudian keringkan botol beserta tutup dan lain-lain.

Tidak disarankan memasak air bersama botol, karena dapat merusak botol susu bayi.

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *