Taman Mini Indonesia Indah, Wisata Edukasi di Jakarta

Sejak menikah dengan istri, saya jadi cukup sering wara-wiri Surabaya – Jakarta. Maklum, saya orang Surabaya, sedangkan istri orang Bekasi. Kami sekarang tinggal di Surabaya, khususnya ketika lebaran kami kerap pulang kampungnya ke Bekasi. Salah satu akses pulang kampung adalah dengan naik pesawat ke Jakarta, kemudian diteruskan naik bus Damri ke Bekasi.

Tapi beberapa waktu lalu, kami sempat mudik ke kota kelahiran istri saya pas bukan di waktu libur lebaran. Alasannya sih karena kebetulan kami dipercaya kembali memiliki momongan. Istri hamil anak ke-3, dan diperkirakan HPL nya di sekitar lebaran. Yang ada dalam pikiran kami saat itu, lebaran pasti nggak mudik. Mumpung istri masih hamil muda, kami memutuskan untuk mudik duluan. Hehe.

Awalnya mudik nggak pengen kemana-mana sih, mengingat istri lagi hamil. Yang penting bisa kumpul bareng keluarga sudah syukur. Di Bekasi saja nggak apa-apa.

Tapi kemudian rencana mudik di rumah saja berubah, karena di salah satu obrolan, saya mengaku kalau penasaran dengan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang ada di Jakarta. Kebetulan istri meskipun tinggal di Bekasi, tapi sudah beberapa kali kesana. Sedangkan saya dari kecil di Surabaya, diajak ke Monas saja sudah seneng banget.

Akhirnya, ya sudah kami memutuskan untuk ke TMII naik mobil. Berangkatnya mertua saya yang nyetir, you know lah, jalanan di Jakarta kayaknya rumit banget. Sekali salah jalur, muternya bisa jauh. Beda dengan jalanan di Surabaya yang menurut saya nggak terlalu rumit. Atau mungkin karena saya dari kecil di Surabaya, entahlah hehe.

Ya sudah, singkat cerita akhirnya kami sampai di Taman Mini Indonesia Indah. Buat yang belum tahu, TMII merupakan salah satu objek wisata di Jakarta yang merepresentasikan budaya-budaya di beberapa daerah di Indonesia. Namanya juga Taman Mini Indonesia Indah, yang mana di dalamnya merupakan model mini dari daerah-daerah di Indonesia yang masing-masing diberi sebutan ‘anjungan’.

Ada banyak sekali anjungan di sana, mulai dari anjungan-anjungan dari pulau Sumatera hingga Papua. Saking banyaknya, mungkin butuh waktu satu atau dua hari untuk bisa mengunjungi semua anjungan. Kebetulan karena saya sendiri nggak bisa terlalu lama di sana, hanya beberapa anjungan yang saya kunjungi. Seperti anjungan dari DIY Yogyakarta, Aceh, Riau, Gorontalo, Sumatera, Sulawesi hingga yang katanya anjungan baru yakni di Papua Barat.

tiket pesawat jakarta surabaya, taman mini indonesia indah, jakarta, sumatera barat, padang, traveling
Anjungan Sumatera Barat
tiket pesawat jakarta surabaya, taman mini indonesia indah, jakarta, traveling, papua barat
Anjungan Papua Barat

Di setiap anjungan kita akan disuguhi bermacam-macam budaya dari tiap-tiap daerah. Seperti misalnya di anjungan DIY Yogyakarta, mulai dari bentuk bangunan/rumah, beberapa alat musik seperti gamelan, baju-baju adat hingga dalam kamar seperti apa. Banyak sekali keragaman-keragaman budaya yang bisa kalian lihat dan pelajari di sini. Itulah kenapa TMII bukan hanya merupakan objek wisata, tetapi juga merupakan tempat edukasi terutama tentang kebudayaan di Indonesia.

Anjungan DIY Yogyakarta

Karena kedatangan saya saat itu bukan di musim liburan, tempatnya nggak seberapa ramai. Bahkan beberapa tempat saking sepinya, cukup membuat merinding. Hehe, mungkin kalau pas rame bakal lebih menarik ke sini. Namun begitu kami sempat bertemu beberapa rombongan bule beserta tour guide mereka.

Selain anjungan-anjungan dari daerah-daerah asli Indonesia, di Taman Mini Indonesia Indah ini juga ada beberapa lokasi bermain seperti istana boneka, hingga bagi yang ingin menikmati TMII dari ketinggian bisa naik kereta gantung.

Puas bermain-main dan melihat keindahan budaya Indonesia di TMII kami memutuskan untuk balik ke Bekasi.

Sedikit share aja, buat kamu yang pengen berpergian dari Surabaya ke Jakarta, atau Jakarta ke Surabaya naik pesawat. Kamu bisa cek melalui pegipegi.com loh. Caranya gampang banget, kamu cukup buka alamat situs pegipegi.com melalui browser di komputer atau HP kamu, kemudian pilih menu tiket pesawat, masukkan asal dan tujuan kamu, pilih tanggal keberangkatan, klik CARI TIKET. Dalam waktu singkat kamu akan diberikan beberapa pilihan tiket beserta harganya.

Atau kamu juga bisa lihat jadwal promo tiket murah di kolom KALENDER PROMO, pilih harga terbaik jadi lebih gampang.

Kalender Promo pegipegi.com

Dan yang bikin nyaman lagi, kalau kamu membuka alamat situs pegipegi.com melalui browser smartphone kamu, tampilan website nya responsif banget. Berasa pakai aplikasi padahal dari browser. Sangat memudahkan dan nggak ribet. Atau kalau lebih nyaman lagi, kamu bisa instal aplikasi pegipegi.com dari Google Play atau App Store. So, cek tiket kamu di pegipegi.com sekarang!

You may also like...

One comment

  1. Seru juga liburan ke TMII rame bareng keluarga, dalam sehari tidak bisa semua tenant bisa dikunjungi. awal juli kemarin kami malah seharian cuma di pusat peragaan IPTEK saja, anak anak senang mainin semua alat peraganya

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *