Tips Cara Membuka Botol Kecap

Pasti di antara kalian banyak yang sudah mengenal apa itu kecap bukan. Sekadar informasi yang saya peroleh dari Wikipedia, Kecap adalah bumbu dapur atau penyedap makanan yang berupa cairan berwarna hitam yang rasanya manis atau asin. Bahan dasar pembuatan kecap umumnya adalah kedelai atau kedelai hitam. Namun ada pula kecap yang dibuat dari bahan dasar air kelapa yang umumnya berasa asin. Kecap manis biasanya kental dan terbuat dari kedelai, sementara kecap asin lebih cair dan terbuat dari kedelai dengan komposisi garam yang lebih banyak, atau bahkan ikan laut. Selain berbahan dasar kedelai atau kedelai hitam bahkan air kelapa, kecap juga dapat dibuat dari ampas padat dari pembuatan tahu.

Botol kecap yang terbuat dari beling atau kaca, adalah botol kecap yang paling susah dibuka. Dibutuhkan alat bantu serta beberapa teknik khusus agar botol kecap dapat terbuka dengan sempurna. Berikut ini adalah beberapa tips dari saya untuk membuka tutup botol kecap, agar kecap yang tersimpan di dalam botol tidak terbuang, botol tidak pecah atau pun terjungkir karena teknik pembukaan yang salah. Dan inilah tips-tips nya :

1. Berdoa

Setiap sebelum mengerjakan pekerjaan apapun, usahakan kita mulai dengan berdoa kepada Tuhan yang maha esa. Kita pasrahkan diri kita atas apa yang akan kita kerjakan. Mohon perlindungan dan keselamatan agar proses mengerjakan sesuatu tidak mengalami hambatan atau-pun menemui hal-hal yang tidak diinginkan. Termasuk dalam hal membuka tutup botol kecap. Jangan sampai karena kelalaian anda, botol kecap menjadi pecah lalu pecahan mengenai tangan anda dan berdarah, lalu kecap yang di dalam botol tersebut menjadi terbuang sia-sia. Mubadzir bukan!

2. Pegang Botol Dengan Tangan

Tips yang kedua adalah, pegang botol kecap yang hendak dibuka tadi dengan tangan. Terserah kalian mau pegang dengan tangan kanan atau-pun tangan kiri. Mau minta bantuan tangan orang lain juga bisa. Pastikan orang yang dimintai bantuan memegang botol kecap tersebut dengan tangannya. Jangan sampai memegang botol kecap dengan hidung apalagi dengan pantat. Saya yakin pasti ngga akan berhasil.

3. Gunakan Pembuka Botol

Tips yang ketiga adalah, pastikan alat yang akan kalian gunakan untuk membuka botol kecap itu adalah benar-benar alat pembuka botol. Biasanya bentuknya tipis dan ada lobang di tengah-tengahnya yang fungsinya untuk memasukkan kepala botol agar tutup botol lebih mudah dibuka. Jangan gunakan linggis, sekrop atau setrikaan. Kemungkinan besar tutup botol kecap tidak terbuka yang ada malah botol kecap menjadi pecah dan kecapnya berantakan.

4. Tarik Napas & Buang Napas

Tips yang ke-empat adalah, tarik napas dan buang napas. Bisa dibilang poin ini adalah poin yang paling penting. Sebelum acara pembukaan botol, pastikan saluran pernapasan anda dalam keadaan baik. Lakukan tarik napas, lalu sebentar buang kembali. Lakukan secara berkala. Usahakan jangan sampai kalian berhenti tarik napas dan buang napas. Jika kalian berhenti, saya tidak bertanggung jawab atas apa yang akan terjadi.

5. Gunakan Tenaga

Setelah poin-poin di atas sudah dilakukan semua, maka tips yang terakhir adalah Gunakan tenaga dari tubuh kalian. Ngga perlu menggunakan tenaga dalam, tenaga uap, ataupun tenaga nuklir. Cukup kerahkan semua tenaga ke lengan kalian. Setelah kepala botol yang masih tertutup rapat sudah masuk dengan sempurna ke lubang pembuka botol, dengan sepenuh tenaga tarik ke atas pembuka botol tersebut hingga tutup botol terbuka. VOILA!! Kini kecap hitam kesayangan bisa kalian nikmati!

Catatan : jika sampai poin ke-lima tutup botol kecap masih belum terbuka, periksa kembali apa ada poin yang terlewat. Jika dirasa sudah komplit namun tutup botol belum juga terbuka, segera hubungi supplier!

You may also like...

3 comments

  1. Boleh usul ya, untuk opsi kedua mungkin tulisan “tangan” gak usah diajak, kecuali yang dalam deskripsinya diikuti keterangan tertentu (misal; tangan kanan, tangan kiri) hehe… maafken!

    Mantep euy, ads-nya dapet link unit 😀
    Salam hangat dan semangat!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *