Bagaimana Kalau Tahun Baru Berpikir Untuk Memiliki Rumah Baru

Akhir tahun nih, sudah nggak kerasa tahun 2015 akan berlalu dalam beberapa hari lagi, dan kita kemudian akan bertemu dengan tahun 2016. Wah, makin bertambah tua dong. 😀 Ya sudahlah ya, bertambah tua bukan berarti semangat menjadi menurun, masih banyak mimpi yang harus dikejar. Masih ada cita-cita yang harus diraih. Mungkin salah satu dari kalian ada yang bercita-cita memiliki rumah baru di tahun 2016?

Kenapa harus rumah?

Yang namanya pergantian tahun itu identik dengan liburan, identik dengan diskon super gede di beberapa pusat perbelanjaan atau e-commerce, identik dengan hura-hura dan senang-senang. Pastinya iya dong, tapi pernah berpikir nggak sih berapa banyak biaya yang kita habiskan untuk semua hal itu, belanja, senang-senang, traveling keluar negeri dan sebagainya. Bukan berarti saya melarang untuk bersenang-senang, traveling dan sebagainya loh. Toh saya juga masih seneng jalan-jalan, makan kesana-kemari, belanja dan kadang malah sengaja menyiapkan budget khusus untuk hal-hal tersebut.

Tapi, terkadang kita melupakan kebutuhan pokok manusia selain sandang dan pangan, juga ada papan (rumah) loh! Terutama bagi kita yang masih numpang di rumah orang/ngontrak. Lah, emang mau seumur hidup ngontrak terus?

Tapi kan harga rumah makin tahun makin mahal!

Bener banget, harga rumah tiap tahun akan semakin naik. Lalu, apa nunggu harga rumah sampai selangit? Bakalan Makin nggak kebeli deh. Saat ini ada banyak sekali perumahan-perumahan baru yang bermunculan, harganya pun cukup bersaing. Kalau kita bijak mengatur keuangan kita, insya Allah rumah idaman pasti bisa kita miliki kok. Apalagi sekarang banyak pengembang yang menggunakan jasa bank syariah untuk mem-back up cicilan perumahan. Jadi buat yang muslim lebih tenang deh nyicil rumahnya. Buat referensi aja nih, bisa juga kok memanfaatkan kalkulator perhitungan cicilan rumah dari Rumah.com untuk meng-estimasi pengeluaran cicilan rumah per-bulannya.

Kalau gaji bulanan saya pas-pasan, apa saya masih bisa membeli rumah sendiri?

Mungkin banyak diantara kita yang berpikir bahwa gaji kita pas-pasan, mau kredit rumah takut nggak sanggup bayar cicilan bulanannya. Tapi di sisi lain ada keinginan besar untuk memiliki sebuah tempat tinggal sendiri. Jangan dikubur dalam-dalam keinginan tersebut. Insya Allah dengan doa dan usaha pasti bisa terwujud.

Seperti sebuah artikel yang pernah saya baca dari Liputan6.com, ada 5 tips yang bisa dilakukan untuk mewujudkan memiliki rumah sendiri meskipun gaji pas-pasan.

  1. Siapkan perencanaan keuangan
  2. Pilihlah KPR yang tepat
  3. Ketahuilah nilai investasi dari rumah tersebut
  4. Mulailah latihan mencicil, dan
  5. Siapkan juga usaha sampingan

Lebih lanjut baca artikelnya di sini

Terus, apa dong keuntungan memiliki rumah sendiri daripada numpang/ngontrak?

Ada satu kebiasan manusia yang mungkin perlu diubah mind set-nya, yakni tentang kebutuhan primer yang seringkali terlupakan dan lebih mementingkan untuk membelanjakan uangnya untuk hal-hal yang bersifat senang-senang atau tentang gengsi. Seperti halnya lebih senang membeli mobil keluaran terbaru, atau membeli barang-barang fashion yang branded agar dilihat orang wah. Padahal rumah masih numpang atau ngontrak.

Adapun beberapa keuntungan lebih memiliki sebuah rumah sendiri adalah:

  1. Investasi masa depan. Seperti yang kita ketahui, bahwa investasi yang paling menguntungkan adalah investasi dalam bentuk properti seperti tanah atau rumah. Karena nilai jual rumah akan selalu naik di setiap tahunnya, beda kalau kita berinvestasi dalam bentuk kendaraan atau barang elektronik yang nilainya setiap tahun akan selalu merosot. Selain investasi dalam bentuk materi, memiliki sebuah rumah sendiri juga menjadi investasi bagi keluarga kita. Artinya kita menjamin tempat tinggal bagi istri maupun anak-anak kita nantinya, sehingga hidup akan lebih tenang dibandingkan hidup di rumah kontrakan yang sewaktu-waktu bisa diminta kembali oleh yang punya, dan kita harus ribet lagi mencari tempat tinggal baru.
  2. Bebas menentukan mau diapakan rumah kita nantinya. Memiliki rumah sendiri artinya rumah yang kita tinggali adalah sepenuhnya milik kita, mau diapakan saja rumah tersebut bebas. Mau diubah desainnya, warna cat dindingnya, sampai mau dipugar seunik mungkin nggak akan ada beban. Pasti seneng banget dong bisa tinggal di rumah yang desainnya sesuai dengan keinginan kita, kita akan jadi lebih betah dan keluarga pun bahagia.
  3. Mau buka usaha di rumah juga oke. Pernah nggak mendengar cerita dari seseorang yang mengontrak sebuah rumah untuk dijadikan usaha/retail. Ketika usahanya mulai ramai dan orang banyak mengenal tempat tersebut, si yang punya rumah kemudian tidak memperpanjang kontrak dengan alasan akan menggunakan tempat tersebut. Padahal ternyata si yang punya rumah berniat akan membuka usaha serupa, sehingga dalam waktu dekat usaha yang dijalankan oleh si pemilik rumah menjadi ramai. Karena pelanggan sudah terbiasa membeli di tempat tersebut, mereka tidak tahu kalau ternyata si pemilik toko sudah beda. Lalu bagaimana nasib si pengusaha sebelumnya? Dia harus ribet nyari tempat baru lagi, usaha dari awal lagi, mencari pelanggan baru lagi. Akan beda ceritanya kalau si pengusaha tersebut memiliki rumah sendiri untuk dijadikan tempat usaha.
  4. Bangga memiliki rumah sendiri. Banyak yang kurang menyadari, kalau ternyata memiliki rumah sendiri itu justru dinilai orang lebih membanggakan meskipun kemana-mana hanya naik motor. Ketimbang kita memiliki mobil keluaran terbaru tapi tinggal masih numpang/ngontrak. Yap, nggak percaya? Coba saja sendiri! 😀

Menarik banget! Jadi kapan dong sebaiknya saya memulai menyiapkan untuk memiliki rumah sendiri?

Kapan lagi?? Ya harus dipersiapkan dari sekarang dong! Segera cari referensi tentang harga rumah, misalnya kalian mencari referensi rumah di Surabaya, bisa kok nyari di Rumah.com. Ada banyak pilihan yang bisa kalian pilih sesuai dengan kemampun dan kebutuhan.

Semakin kita menunda untuk kebaikan kita, semakin kita banyak melewatkan kesempatan baik yang sebenarnya bisa kita raih secepat mungkin. Kita kan tidak tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari, yang pasti sih selalu berpikir positif dan melakukan sebaik mungkin apa yang ingin kita lakukan. Insya Allah, niat yang baik akan mendapatkan jalan yang baik pula. So, jangan ragu ayo miliki rumahmu sendiri!

You may also like...

15 comments

  1. Yub, bener banget mas, apalagi yang masih single kayak saya ini harus dipikir matang-matang ya, biar nanti kalo udah punya istri cicilan rumahnya tinggal beberapa tahun, gak terlalu berat. trus udah nempatin rumah sendiri lagi, gak numpang sama mertua,, moga aja tahun ini kesampaian

  2. Memiliki Rumah juga pastinya impian setiap orang. Tapi seringkali dana atau budget yang dimiliki jadi hambatannya. Makasih buat tipsnya ya mas.. ternyata bisa diusahakan dengan daftar KPR 😀

  3. why nottt??? tinggal penghasilannya aja ditambah alias kerja harus lebih keras pengeluaran lebih irit. hehe

    Elangg: Yang penting niat dan tirakat! 🙂

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *