Tips Agar Bisa Bangun Sahur

Selamat berpuasa bagi yang menjalankannya, salah satu hal yang paling sering bikin bete saat puasa yaitu gagal bangun sahur. Padahal semalam cuman buka puasa sedikit doang, padahal udah nyiapin makanan banyak buat sahur, padahal besok harus ada kerjaan yang menguras tenaga ekstra dan sebagainya. Kalau ada ortu atau pasangan yang bangunin sih nggak masalah, nah kalau jomblo atau jadi anak kost yang tidurnya sendirian, masa iya minta bangunin ibu kos. Nah, kalau udah gitu pasti nyesek banget tuh kalau sampai nggak bangun sahur. Untuk itu saya akan membagi tips sederhana yang bisa kalian lakukan agar bisa bangun sahur.

tips agar bisa bangun sahur

 

1. Pasang Alarm Dobel

Hal ini adalah yang paling sering saya lakukan, kalian punya handphone kan? Untuk ukuran handphone jaman sekarang saya rasa mustahil kalau nggak ada fitur alarm nya, kenaa nggak memanfaatkan fitur tersebut. Yang jadi masalah adalah, seringnya kita saking molornya jadi nggak kebangun padahal alarm HP sudah berbunyi nyaring, atau kadang bisa terbangun karena suara alarm, eh bangun cuman buat matiin doang, terus tidur lagi. Bangun-bangun udah adzan Subuh. Cara paling pas menyiasati adalah dengan memasang alarm di jam dobel. Misal kalian pasang alarm jam 02.00, jam 02.15, jam 02.30, jam 02.45, jam 03.00. Hal ini cukup ampuh buat kalian yang ngebo banget, apalagi yang punya kebiasaan bangun cuman buat matiin alarm terus tidur lagi, karena alarm bakal bunyi terus, dijamin kalian nggak akan kelewat sahur.

2. Sebelum Tidur Minum Air Putih Yang Banyak

Hal ini juga biasa saya lakukan loh, minum air putih yang lumayan banyak sebelum tidur bisa membantu agar kita bangun disamping menggunakan alarm. Hal ini cukup ampuh karena biasanya sekitar jam 2 an kita akan merasa kebelet pipis. Di sinilah mau nggak mau kita akan terpaksa bangun untuk ke kamar mandi. Kalau sudah ke kamar mandi kan bisa sekalian dimanfaatkan untuk makan sahur.

3. Tidur di Pos Ronda

Selain alarm HP atau alarm alami -kebelet pipis- yang bisa bangunin kita buat sahur, alernatif lainnya yaitu kalian bisa tidur di pos ronda. Sekalian nemenin yang jaga ronda malam, kalian bakal lebih gampang terbangun oleh anak-anak yang bangunin sahur keliling. Kalau nggak terbangun karena suara anak-anak bangunin sahur keliling, palingan bisa terbangun karena kedinginan atau digigitin nyamuk. Kalau masih nggak bisa bangun juga, mending minta tolong tetangga buat nguburin deh. Oke, abaikan poin yang ke-3 ini!

4. Niat

Tahu nggak sih, kalau niat bangun sahur dan berdoa sebelum tidur tanpa harus ada alarm atau apa kalian juga bisa terbangun kok. Intinya sih niat, boleh aja kok tetep pasang alarm atau minum air putih sebelum tidur untuk jaga-jaga. Tapi bagaimanapun kalau sudah niat bangun sahur untuk ibadah, insya allah akan dimudah kan kita untuk bangun, percaya deh! 😀

Yess, itulah beberapa tips biar bisa bangun sahur dan besoknya bisa tetap menjalani ibadah puasa dengan semangat. Jangan lupa selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan minum air putih yang cukup agar tubuh tetap fit dalam menjalankan ibadah puasa seharian. Dan, biar lebih barokah boleh banget kok kalau puasa kita juga diiringi sama perbanyak membaca Al Quran dan sholat sunah. Selamat menjalankan ibadah puasa! 🙂

You may also like...

One comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *