Tips Agar Terhindar Dari Pencurian Hak Cipta di Internet

Internet itu seperti pisau, bisa sangat bermanfaat untuk membantu pekerjaan kita, atau bisa juga menjadi benda yang sangat berbahaya kalau tidak digunakan/ditangani dengan benar. Bagi beberapa orang, internet adalah media yang sangat membantu mereka untuk menunjukkan karya, ataupun untuk memperkenalkan diri dengan menunjukkan portofolio. Tujuannya adalah untuk mencari klien atau partner untuk bekerja sama membuat sesuatu hal yang mampu menghasilkan baik dalam bentuk materi atau sesuatu yang lebih berharga.

Misalnya seorang desainer mengunggah hasil karyanya ke Instagram, tujuannya untuk menunjukkan kepada masyarakat pengguna internet, dengan harapan kemudian ada yang meng-hire dia untuk sebuah project. Dan dari sanalah si desainer tersebut mendapatkan penghasilannya.

Tapi bagaimana jika karya yang kita unggah di internet, digunakan orang lain tanpa seijin yang punya, kemudian digunakan untuk kepentingan komersial? Bahkan ada foto yang diambil tanpa ijin, kemudian diedit, terus diakuin miliknya. Pasti si pembuat karya tersebut merasa sakitnya tuh di sini. #NunjukDada

Kalau kata Arbain Rambey sih, jangan mengunggah karya ke internet kalau nggak mau diambil orang! Tapi bagaimana bisa menunjukkan portofolio kita kalau tidak mengunggahnya ke internet?

Ada beberapa hal yang sebenarnya bisa kalian lakukan untuk meminimalisir pencurian hak cipta di internet.

1. Gunakan Watermark Pada Gambar/Video

Memasang watermark atau menuliskan identitas kalian di dalam gambar/video merupakan salah satu upaya untuk menunjukkan bahwa konten tersebut adalah milik kalian. Ada yang bilang kalau menambahkan watermark akan mengurangi keindahan konten yang kalian buat, tapi ya setidaknya karya kalian akan terhindar dari pencurian. Buatlah gambar yang ada watermark-nya sebagai contoh karya kalian. Kalau ada yang berani membayar dengan harga pantas, berikan gambar asli yang tidak ada watermark-nya. Karena hal itu akan lebih menguntungkan.

Tips untuk memasang watermark: Gunakan bentuk logo atau tulisan dengan model transparan, atau bisa juga dengan tulisan kecil yang diletakkan di tengah-tengah, namun tetap tidak mengganggu keindahan dari gambar tersebut. Jangan meletakkan watermark terlalu ke pinggir, karena bisa memungkinkan untuk watermark tersebut di-crop.

cewek cantik, beautiful girl, cara agar terhindar dari pencurian hak cipta, tips terhindar pencurian hak cipta internet, tips agar terhindar dari pencurian hak cipta di internet
Contoh watermark dari Shutterstock

2. Unggah Gambar/video Dengan Kualitas yang Rendah

Selain memasang watermark di dalam gambar, cara lain agar terhindar dari pencurian karya adalah mengunggah gambar/video dengan resolusi rendah. Hal ini memungkinkan untuk menghindari karya kalian digunakan untuk kepentingan komersil tanpa ijin. Pasang caption di gambar atau video yang kalian unggah, bahwa jikalau ada yang tertarik dengan konten tersebut dengan resolusi tinggi, bisa menghubungi kalian. Tentunya karya yang kalian buat bisa dilepas dengan imbalan yang sesuai.

3. Unggah Thumbnail, Atau Potongan Gambar/Video

Cara ketiga yang bisa dilakukan agar terhindar dari pencurian hak cipta di internet adalah mengunggah hanya potongan gambar/video. Seperti misalnya beberapa Youtuber Indonesia yang mempromokan video mereka di Instagram. Seperti yang kalian tahu, di Instagram hanya bisa mengunggah video berdurasi 15 detik saja (last update, ada beberapa akun yang bisa mengunggah hingga 60 detik). Di sana kalian bisa mempromokan video hasil karya kalian untuk portofolio, dengan mengunggah hanya sekitar 15-60 detik saja, akan membuat orang penasaran dengan kelanjutan video tersebut. Tentunya kalau orang sudah penasaran, mereka akan menghubungi kalian. Di sinilah transaksi terjadi.

Atau jikakalian mengunggah gambar di Instagram, jangan menggunggah satu gambar full di satu postingan. Buatlah satu gambar dibagi menjadi beberapa potongan, yang kemudian kalau dibuka di profil kalian akan terlihat gambar aslinya. Seperti yang dilakukan @benakribo di video berikut.

Dengan cara membuat gambar terpotong seperti itu, dijamin bakal bebas dari pencurian. Kalau toh ternyata ada yang minat dengan hasil karya kalian, tinggal kontak yang punya, dan lakukan transaksi deh. 🙂

Itulah beberapa tips agar terhindar dari pencurian hak cipta di internet versi elangg.com, semoga bermanfaat! 🙂

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *