Tips Aman dan Nyaman Naik Ojek Online di Kota Besar

Beberapa tahun belakangan ini, ojek online menjadi moda transportasi andalan di kota-kota besar. Kemudahan akses ojek online dan ongkos yang murah memang menjadi kelebihan tersendiri dibandingkan moda transportasi lain. Tak mengherankan bila jumlah penumpang ojek online terus meningkat seiring dengan berjalannya waktu.

Jika Anda termasuk orang yang sering menggunakan jasa ojek online, berarti Anda harus menyimak beberapa tips berikut ini. Agar perjalanan dengan ojek online selalu aman, nyaman, dan selamat sampai di tempat tujuan.

Menyesuaikan Nomor Motor dengan Info di Aplikasi

Setiap Anda melakukan order ojek online, pastikan bahwa nomor motor pengemudinya sesuai dengan info di aplikasi. Karena saat ini banyak tindak kriminalitas dengan modus menyamar menjadi pengemudi ojek online.

Alangkah lebih baik jika Anda melakukan konfirmasi dengan pengemudi terlebih dahulu. Karena pengemudi ojek online dan motor yang digunakan harus sesuai dengan aplikasi.

Menyimpan Dompet di Tempat yang Aman

biasanya identik dengan bentuk yang besar. Membuka dompet di tempat umum akan meningkatkan risiko tindak kriminalitas. Apalagi bila Anda menggunakan dompet wanita terbaru yang bentuk dan warnanya cukup mencolok. Sebaiknya Anda selalu menyimpan dompet di tempat yang aman. Bila perlu, Anda bisa membeli dompet wanita terbaru berukuran kecil untuk menyimpan uang receh. Sehingga Anda tak perlu membuka dompet berukuran besar saat berada di jalan raya.

Mewaspadai Rute yang Dipilih Pengemudi Ojek

Sering kali pengemudi ojek online memutuskan untuk melewati rute yang berbeda dengan alasan kemacetan. Hal ini sebenarnya lumrah. Namun, Anda tetap harus berhati-hati saat mengamati rute tersebut. Jika pengemudi ojek online ingin melintasi jalan yang sepi, sarankan saja untuk beralih ke jalan raya yang lebih ramai dan relatif aman. Sehingga Anda pun bisa terhindar dari risiko kriminalitas yang rentan terjadi secara cepat.

Membawa Tas dengan Posisi yang Aman

Apa pun jenis tas yang Anda gunakan, sebaiknya Anda selalu meletakkan tas tersebut di depan tubuh Anda. Jangan meletakkan tas di samping atau di punggung. Karena tas Anda berisiko menjadi incaran penjambret di jalan raya. Peganglah tas Anda dengan hati-hati dan tetap waspada selama masih berada dalam perjalanan.

Jangan Menggunakan Smartphone di Jalan

Menggunakan smartphone saat naik ojek online adalah hal sepele yang berbahaya. Selain berisiko menjadi korban penjambretan, smartphone yang jatuh juga membahayakan keselamatan perjalanan Anda. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menunda niat untuk menggunakan smartphone saat naik ojek online.

Jika Anda harus membalas pesan penting atau bercakap-cakap melalui telepon, mintalah pengemudi ojek online untuk menepi sesaat. Kemudian selesaikan urusan Anda sebelum melanjutkan perjalanan.

Meminta Masker dan Penutup Kepala

Masker dan penutup kepala adalah hak Anda sebagai penumpang ojek online. Jadi, Anda tak perlu ragu memintanya kepada pengemudi ojek online. Bila Anda menggunakan penutup kepala dan masker, penampilan Anda akan tetap rapi dan bersih ketika sampai di tempat tujuan. Anda hanya perlu merapikan rambut dan pakaian agar kembali terlihat menarik.

Menjadi penumpang ojek online memang memberikan kemudahan bagi Anda untuk beraktivitas. Anda jadi leluasa bepergian dalam waktu singkat bila sering menggunakan moda transportasi tersebut. Pastikan bahwa Anda selalu berada dalam keadaan aman dan nyaman ketika naik ojek online. Sehingga Anda tak kapok untuk terus bepergian secara praktis menggunakan jasa ojek online.

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *