Syukuran Blogger Surabaya di Sunday Sharing #9

Pada jaman dimana teknologi serba canggih saat ini, dan internet menjadi salah satu pendukung yang tidak bisa dipungkiri penggunanya telah merata di segala aspek. Bahkan anak seusia siswa SD pun telah terbiasa menggunakan akses internet, dan internet pun tidak hanya terbatas pada mereka yang mempunyai taraf ekonomi tinggi. Jangan ditanya, bahkan abang-abang becak pun sudah memiliki akun di tiap-tiap sosial media yang ada saat ini.

Mbulet nggak sih bahasa saya? Hahahahaha….

Tahu nggak sih kalau hari ini, tanggal 27 Oktober diperingati sebagai Hari Blogger Nasional? Nggak tahu? Berarti dolanmu kurang adoh gan! 😀 Dan dalam menyambut HARBLOGNAS kali, Dblogger Surabaya menggelar syukuran yang diadakan hari Minggu kemarin di markas Detik.com Surabaya, sekalian juga pas dilangsungkannya acara Sunday Sharing #9. Bagi yang belum tahu, Sunday Sharing adalah acara rutin bulanan yang diadakan untuk media berkumpul dan belajar bareng-bareng blogger se-Surabaya (dan sekitarnya).

Acara Sunday Sharing #9 kali ini berlangsung seperti biasanya, diisi oleh dua pemateri yakni mbak Yuni (www.yuniarinukti.com), blogger kekinian yang pasti sudah banyak dikenal di kalangan para blogger. Dan yang kedua adalah mas Andi Bagus atau yang akrab dipanggil mas Cempluk, I don’t know, katanya sih dipanggil demikian karena pipinya tembem. 🙂 Jadi mas Cempluk ini adalah salah satu founder dari TPC (TuguPahlawan.Com) yang dulu benderanya sempat berkibar dan membentang luas sebagai komunitas blogger terbesar di Surabaya. But now? TPC masih mati suri dan menunggu pemuda-pemuda dengan semangat juang tinggi untuk mengibarkan benderanya kembali.

Materi yang disampaikan oleh mbak Yuni adalah tentang fun blogging, dimana beliau menceritakan pengalamannya mulai dari awal ngeblog, bagaimana kiat-kiat ngeblog yang menyenangkan, tips-tips biar bisa menang lomba blog, sampai banyak hal yang didapat dari ngeblog seperti mendapat kesempatan diundang di berbagai acara launching produk, gratis menginap dan mendapat fasilitas penuh dari hotel-hotel di Surabaya, jalan-jalan gratis ke Sulawesi, termasuk mendapat goodie bag. 😀 Pasti dong pengalaman ngeblog mbak Yuni bikin ngiler bloger-blogger baru kayak eike.

sunday sharing
Mbak Yuni saat meengisi materi Fun Blogging

Setelah mbak Yuni, pemateri kedua adalah mas Cempluk. Sebagai salah satu founder dari TPC, beliau menceritakan sejarah berdirinya TPC, apa saja kegiatan dari TPC, prestasi apa saja yang pernah didapat oleh TPC, sampai munculnya kendala dan berbagai macam permasalahan yang akhirnya membuat TPC mati suri hingga saat ini. Namun, mas Cempluk dan founder lain yang bertebaran entah dimana, berharap banget suatu hari nanti akan ada penggerak yang mampu membangkitkan lagi TPC. Semoga bisa terwujud mas Cempluk, saya mendukungmu!

sunday sharing, cempluk, tugu pahlawan com
Dan ini dia mas Cempluk (Andi Bagus) saat bercerita tentang TuguPahlawan.Com

Tumpeng, Simbol Syukuran Menyambut Hari Blogger Nasional

Dua pemateri kelar menyampaikan materi-materi yang keren bingitZ, seperti yang saya bilang tadi, Dblogger Surabaya mengadakan syukuran kecil-kecilan dalam rangka menyambut Hari Blogger Nasional yang jatuh tepat pada hari ini. Ada tumpengan, yeeaaay! You know lah, sedari pagi duduk manis, mendengarkan pemateri-pemateri berbicara, apalagi yang terjadi kalau bukan perut laper, hehehe. Dan datangnya tumpeng siang itu seperti penawar dahaga atas segala lara, aish! Intinya sih kemudian kita makan-makan. 😀 Sebelum tumpeng dipotong, dibacakan doa terlebih dahulu oleh abah Novianto, beliau adalah salah satu pendiri TPC juga selain mas Cempluk. Ini adalah pertama kalinya saya bertemu beliau, kalau dilihat dari penampilannya sih, abah Novianto ini seperti seorang Gus atau guru pondok pesantren. Hehe, nggak tahu juga aslinya.

sunday sharing, tumpengan, yuniarinukti
Mbak Yuni menerima potongan pertama tumpeng, semoga tidak jadi riya’ *kemudian dilempar sendal*

Tumpeng pun dipotong, mbak Yuni sebagai pemateri sekaligus blogger senior di Surabaya mendapat kehormatan menerima potongan pertama, diserahkan langsung oleh mas Gilang selaku tuan rumah.

Nggak Hanya Blogger Dari Blogdetik, Semua Platform Kumpul Guyub di Satu Atap

Sunday Sharing adalah event bulanan yang diadakan oleh Dblogger Surabaya sebagai komunitas blogger dengan platform Blogdetik, namun tidak menutup kemungkinan blogger selain pengguna Blogdetik boleh ikut di acara ini. Saya pernah sih bikin blog di Blogdetik, tapi nggak aktif. Sekarang lebih banyak bercerita di blog pribadi ini. Harapan saya blogger Surabaya (dan sekitarnya) tetaplah blogger yang bernaung di satu atap. Tidak peduli apapun patform-nya, dari komunitas manapun, apapun bentuk tulisannya, semua guyub dan bersama-sama mewarnai khasanah per-blogger-an di Jawa Timur, dan Surabaya pada khususnya.

warung blogger, kompasiana, dblogger, sunday sharing
Dari kanan (mas Yayat, mas Rinaldy, mas Hakim, mbak Prit, pak Syam dari Kompasiana Bonek, saya sendiri, dan mbak Nunung yang harus foto di bawah karena nggak kebagian tempat.) Heuheueu

Begitu juga Sunday Sharing di episode yang ke-9 ini, ada banyak undangan untuk blogger-blogger dari berbagai latar belakang agar berkenan hadir di event kali ini. Salah satu yang mendapat undangan spesial adalah dari Warung Blogger (WB). Saya yang saat itu kebetulan diundang atas nama WB, mendapat kehormatan dikenalkan pada mas Yayat, mas RZ Hakim dan mbak Prit si Api Kecil yang merupakan beberapa nama yang memprakarsai berdirinya Warung Blogger. Mereka khusus datang jauh-jauh dari Jember loh! Ada banyak cerita seru saat mulai membentuk WB, sampai akhirnya anggota WB mulai membludak dan susah untuk di kordinasi, bahkan sesepuh-sesepuh WB pun mulai nggak memahami sistematis di dalam WB sendiri. Lah wong adminnya saja sudah ada buanyak yang baru-baru, sampai kadang nggak mengenali founder WB sendiri. Hehehe.

Foto-Fotoan Sebagai Simbol Kebersamaan

Kalau blogger sudah berkumpul, rasanya nggak afdhol banget kalau nggak foto-fotoan. Selain sebagai ajang narsis di sosial media masing-masing, foto-fotoan juga sebagai salah satu simbol atau bukti bahwa blogger nggak hanya aktif di dunia maya, di dunia nyata pun ada gerakan positif yang mereka lakukan.

blogger, sunday sharing
All bloggers

Foto-fotoan di Sunday Sharing #9 kemarin, selain untuk dokumentasi, kami juga diajak membuat video singkat mengucapkan selamat hari Blogger nasional. Rame? Jangan ditanya, pecah! Ternyata blogger nggak hanya jago nulis, yang aslinya cerewet juga banyak. Jadi kalau ada yang bilang blogger itu pasti introvert, sepertinya dolanmu kurang suwe gan, mulehmu kurang isuk! 😀

Nggak kerasa empat jam sudah berkumpul dengan blogger-blogger hebat, waktu dan kepentingan jugalah yang memisahkan kami. Alhamdulillah, hari itu nambah ilmu, nambah kenalan dan semoga saja bisa menambah rejeki, AMIN!

Terima kasih untuk Dblogger Surabaya, Detik Surabaya, para sesepuh Warung Blogger (mas Yayat, mas RZ Hakim, mbak Prit), temen-temen dari Blogger Energy (Zia dan Ridho), yang mengundang saya dan banyak berinteraksi di sosial media ada mas Rinaldy Purwanto, mas Gilang, mas Dito, dan juga buat blogger-blogger yang hadir pada hari itu, kalian LUAR BIASA! Selamat Hari Blogger Nasional! 🙂

You may also like...

5 comments

  1. Seneng banget ikutan acara Sunday Sharing kemarin.. Banyak ketemu blogger Surabaya baru seperti mas Elangg ini.. Salam kenal dari saya dan yuk bareng-bareng hidupkan blogosphere Surabaya…

  2. Misi, Oom. Ijin riya’ bentar, yaa, Mau pamer potongan tumpeng pertama, nih.. wkwk
    Terima kasih, Om, sudah hadir di Sunday Sharing ke 9. Sunday Sharing kemarin menjadi obrolan paling seru dimana kita bebas membahas ‘merk’ produk dan komunitas di ranah perbloggeran. Saya senang karena kita berkumpul tidak melihat siapa dari komunitas apa, karena saya sendiri juga juga member DBlogger, WB, Konek, dan Keb! Haha..Kecuali TPC, karena saat berkibarnya TPC sy belum ngeblog, dan jatuhnya TPC saya masih ‘bayi’ 😀

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *