Tips Berolahraga Agar Tetap Sehat di Masa Pandemi

Tips Berolahraga Agar Tetap Sehat di Masa Pandemi – Awal tahun 2020, tidak hanya di negeri kita Indonesia, bahkan di dunia sedang dilanda suatu pandemi atas suatu virus yang bernama Covid19. Untuk pertama kalinya kita dihadapkan pada keadaan dimana kita diharuskan untuk beraktifitas di rumah saja untuk memutus penyebaran virus ini.

Pandemi belum berakhir, akan tetapi untuk alasan ekonomi di Indonesia, PSBB (pembatasan sosial berskala besar) tidak lagi diberlakukan. Dan kini telah diterapkan “new normal” dimana kita kembali boleh beraktifitas di luar rumah, akan tetapi tetap harus menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker saat ke luar rumah, menjaga jarak dengan orang lain, selalu mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, bahkan di beberapa tempat keramaian seperti mall atau tempat wisata diterapkan peraturan seperti harus disemprot desinfektan, memakai face shield, dan diukur suhu tubuhnya.

Salah satu upaya agar kita terhindar dari virus Covid19 adalah dengan menjaga daya tahan tubuh, seperti misalnya selalu mengonsumsi makanan yang bersih dan bergizi, menjaga agar pikiran tidak stress, dan tentunya tetap berolahraga agar badan selalu fit.

Berolahraga pada masa pandemi dan tidak, tentu berbeda sekali keadaannya. Ada beberapa hal yang boleh, ataupun tidak boleh dilakukan. Berikut ini beberapa tips berolahraga agar tetap sehat di masa pandemi.

Baca juga: Jangan Panik, Lakukan 5 Hal Ini Jika Anak Demam!

Olahraga di Rumah Saja

Olahraga bisa dilakukan di mana saja, bahkan termasuk di rumah. Ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah saja seperti senam, skipping atau lompat tali, angkat dumbbell, atau jika punya alat kardio seperti treadmill, sepeda statis dan lain-lain boleh banget digunakan. Brolahraga di rumah saja selain menghindarkan kita dari virus Covid19, juga cenderung lebih murah dan menghemat waktu.

Lakukan Olahraga Ringan di Rumah

Alih-alih ingin sehat, malah jadi sakit karena terlalu memforsir tubuh untuk melakukan olahraga yang cukup berat. Untuk itu, olahraga di rumah saja cukup dengan olahraga yang ringan namun jika dikerjakan rutin setiap hari akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Gunakan Masker atau Face Shield

Ketika kita harus berolahraga di luar rumah, jangan lupa selalu gunakan masker atau face shield. Namun hal ini rupanya justru membuat pernapasan kita bekerja lebih berat 2-4 kali lipat. Berolahraga dengan menggunakan masker dapat membatasi pernapasan dan membuat jantung bekerja lebih keras. Namun bukan berarti kita boleh tidak memakai masker saat berolahraga di luar rumah. Protokol kesehatan harus selalu dikerjakan, Saat ini bahkan beberapa produsen mengeluarkan produk masker khusus olahraga, namun harganya tentu lebih mahal.

Sebaiknya hindari olahraga di tempat yang terlalu ramai orang, jangan melakukan aktifitas olahraga yang menimbulkan kontak fisik seperti sepak bola/futsal. Pemakaian masker saat olahraga jangan terlalu lama, atau apabila masker sudah basah oleh keringat, segera diganti dengan masker yang baru.

Selalu Siap Hand Sanitizer

Salah satu benda yang wajib dibawa saat berolahraga adalah hand sanitizer, kemasan hand sanitizer yang mungil dan enak dibawa kemana-mana tentu tidak akan jadi beban buat kita saat olahraga. Meskipun kecil, hand sanitizer sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Gunakan setelah menyentuh benda-benda di tempat umum, gunakan saat akan menyentuh muka atau sebelum menyentuh botol minuman. Seperti yang dihimbau oleh oleh pemerintah, bahwa virus bisa menempel di benda-benda yang sering dipegang oleh orang, seperti gagang pintu, bangku taman, pagar dan lain-lain.

*****

Itulah beberapa tips berolahraga agar tetap sehat di masa pandemi seperti sekarang ini, meskipun anjuran pemerintah agar kita di rumah saja jika tidak ada kepentingan yang mendesak, akan tetapi jangan sampai meninggalkan olahraga agar tubuh tetap bugar dan imunitas tubuh kita terjaga dengan baik.

Dan apabila merasa diri kurang sehat, segera periksakan diri ke dokter, atau tidak ada salahnya kita melakukan tes Covid untuk mengetahui apakah kita terpapar oleh virus ini atau tidak. Karena ternyata banyak pasien positif Covid19 justru tidak menunjukkan gejala seperti demam tinggi, batuk dan lain-lain.

Buat teman-teman yang tinggal di Surabaya dan sekitarnya, bisa loh mencari info tentang di situs Halodoc. Tinggal buka saja halaman halodoc.com atau bisa juga instal aplikasinya di Play Store. Kamu bisa terhubung dengan puluhan dokter dari berbagai rumah sakit, ada fitur chat yang memungkinkan kita untuk berkonsultasi langsung dengan dokter pilihan kita. Pokoknya periksa ke dokter tanpa ribet, tanpa harus antri berjam-jam.

Tidak hanya itu, setelah kita berkonsultasi dengan dokter dan mendapat resep obat, kita bisa langsung memesan obat dari apotek-apotek terdekat, yang obatnya akan dikirim langsung ke rumah kita. Jadi nggak perlu repot-repot lagi harus ke luar rumah. Dan kalau kita harus bertemu langsung dengan dokter untuk periksa lebih lanjut, kita bisa banget buat janji dengan dokter-dokter dari rumah sakit terdekat. Tinggal pilih fitur “Rumah Sakit”, kemudian cari dokter, dan klik buat janji untuk bisa berkonsultasi langsung.

Sebagai penutup, harapannya sih pandemi ini cepat berakhir, virus-virus hilang dari muka bumi, seluruh masyarakat Indonesia selalu diberikan kesehatan, khususnya kepada tenaga medis di garda terdepan selalu sehat, kuat dan sabar menghadapi cobaan saat ini! Amin.

You may also like...

One comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *