Tiga Matahari Terbit Terlihat di Chelyabinsk, Rusia

Bagaimana pendapat kalian kalau melihat tiga matahari sekaligus terbit secara bersamaan? Agak aneh memang, apalagi yang kita tahu selama ini matahari yang menjadi pusat tata surya dari Bumi hanyalah ada satu.

Inilah yang terjadi di sebuah kota yang berada di pegunungan Ural, yang disebut dengan kota Chelyabinsk di negara Rusia. Tiga matahari terlihat terbit secara bersamaan, momen inipun kemudian diabadikan oleh penduduk setempat dan disebarkan di berbagai media sosial. Salah satu akun twitter yang mengunggah gambar tersebut adalah The Guardian (@guardian).

tiga matahari terbit di chelyabinsk rusia
Tiga matahari terbit. foto : @guardian

Di dalam foto tersebut terlihat jelas penampakan tiga matahari yang terlihat terbit secara bersamaan. Ahli meteorologi setempat, Galina Sheporenko menjelaskan bahwa fenomena ini terjadi karena pantulan cahaya dari kristal-kristal es yang berukuran sangat kecil dalam jumlah yang besar. Menurut galina, hal ini bisa terjadi karena adanya kombinasi dari suhu yang rendah (sekitar minus 25 derajat) dan langit yang cerah, sehingga memungkinkan terjadinya efek ‘triple sunrise‘ ini.

Situs The Guardian menyebutkan, ini bukan kali pertamanya terjadi fenomena langka di Chelyabinsk. Karena sebelumnya di kota ini pernah terjadi ledakan meteor di sekitar bulan Peruari, 2013. Ledakan ini selain bisa melukai penduduk setempat, bahkan juga bisa meruntuhkan atap sebuah pabrik. Laporan dari pemerintahan setempat menyebutkan sekitar 1200 orang terluka.

(Sumber berita: theguardian.com, cnnindonesia.com)

You may also like...

One comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *