Starmug’s Coffee Surabaya dan Cerita Tentang Teman-Teman SD

Adakah malam yang pantas tersia-siakan tanpa secangkir kopi dan nyanyian rindu tentangmu?

Kalau ngomongin soal ngopi, pasti setiap orang memiliki pandangan yang teramat luas dan berbeda-beda. Nggak terkecuali bagi saya, yang meskipun bukan seorang perokok (karena ada orang yang mengaitkan ngopi dan merokok). Kopi itu seperti nyanyian, yang merangkai liriknya melalui irama dan aromanya. But anyway, I’m not a coffee expert. Saya hanya menyukai kopi dengan segala efek yang ditimbulkannya, termasuk salah satunya adalah persahabatan.

Beberapa waktu lalu, saya bergabung dengan grup Whatsapp dari teman-teman SDN Rungkut Menanggal II 583, Surabaya yang mana adalah merupakan sekolah tempat saya menuntut ilmu dulu. Memang benar, memori saat kecil adalah memori terkuat yang selalu terkunci rapat dalam satu kisi di ruang otak kita. Beda banget saat ketemu dengan teman-teman dari alumni lain, ketemu (meskipun dalam lingkup ruang maya) dengan teman-teman SD itu asyiknya kebangetan. Banyak banget kenangan-kenangan, maupun perbandingan-perbandingan antara dulu dan sekarang yang akhirnya menjadi obrolan yang mampu mengangkat semangat setiap individu dari kami.

Salah satu hal yang mengharukan dari teman-teman adalah kepedulian terhadap salah satu guru SD kami, pak Yasir yang saat ini sedang terbaring sakit dan belum bisa melakukan aktifitas termasuk salah satunya adalah bekerja untuk menghidupi keluarganya. Entahlah, kabar terakhir sih semacam penyakit stroke gitu, sampai beliau nggak mampu bangun dari tempat tidur. Untuk itu, teman-teman pun sepakat menyisihkan sebagian kecil dari rejeki yang kami punya untuk sekadar sedikit membantu meringankan beban perekonomian keluarga beliau. Alhamdulilah dalam waktu hanya sekitar semingguan uang sudah terkumpul, dan bantuan kecil kami sudah diterima keluarga pak Yasir lewat Affi, Erdy, Luqman dan papanya Meita yang kemarin berkunjung ke rumah pak Yasir. Harapan kami semoga apa yang sudah teman-teman berikan mampu menjadi berkah dan bisa bermanfaat bagi pak Yasir dan keluarga.

Kondisi terakhir pak Yasir

Kembali ngomongin soal ngopi. Ada salah satu teman SD juga, namanya Daniswara yang kebetulan banget punya sebuah kafe di jalan Keputih Tegal no.32A, Surabaya. Deket banget nih sama kampus ITS Surabaya dan Univesitas Hang Tuah. Nama kafenya Starmug’s Coffee. Dengan tagline More Than Coffee Lounge, Starmug’s menyajikan menu khas kafe premium dengan harga kantong mahasiswa. Kalian bahkan bisa me-request kopi dengan gambar latte yang biasanya kalian jumpai di kafe mahal, tentunya dengan harga yang bersahabat bagi anak kost. Nggak ada nyeselnya deh kalo nyobain nongkrong di mari. Starmug’s Coffee buka dari jam 18.00 sampai jam 00.00 pagi.

starmugs coffee surabaya

starmugs coffee surabaya
Coffee Latte dari Starmug’s Coffee. (Gambar kiriman dari teman-teman di grup Whatsapp SD)

Nah, di kafe milik Danis ini nih yang kemudian sering jadi jujugan teman-teman SD yang mau nongkrong atau ketemuan buat bahas masalah reunian. Beberapa kali teman-teman ke sini dan mengunggah foto-foto di Starmug’s ke grup Whatsapp, yang kebetulan banget saya belum ada kesempatan buat ikutan nongkrong jadinya ngenvy.

Akhirnya malam minggu kemarin saya nyempetin ke sini bareng sama anak-istri, dan sempet share di grup Whatsapp, kali aja ada yang bisa mampir ke sini juga. Dan setelah beberapa tahun, akhirnya saya bertemu langsung dengan Danis. Yeay…

Starmug's Coffee Surabaya
Starmug’s Coffee Surabaya

Sebenarnya saya penasaran sama Coffee Latte-nya Starmug’s dengan gambar bunga di atasnya, tapi ternyata saya lebih tertarik sama Arabian Coffee Latte dengan aroma rempah-rempahnya. Ini kopi sadis nih kalau dinikmati saat dingin, ada aroma seperti jahenya juga, jadinya anget. Kalau istri saya memesan Vanilla Coffee Blend, kopi yang di-mix dengan vanilla dan es. Mantap, kopi dan vanillanya nge-blend banget. Diblender dengan es batu yang bisa banget buat nyegerin tengorokan.

starmugs coffee  surabaya
Arabian Coffee Latte

Selain kopi dan aneka minuman, mau pesen makanan juga ada loh. Salah satu yang kami pesan saat itu adalah Original Burger Deluxe dengan daging sapi. Burgernya lumayan gede, isinya sih standar, ada daging sapi, irisan tomat, selada dan mayonaise. Cukuplah buat ngganjel perut.

starmugs coffee surabaya
Original Burger Deluxe

Untuk anak saya, Abel kami memesan Burn Bread mix with Ice Cream. Jadi isinya adalah roti bakar dengan selai mix strawberry dan cokelat, di atasnya diberi es krim. Kalo es krim mah jangan ditanya, Abel nggak akan nolak deh. Dan Abel-pun lahap sama roti bakarnya. Mantap lah!

starmugs coffee surabaya
Burn Bread Mix with Ice Cream. Nah kalo sebelahnya itu Vanilla Coffee Blend

Pesanan yang paling terakhir datang adalah kesukaan Abel banget, Sosis Kreezzz. And You know what, dihabisin sendiri sama Abel. Padahal sepiring penuh sosisnya banyak banget. Sosis yang digoreng lumayan kering dan diberi bumbu tabur keju. Makannya dicocol pake saus atau mayonaise. Saya sama istri cuman kebagian sepotong doang. #AbelMahGituOrangnya.

starmugs coffee surabaya
Sosis Kreezzz

So far ini kafe recomended banget, kalau nggak lagi ada perbaikan jalan di depan, pasti nyaman di sini. Sayang banget pas saya kesini tadi malem pas ada perbaikan jalan dan alat-alat berat. Jadinya lumayan bising.

Nggak berapa lama setelah saya menikmati pesanan, Wiwid dateng. Sayangnya sih nggak ada photo session bertiga, foto dari Wiwid pun gambarnya blur. Ya sudahlah masih ada kesempatan lain buat ketemuan lagi. Sekitar jam setengah dua belas, saya pamitan. Kasian Abel kalo harus melek sampe kemaleman. Empat jempol buat Starmug’s Coffee.. πŸ˜€

You may also like...

7 comments

  1. Ada Affi!! Itu tetanggaku mas. Doi di blok K kan, rumahnya? Kerja di YDSF kan? πŸ™‚ Salamin ya. Dari mbak nurul, kakak kelas SMA 16 πŸ™‚

    Ini kafenya menggoda banget. Btw, sudah di-approve Google Adsense-nya yak?
    Aku dong… belum πŸ™‚

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *