Tips Agar Tidak Terlambat Kerja Karena Macet

Buat yang bekerja kantoran, yang harus terikat waktu. Biasanya saat berangkat kerja kita akan dihadapkan kepada satu masalah yang memang benar-benar tidak bisa dihindari, yaitu MACET! Terlebih lagi kalau kita tinggal di kota besar seperti Jakarta atau Surabaya, setiap hari saat berangkat kerja pasti kejebak macet.

tips tidak macet
Foto waktu macet di Gunung Anyar Surabaya

Paling bete bukan kalau sampai terlambat masuk kerja gara-gara macet. Kalau nggak dimarahi atasan, dicap jelek, ya gajian dipotong. Nggak mau kan hal itu terjadi sama kita.

Biar nggak terlambat masuk kerja gara-gara macet, nggak ada salahnya ngikutin tips yang bakal saya kasih berikut ini.

1. Bangun Lebih Pagi

Kalau bangun tidur lebih pagi, otomatis kita bakal bisa mempersiapkan apa yang mau dibawa untuk bekerja lebih santai. Karena nggak tergesa-gesa, kita nggak akan mengalami balik lagi ke rumah karena ada yang ketinggalan. Selain itu, bangun tidur lebih pagi juga bisa memungkinkan kita untuk berangkat lebih pagi, biasanya kalau berangkat lebih pagi nggak akan terlalu macet dibandingkan berangkat kerja mepet. Kalaupun ternyata berangkat lebih pagi kita masih menemui macet, setidaknya kita masih punya banyak waktu sebelum jam masuk kerja. Jadinya nggak terlambat deh.

2. Hindari Ngaret

Ada juga orang yang bangun tidurnya sudah lebih pagi, tapi masih terlambat kerja karena macet juga. Biasanya orang seperti ini suka ngaret dulu sebelum berangkat. Entah itu dia sarapan terlalu santai, atau mungkin nonton TV dulu, atau bahkan melakukan kegiatan yang nggak ada tujuannya seperti duduk-duduk santai di teras rumah sambil ngopi, sampai lupa waktu sehingga pas waktu udah mepet baru buru-buru.  Lebih baik hal-hal semacam itu dihindari agar bisa berangkat kerja lebih pagi. Kerjakan dulu apa yang harus dikerjakan, persiapkan segala sesuatunya. Baru setelah semua sudah siap, tinggal santai menunggu jam berangkat kerja.

3. Persiapkan Sejak Malam Hari

Alternatif lain selain mempersiapkan keperluan kerja adalah dengan sudah mempersiapkan sejak malam hari sebelum tidur. Hal ini akan mempersingkat waktu persiapan berangkat kerja di pagi harinya, sehingga kita nggak akan tergopoh-gopoh di pagi harinya.

4. Isi Bensin Sepulang Kerja

Kenapa mengisi bensin / bahan bakar kendaraan harus sepulang kerja? Karena kalau kita ke pom bensin waktu berangkat kerja, karena selain boros waktu juga biasanya pada pagi hari pom bensin antriannya lebih panjang. Kan sayang kalau waktu berangkat kerja habis untuk mengantri bensin, masuk kerja bisa terlambat. Jadi lebih baik kalau semua dipersiapkan agar kita nggak terlalu banyak menghabiskan waktu di jalan.

That’s it, beberapa tips yang bisa saya bagi agar kita nggak terlambat kerja karena macet. Kalau ada tambahan, boleh kok, tulis saja di kolom komentar! 🙂

Terima kasih sudah mampir di Blog Om El.

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *