Ternyata Ada Puasa yang Lebih Berat Daripada Puasa Ramadhan

Hei, masih dalam suasana Idul Fitri nih. Ngomong-ngomong gimana puasa kemarin, gak ada yang bolong? Sayang banget loh kalau puasa yang cuman setahun sekali ini sampai bolong cuman karena ngerasa berat dan nggak kuat, apalagi sampai batal gara-gara tergiur sama iklan sirop di tivi. Wah, nggak keren banget deh!

Buat kamu yang ngerasa puasa Ramadhan adalah puasa yang berat buat dilakuin, ternyata masih ada loh puasa yang lebih berat dari puasa Ramadhan kemarin. Nama puasanya adalah, PUASA SYAWAL.

Yep, puasa Syawal adalah puasa yang dikerjakan enam hari setelah melewati bulan Ramadhan. Untuk ketentuan kapan pastinya, puasa Syawal ini dikerjakan enam hari di dalam bulan Syawal, boleh berurutan atau random di tanggal-tanggal tertentu. Asalkan tidak dikerjakan pada tanggal 1 dan 2 Syawal yah, itu kan Idul Fitri.

Kenapa harus puasa Syawal?

Puasa Syawal bukanlah puasa yang wajib dikerjakan, hukumnya memang sunnah. Tapi, keutamaannya ituloh yang bikin mupeng.

“Barang siapa yang berpuasa Ramadhan, kemudian diteruskan dengan berpuasa selama enam hari di bulan Syawal. Maka baginya ia telah berpuasa selama setahun penuh.” (HR Muslin, Abu Dawud, Tirmidzi, An Nasa’i dan Ibnu Majah).

Jadi pahala yang didapat kalau berpuasa Ramadhan ditambah enam hari di bulan Syawal adalah seperti kalau kita berpuasa selama setahun penuh. Keren bukan!

Terus beratnya dimana? Kan cuman enam hari saja?

Nah, yang jadi masalah adalah, apakah kita mau mengerjakan amalan tersebut. Sedangkan kita kemarin sudah sebulan penuh mengerjakan puasa, eh giliran sudah lewat Ramadhannya masa harus puasa lagi. Dan lagi, godaan puasa Syawal adalah ketika kita berpuasa, orang-orang di sekitar kita pasti banyak yang nggak berpuasa. Karena nggak ditentukan harinya, planning puasa tiap-tiap orang pun pasti berbeda-beda.

Di sinilah keimanan kita diuji. Jelas puasa Syawal seakan lebih berat daripada puasa Ramadhan kemarin. Nggak dikejakan, pahalanya gede banget. Dikerjakan, masih males, masih pengen puas puasin makan. Kebanyakan pasti mikir, alah puasa sunnah, nanti nanti ajalah di akhir-akhir bulan Syawal.

Weits, yakin umurnya masih panjang sampai akhir Syawal? Yakin kalau di akhir Syawal nggak ada halangan buat berpuasa? Kalau ternyata di akhir Syawal kelewatan nggak bisa mengerjakan puasa gimana?

Hosh!

Jadi, masih males buat puasa Syawal?

.

.

.

.

.

Selamat berpuasa! 😀

You may also like...

3 comments

  1. Benar, puasa syawall terasa berat karena yang lain pada makan-minum sedangkan kita menahan diri untuk puasa sendirian. Apalagi kalau kue lebaran dan teman-teman nya masih tersisa banyak di rumah, pasti gatel untuk nyemil…

    Tapi kalau manusia tau banget manfaat dan pahalanya pasti akan belain mati-matian untuk puasa syawall.

    btw elangg.com bagaimana apakah puasa syawall tahun 2015 ini ?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *