10 Teman Makan Telur Ceplok yang Bakal Bikin Kalian Lebih Berselera

Beberapa waktu lalu, publik nusantara dihebohkan oleh berita yang cukup penting. Yakni berita tentang Syahnaz, adik Raffi Ahmad akhirnya bisa memasak telur ceplok. Ini adalah hal paling luar biasa yang pernah terjadi di jagat raya.

Bicara soal telur ceplok, atau ada juga yang menyebutnya telur mata sapi. Jenis masakan ini adalah yang paling sering kita makan, terutama saat masih kecil. Namun ada juga kaum muda-mudi yang masih doyan memasak dan mengkonsumsi telur ceplok, anak kos misalnya. Karena meskipun sederhana dan terbilang murah, telur ceplok jika dikonsumsi saat sarapan, cukup mempunyai kekuatan magis untuk memberi semangat menjalani hari.

Tapi, telur ceplok nggak selamanya sederhana dan begitu-begitu aja loh. Ada beberapa teman makan telur ceplok yang bisa kalian coba agar makan telur ceplokmu jadi lebih bergairah.

teman makan telur ceplok

Saos/Kecap

Saos atau kecap adalah teman makan apapun yang melegenda, banyak jenis makanan yang akan terasa lebih nikmat bila ditambahkan saos atau kecap. Tersedia pilihan bagi yang doyan pedes atau nggak pedes, bisa tinggal disesuaikan dengan selera. Terlebih saat ini, ada banyak varian saos yang bisa didapatkan di minimarket-minimarket terdekat. Membuat telor ceplokmu terasa jauh lebih nikmat.

Bawang Goreng

Ada dua cara menikmati telur ceplok dengan menggunakan bawang goreng. Cara yang pertama adalah mencampur irisan bawang (mentah), ke dalam telur yang akan dimasak. Kemudian irisan bawang dan telur yang sudah tercampur tersebut digoreng bersama-sama.

Cara yang kedua adalah dengan menggoreng masing-masing, telur dan bawang yang sudah matang kemudian di-plating dengan posisi telur ceplok di bawah, kemudian bawang goreng ditabur di atas sebagai  toping-nya.

Sambal Bajak

Sambal bajak adalah sambal yang terbuat dari bahan: cabe, tomat, bawang merah, bawang putih, terasi, gula dan garam yang cara pembuatannya adalah semua bahan diulek jadi satu. Kemudian bahan-bahan yang sudah halus dan tercampur, digoreng sampai mencapai kematangan tertentu.

Sambal bajak ini sering banget dijumpai di warung-warung penjual penyetan, sebagai teman makan berbagai lauk seperti ayam, lele, tahu+tempe, aneka olahan telur termasuk telur ceplok dan lain-lain.

Sambal Kacang Kecap

Cara membuatnya cukup mudah loh, kacang goreng dan cabe diulek hingga halus, kemudian diberi kecap secukupnya. Aduk hingga bercampur. Entah kenapa, menurut saya kombinasi telur ceplok dan sambal ini adalah yang paling mantap.

Garam

Mengenai ‘teman makan telur ceplok’ yang satu ini, rupanya ada dua kubu. Kubu pertama adalah mereka yang menyukai telur ceplok dengan garam, untuk pemberian garam sendiri ditaburkan saat telur sedang digoreng. Bagi kubu yang pertama ini, memakaikan garam pada telur ceplok adalah wajib hukumnya.

Kubu yang kedua adalah yang menyukai telur ceplok polos, tanpa garam. Jadi, kalian termasuk kubu yang mana?

Cabe

Ada juga orang yang menaburkan cabe yang sudah diiris-iris saat telur ceplok masih dalam penggorengan. Hal ini bertujuan untuk memberi sensasi pedas pada telur ceplok yang akan dinikmatinya.

Daun Oregano Kering

Entahlah bagaimana rasanya, saya belum pernah coba. Yang saya tahu, saya pernah melihat resep telur orak-arik pakai Oregano. Barangkali telur ceplok juga bisa klop bila diberi taburan daun oregano kering, nggak ada salahnya kan mencoba.

Sosis Goreng

Biasanya anak kos yang kepengen menu telor ceploknya terasa lebih istimewa, bisa juga disantap bersama dengan sosis goreng yang dipotong jadi dua. Sosisnya nggak usah yang mahal, sosis yang langsung makan hanya seribuan kok di warung. Bisa banget membuat telor ceplokmu lebih istimewa.

Sambal Balado + Terong

Another sambal! Kali ini telor ceplok dikreasikan bersama sambal balado dan terong sebagai pelengkap. Cara membuatnya: Masak dulu telur ceplok hingga matang sempurna, kemudian sisihkan. Tumis sambal balado bersama terong yang sudah diiris agak tebal, setelah bumbu mulai matang, Masukkan telur ceplok yang sudah dimasak tadi, aduk hingga bumbu meresap.

Mi Instan

Masak mie instan, masukkan telur ayam yang masih mentah (tidak dengan kulitnya) bersama mie yang sedang direbus. Tunggu hingga matang. Kemudian siapkan bumbu mie instan di mangkok/piring, campurkan mie dan telur ceplok yang sudah matang tadi ke dalam piring yang ada bumbunya. Aduk hingga merata. Tambahkan saos pedas atau cabe, kerupuk atau bawang goreng agar mie instan telur ceplok terasa lebih nikmat.

“Maka, nikmat Tuhanmu yang manakah yang akan kamu dustakan?!” Selamat berkreasi sobat!

You may also like...

2 comments

  1. Telur merupakan salah satu bahan makanan yang sering menjadi pilihan ibu dapur untuk dibuat suatu olahan makanan yang sangat nikmat dan lezat. Salah satu olahan dari telur yakni telur mata sapi. Mungkin sebelumnya anda juga telah mengetahui jenis makanan yang satu ini, karena makanan ini sudah sangat populer. Telur mata sapi biasanya terbuat dari telur bebek atau pun telur ayam, itu semua tergantung selera anda saja mau menggunakan telur apa. Telur mata sapi biasanya menjadi makanan favorit untuk anak-anak, pasalnya telur mata sapi memiliki bentuk yang sangat menarik yang akan menggugah nafsu makan anak-anak anda. Selain itu, dengan rasanya yang lezat menjadikan telur mata sapi banyak disemua semua kalangan baik dari kalangan anak-anak maupun kalangan dewasa. Cara membuat telur mata sapi sangat lah mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *