Ssst, Cara Rahasia Agar Space Hosting Irit Sampai 90%

Buat kalian pengguna self-hosting seperti WordPress yang saya gunakan untuk elangg.com ini, tentunya ada satu hal yang paling meresahkan yang sering dialami oleh pengguna self-hosting. Apalagi kalau bukan soal space dan bandwith yang harus disediakan, yang tentunya semakin banyak konten yang kita miliki, semakin ramai pengunjung blog kita, maka space dan bandwith harus disediakan juga harus lebih besar. Sementara untuk mendapatkan space yang besar tentunya tidak diperoleh dengan biaya yang murah. Untuk itu saya akan membeberkan rahasia kecil yang selama ini saya gunakan untuk menampung space hosting, agar  penggunaannya kecil dan bisa berhemat sampai 80-90%. Mau tahu? Yuk deh, lanjut bacanya!

cara menghemat bandwith space hosting
Yuk deh, lanjut bacanya!

 

Salah satu cara menghemat space-hosting adalah dengan me-resize gambar menjadi ukuran lebih kecil, namun hal itu masih saja memakan hosting kita cukup banyak. Untuk itu menurut beberapa teman yang menggunakan self-hosting ada cara yang lebih melonggarkan space yang kita punya, cara ini untuk saat ini cukup aman dan tidak dianggap melanggar TOS bagi pengguna Google Adsense. Meskipun sedikit lebih ribet, tapi bolehlah untuk solusi bagi mereka yang tidak ingin boros space karena mahalnya sewa space-hosting.

Cara yang saya sebutkan di sini untuk menghemat space-hosting sampai 90% adalah dengan memanfaatkan hosting pihak ketiga untuk mengupload media seperti gambar, video dan lain-lain. Adapun pihak ketiga yang saya maksud untuk menampung gambar yang akan digunakan pada artikel kita diantaranya adalah:

  • Blogger.com
  • Tinypic
  • Post Image
  • Photobucket
  • Imgur
  • Flick
  • Imageshack, dll

Caranya cukup mudah, upload gambar yang akan kita gunakan pada artikel blog pada salah satu penyedia hosting gambar gratis di atas. Tentunya kita diharuskan memiliki akun di situs tersebut. Setelah gambar ter-upload kita copy link gambar tersebut. Lalu pada lembar kerja postingan kita, Add Media dengan cara Insert From URL. Paste-kan URL gambar yang sudah di upload ke salah satu situs penyedia hosting gambar tadi, lalu atur ukuran gambar, masukkan tag gambar dan lain-lain.

Tadaaa…. postingan kita bisa memunculkan gambar yang kita inginkan tanpa harus menguras space-hosting yang cukup banyak. Yang ditampung hosting berbayar kita hanya berupa teks saja.

Itulah rahasia kecil yang bisa saya bagikan untuk menghemat space-hosting berbayar yang kita punya, semoga artikel ini bermanfaat. 😀

You may also like...

8 comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *