Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Wisata ke Kawah Putih, Bandung

Berwisata ke tempat yang dingin, memang menyenangkan. Seperti halnya wisata ke Kawah Putih-Ciwidey, Bandung, yang pernah saya kunjungi beberapa waktu lalu. Suhu udara yang cukup ekstrim, mengingat saya tinggal di Surabaya, kota yang terkenal panas. Berada di lokasi yang sedingin Kawah Putih sukses membuat tubuh saya menggigil kedinginan. Beruntung sebelum berwisata kesana, ada yang memberitahu kalau suhu udara di Kawah Putih cukup dingin, jadinya saya sempat membawa beberapa perlengkapan.

Buat yang belum pernah ke sini, ada baiknya mencari tahu beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum berwisata ke Kawah Putih-Ciwidey, Bandung. Kalau soal penginapan sih gampang saja, tinggal buka Misteraladin.com kemudian cari hotel yang kamu inginkan. Misalkan kamu ingin menginap di Hotel Hilton Bandung, tinggal cari saja . Dalam sekejap semua informasi bisa kamu dapatkan. Di Misteraladin ini kamu juga bisa booking hotel loh.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Wisata ke Kawah Putih, Bandung

wisata ke kawah putih
Kawah Putih-Ciwidey, Bandung

Bawa Pakaian Hangat

Membawa pakaian hangat dan kering sangat penting. mengingat kondisi suhu di sana sangat dingin. Seperti jaket, sepatu, celana parasut, topi, syal atau sarung tangan. Selain itu kondisi pakaian juga harus kering, karena jika basah akan menambah dingin tubuh kita. Tidak disarankan menggunakan celana jeans, karena jeans hanya tebal dan berat tetapi tidak mampu menahan dingin.

Bawa Masker

Kawah Putih adalah danau yang terbentuk akibat dari letusan gunung Patuha, dimana tanah dan airnya bercampur dengan belerang. Itulah kenapa berada di lokasi Kawah Putih, bau belerang sangat menyengat. Disarankan untuk membawa masker dari rumah, kalau tidak bawa masker dari rumah bisa membeli di sana dengan harga yang lumayan mahal. Atau kalau masih kuat dengan bau belerang, silakan saja masuk ke lokasi Kawah Putih tanpa masker.

Bawa Mobil Sendiri Atau Naik Shuttle Bus

Setelah sampai di pintu gerbang lokasi wisata, ada dua pilihan sebelum kita naik ke Kawah Putih. Bisa menggunakan mobil sendiri, atau naik menggunakan shuttle bus yang disediakan di sana. Kalau mau bawa mobil sendiri harus membayar sekitar Rp 150ribu untuk mobilnya saja, sedangkan untuk penumpangnya dikenakan retribusi sebesar Rp 18ribu. Agak berat di ongkos kalau mau bawa mobil sendiri ke lokasi, kalau mau lebih murah bisa menggunakan sarana shuttle bus yang sudah disediakan. Biaya naik shuttle bus hanya Rp 15ribu per orang. Selain lebih murah, menggunakan shuttle bus bisa dibilang lebih aman karena supirnya pasti sudah berpengalaman melalui trek-trek yang sulit dan menanjak. Oiya, shuttle bus yang dimaksud di sini sebenarnya adalah sejenis mobil mirip angkot yang dimodifikasi bagian belakangnya.

Bawa Kamera Sendiri Atau Menggunakan Jasa Tukang Foto di Lokasi

Jaman serba media sosial saat ini, kalau kemana-mana nggak bawa kamera rasanya nggak afdol. Apalagi jika berpergian ke lokasi wisata, minimal bawa handphone yang ada kameranya. Namun begitu, di lokasi Kawah Putih juga ada beberapa jasa tukang foto profesional, dan juga bisa langsung cetak disitu juga. Nggak ada salahnya kalau kamu mau foto yang bagus memakai jasa tukang foto yang ada di sana.

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *