Tips Aman Berkendara Motor di Malam Hari

Akhir-akhir ini di negeri kita sedang dihebohkan oleh isu tentang begal yang semakin mengancam keselamatan masyarakat, karena mereka tidak hanya nekat merebut barang berharga milik orang lain, namun juga banyak yang tidak segan-segan untuk menyakiti si korban. Bahkan ada yang lebih parah sampai nekat terjadi tragedi pembunuhan. Hal inilah yang kemudian semakin meresahkan masyarakat, orang-orang yang semakin geram dengan aksi pembegalan ini kemudian jadi ikut-ikutan beringas. Terbukti dari beberapa kasus pelaku pembegalan yang tertangkap dihajar oleh massa, malahan ada yang sampai dibunuh dan dibakar. Kasus main hakim sendiri memang dari segi manapun tidak dibenarkan, karena salah satu yang ditakutkan adalah terjadinya salah sasaran. Mereka yang tidak bersalah bisa menjadi korban amukan massa hanya karena kecurigaan tanpa adanya bukti yang kuat. Namun bagaimana lagi, karena masyarakat terkadang kurang puas dengan hukum yang beerlaku di negara kita.

Wah jadi panjang lebar nih, ya sudah. Kali ini saya ingin membagikan tips-tips buat kalian agar aman dan selamat berkendara di malam hari.

tips aman berkendara motor di malam hari

 

1. Pastikan Lampu Motor Kamu Menyala Terang

Salah satu tips agar aman berkendara adalah dengan mengecek kendaraan kita. Pastikan semua kondisi dalam keadaan fit, seperti ban, rantai, busi, bahan bakar, dan yang paling utama untuk perjalanan di malam hari adalah lampu. Karena sistem penerangan jalan tidak selamanya berfungsi dengan baik. Pun demikian dengan perlengkapan lain seperti ban, busi ataupun bahan bakar. Karena ditakutkan saat kalian melintasi jalan yang sepi, gelap dan jauh dari bengkel, motor berhenti karena mogok adalah hal yang bisa sangat membahayakan. Karena kita tidak tahu seberapa aman jalanan yang kita tempuh. Jadi mengecek kondisi motor adalah hal yang sangat vital.

2. Melewati Jalan Yang Ramai Lebih Baik Meskipun Lebih Jauh

Apabila kalian pulang malam dan hendak melewati jalanan yang sepi dan penerangannya pun nggak seberapa terang, sementara ada alternatif lain, misalkan melewati jalan raya yang lebih ramai meskipun jarak tempuhnya agak jauh. Lebih baik kalau kalian muter melewati jalan yang ramai tersebut, karena bagaimanapun jalur yang sepi, gelap dan jauh dari keramaian adalah jalan yang rawan untuk dilewati di malam hari. Sabar sedikit dengan menempuh jalan yang lebih jauh, biaya dan waktu yang terpakai tentu tidak sebanding jika dibandingkan dengan keselamatan kalian.

3. Cari Teman Barengan

Jika memungkinkan, cari teman atau barengan yang melewati jalur yang sama. Nggak ada salahnya kalau sebelumnya janjian dengan beberapa teman yang akan melewati jalan yang sama di malam hari. Dengan mencari teman yang seperjalanan, hati akan berasa lebih tenang dan aman. Seperti yang dilakukan oleh beberapa orang di akun Twitter @PulangKonvoi. Akun  Twitter ini mewadahi bagi mereka yang akan pulang malam, dan mencari teman pulang dengan cara me-mention akun PulangKonvoi. Nantinya follower yang kebetulan membaca dan akan melewati jalan yang sama akan mention balik untuk ngajak janjian untuk pulang berkonvoi. Dengan begitu akan memudahkan dan membantu mereka yang sedang kebingungan mencari teman pulang. Keren!

Semoga dengan tips yang saya bagi hari ini, kita semua bisa terhindar dari ancaman bahaya dan yang paling utama adalah bisa kembali pulang ke rumah dengan selamat, nggak kurang satu apapun dan bisa berkumpul kembali bersama keluarga dengan perasaan tenang. Amin!

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *