Tips Agar Laptop Tidak Mudah Panas

Kalian adalah orang yang sangat aktif menggunakan laptop sebagai media kerja, dan laptop kalian bisa dibilang hampir tiap hari dipakai selama berjam-jam. Ada baiknya selain menggunakan laptop dengan nyaman, kalian wajib memperhatikan kesehatan laptop itu sendiri. Dan salah satu masalah yang paling sering timbul adalah laptop mengalami overheat atau panas yang berlebih. Hal ini sebaiknya dihindari mengingat kesehatan laptop kalian juga berarti kelancaran alam pekerjaan. kalau laptop terlalu lama dalam kondisi panas yang terlebih, ditakutkan komponen-komponen dalam laptop kalian akan rusak dan dapat merugikan baik dalam segi waktu maupun biaya.

Lalu bagaimanakah agar laptop yang kita gunakan tidak cepat panas atau overheat?

tips agar laptop tidak cepat panaa
Overheat

1. Jangan Gunakan Laptop di Atas Permukaan Yang Empuk

Hal ini adalah yang biasa banget dilakukan, mengerjakan pekerjaan dengan menggunakan laptop sambil malas-malasan di kasur. Biasanya menggunakan media bantal untuk alas laptop tersebut. Sebaiknya jangan meletakkan laptop di atas benda yang empuk seperti bantal, selimut dan sebagainya. Karena benda-benda empuk tersebut dapat menutup sirkulasi udara yang berputar di bagian belakang laptop. Lebih baik meskipun di kasur, gunakanlah alas yang nggak empuk. Misalnya seperti kayu triplek, kardus/karton, untuk menjaga ventilasi udara dalam body laptop. Sehingga sirkulasi udara dapat berputar lancar, dan laptop nggak cepat panas.

2. Jangan terlalu lama maen game

Kalau game yang dimaksud masih dalam kategori ringan mungkin nggak akan seberapa memicu laptop untuk menjadi panas. namun kalau game yang dipakai menggunakan grafis yang  lumayan tinggi, apalagi kalau dimainkan dalam jangka waktu yang cukup panjang, maka sistem kerja (komponen-kompome) dalam laptop akan menja di panas dan kemungkinan laptop bisa berumur pendek

3. Jangan Membuka Aplikasi terlalu banyak dalam Waktu Bersamaan (Multitasking)

Membuka aplikasi terlalu banyak secara bersamaan bisa membuat laptop jadi panas juga loh. Apalagi beberapa program yang dibuka adalah program yang tergolong kategori berat. RAM kalian akan bekerja lebih ‘ngoyo’ dan dalam waktu singkat akan menjadi panas. Sebaiknya hindari hal ini untuk menjaga laptop kalian agar awet dan tahan lama.

4. Jangan Terlalu Banyak Mencolokkan USB

Penggunaan port USB yang terlalu banyak juga bisa menimbulkan panas, alangkah baiknya kalau tidak sedang digunakan dicabut saja. Selain mencegah overheat juga bisa menghemat daya laptop agar baterai tidak drop.

5. Jangan Menginstall Program Yang Tidak Kompatibel

Pastikan sebelum menginstall suatu program ke laptop kalian, periksa dulu apakah software tersebut kompatibel atau tidak. Karena program yang tidak sesuai spesifikasinya akan membuat laptop bekerja tidak semestinya. Penggunaan daya akan lebih banyak dan laptop jadi cepat panas.

6. Selalu Jaga Kebersihan Laptop

Hal yang paling penting dalam perawatan laptop adalah selalu menjaga kebersihan dari laptop itu. Bersihkan secara berkala, setap 3-6 bulan sekali. Pastikan tidak ada debu atau apapun yang bisa menghambat sirkulasi pendingin. Sehingga pendingin berfungsi dengan baik dan laptop tidak cepat panas.

7. Gunakan Cooler Fan Untuk Laptop

Saat ini banyak tersedia Cooler Fan untuk laptop di toko-toko komputer dan harganya pun sangat murah. Dengan menggunakan Cooler Fan ini dapat mencegah laptop dari overheat.

Itulah beberapa tips yang bisa saya bagi untuk mengurangi rasa panas pada laptop. Semoga bermanfaat. 😀

You may also like...

One comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *