Tiga Hal Wajib yang Harus Dilakukan Saat Musim Hujan Datang

Memasuki tahun 2017, di negara kita tercinta mulai kembali diguyur hujan. Perpindahan musim dari panas ke musim hujan kerap kali menimbulkan beberapa efek bagi tubuh, seperti munculnya penyakit flu, diare, atau berkembangnya nyamuk yang bisa menimbulkan penyakit demam berdarah. Semua hal tersebut di atas, tentu sering menjadi momok bagi masyarakat, khususnya bagi anak-anak yang rawan akan terkena penyakit-penyakit tersebut.

Akan tetapi, masalah dengan kondisi kesehatan tubuh saat memasuki musim hujan bisa dicegah dengan beberapa cara.

dilakukan saat musim hujan

Tiga Hal Wajib yang Harus Dilakukan Saat Musim Hujan Datang

Hal pertama yang harus dilakukan saat mulai memasuki musim hujan adalah dengan menjaga kebersihan, termasuk adalah kebersihan makanan. Seperti yang banyak orang ketahui, makanan yang kurang bersih bisa menjadi sumber penyakit bagi kita. Terlebih di musim hujan yang lembab dan basah, yang mampu membuat kuman berkembang lebih cepat. Penyakit perut, diare dan lain-lain bisa menjadi penyakit langganan saat musim hujan datang.

Mengurangi jajan sembarangan adalah salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan makanan, karena bagaimanapun kita tidak tahu bagaimana proses memasak ataupun mencuci peralatan masak yang digunakan apakah sudah bersih benar atau belum. Alangkah lebih baik kalau makan atau jajan dari memasak sendiri.

Kemudian hal berikutnya yang harus diperhatikan saat musim hujan datang adalah, kondisi tubuh yang bisa saja sewaktu-waktu drop. Gejalah tubuh drop biasanya disertai dengan mulainya bersin-bersin dan pilek, kalau imun tubuh sedang kurang baik, bisa saja akan muncul gejala berikutnya yaitu meriang dan masuk angin.

ini sebenarnya tidak begitu susah, yang penting selalu menjaga asupan yang sehat serta istirahat cukup. Bisa juga ditunjang dengan mengkonsumsi vitamin C agar imun tubuh selalu terjaga. Olahraga juga tidak kalah penting untuk menjaga tubuh selalu fit. Dengan olahraga yang cukup dan rutin, akan menjauhkan tubuh kita dari penyakit akibat musim hujan.

Hal terakhir yang harus dilakukan saat musim hujan tiba adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan, serta sebisa mungkin menutup semua lubang yang bisa menjadi genangan untuk nyamuk berkembang biak. Nyamuk yang berkembang biak dengan baik, sangat memungkinkan untuk orang-orang yang di sekitarnya terkena penyakit demam berdarah. Seperti yang kita tahu, demam berdarah adalah penyakit penyebab kematian terbesar di Indonesia, terutama penderita terbanyak adalah anak-anak. Kalau tidak diperhatikan dengan baik, siapa tahu orang-orang yang kita sayang bisa menjadi korbannya.

Musim hujan adalah anugerah yang tidak harus ditakuti apabila telah datang masanya, dengan pencegahan dini yang baik disertai penanganan secara seksama, kita bisa tetap menjalankan aktifitas dengan baik dan terhindar dari segala penyakit.

You may also like...

One comment

  1. Konsumsi air hangat
    Air hangat yang tentunya sangat cocok dikonsumsi saat udara terasa sangat dingin, sehingga akan memberikan kehangatan pada badan nantinya.
    Air hangat bisa menjadi detox alami bagi tubuh, guna mengeluarkan racun yang ada dari dalam tubuh. Zat sisa dan racun banyak tersimpan di usus, sehingga nantinya aka dikeluarkan, baik melalui proses urinisasi, buang air besar, maupun melalui keringat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *