Tips membeli Mobil Bekas Berkualitas

Kebutuhan untuk membeli mobil, khususnya mobil bekas untuk keluarga belakangan cukup tinggi. Hal ini dikarenakan sudah semakin banyaknya pilihan jenis mobil yang bisa dipilih disesuaikan dengan kebutuhan. Bagi yang memiliki keluarga besar, tentunya membutuhkan mobil dengan kapasitas yang lebih banyak seperti Avanza, Xenia, Kijang Innova, Mobilio dan lain-lain. Sedangkan mobil yang berkapasitas sedikit seperti sedan atau pick-up tentunya dipergunakan untuk keperluan yang lebih khusus.

Berikut ini beberapa tips membeli mobil bekas berkualitas, barangkali bisa bermanfaat. Dan mudah-mudahan bisa menjadi tambahan informasi bagi yang ingin membeli mobil bekas.

Tips membeli Mobil Bekas Berkualitas

tips membeli mobil bekas berkualitas

Cek Kilometer, Bodi dan Kaki-Kaki

Mengecek angka kilometer pada speedometer, adalah salah satu cara untuk mengetahui sudah berapa jauh mobil bekas tersebut dijalankan. Dan apabila tahun dan kilometer dari mobil bekas tersebut sudah lumayan tua, ada baiknya mengecek kembali bodi dan kaki-kakinya. Apakah masih baik atau sudah ada kelainan. Terutama jika diketahui mobil tersebut merupakan mobil bekas operasional kantor atau mobil rental. Karena apabila kaki-kaki mobil sudah ada kelainan seperti tidak imbang dan lain-lain, untuk biaya perbaikannya akan memakan biaya yang cukup besar pula.

Cek Kelengkapan Surat-Surat Serta Bukti Pajak

Pastikan bahwa mobil bekas yang akan dibeli dilengkapi dengan surat bukti kepemilikan yang sah (BPKB), serta bukti pajak yang menandakan bahwa pemilik sebelumnya rutin membayar pajak. Karena kendaraan yang tidak ada suratnya justru akan meribetkan meskipun mobil tersebut harganya lebih murah, baik itu ketika di jalan ada pemeriksaan polisi, atau bahkan bingung kalau harus menunjukkan STNK saat parkir di mall. Selain itu, mobil yang telat mengurus perpanjangan STNK atau telat membayar pajak tahunan, ketika akan mengurus kembali akan ada denda keterlambatan yang cukup merugikan.

Baca juga: Honda meluncurkan CBR250RR, Superbike Dengan Total Control Terbaik

Cek Buku Servis dan Riwayat Perbaikan

Setelah mengecek surat-surat kepemilikan dan lain-lain, ada baiknya cek juga buku servis dan riwayat perbaikan. Mobil yang mendapat perawatan rutin di dealer resmi mempunyai value lebih daripada mobil yang jarang di-maintenance. Termasuk juga riwayat perbaikan sebaiknya dicek untuk mengetahui kerusakan apa saja yang sudah dialami mobil tersebut.

Lakukan Test Drive, Dan Rasakan Apabila Ada Kelainan

Biasanya seseorang yang akan membeli mobil bekas, akan dipersilakan mengetes suara mesin mobil, atau biasanya boleh juga untuk test drive untuk mengetahui seberapa performa dari mesin mobil tersebut. Perhatikan saat test drive apabila ada bunyi-bunyi aneh saat belok atau melewati jalanan yang bergelombang.  Lebih baik mengetahui kelainan-kelainan mobil bekas saat test drive, daripada ketika sudah dibeli ternyata ada kelainan yang harus dilakukan perbaikan dengan biaya yang cukup besar.

Cek Unit Pelumasan

Pada mobil bekas dengan usia yang cukup tua biasanya sering terjadi kebocoran pada unit pelumasan seperti oli mesin, radiator, minyak rem ataupun minyak kopling. Kalau memang ada kelainan, pastikan seberapa parah untuk mengestimasi perbaikan di kemudian hari. Klau memang dirasa terlalu parah dan membutuhkan biaya perbaikan yang cukup besar, mending mikir dua kali lagi buat membeli mobil bekas tersebut.

Cek Kondisi Interior

Terakhir yang tidak kalah penting untuk diperhatikan ketika akan membeli mobil bekas adalah, kondisi interior dari mobil tersebut. Tidak harus terlalu bagus, yang penting nggak ada kerusakan yang cukup parah. Keadaan interior yang bagus selain agar nyaman di dalam mobil, juga nggak malu kalau sewaktu-waktu meengajak teman atau saudara pergi menggunakan mobil kita.

*****

Ngomong-ngomong soal mobil bekas, daripada ribet kesana-sini mending buka aja . Situs rekomendasi jual-beli mobil bekas yang cerdas dan aman. Cerdas karena bisa mendapat informasi tentang mobil bekas yang ada di pasaran. Buat pembeli bisa mendapat rekomendasi beserta informasi yang transparan tentang keadaan mobil, buat penjual jadi nggak bingung untuk menentukan harga jual berdasarkan rekomendasi harga di pasaran. Gurumobil.com mempunyai misi untuk meningkatkan transparansi pasar mobil bekas Indonesia melalui teknologi.

Itulah beberapa tips membeli mobil bekas berkualitas, agar tidak merasa dirugikan di kemudian hari haruslah teliti untuk mengecek kondisi mobil bekas tersebut.

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *