Hal-Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Traveling

Siapa yang tidak ingin traveling berkeliling Indonesia, kalau saya sih mupeng banget. Bagaimana tidak, salah satu keinginan saya adalah bisa berkeliling Indonesia. Menikmati terbitnya matahari di Menara Tele, Danau Toba. Berdingin-dingin ria di Kawah Putih, Ciwidey. Mandi pasir di Gunung Bromo, Jawa Timur. Menghirup sejuknya udara di Rinjani, Lombok. Snorkling manja di Bunaken, Sulawesi Utara. Sampai menikmati sunset di Saonek Monde di Raja Ampat, Papua.

Nah loh, tempat indah mana lagi di Indonesia yang bakal kamu dustakan?

Bicara soal traveling, saya memang beberapa kali melakukan perjalanan wisata, ya meskipun baru di dalam pulau Jawa saja sih. Namun begitu, tetap ada beberapa hal yang penting banget buat diperhatikan sebelum melakukan traveling. Jangan sampai traveling kamu jadi tidak nyaman, atau kurang menyenangkan karena minimnya persiapan. Hal-hal apa saja sih yang harus diperhatikan sebelum melakukan perjalanan wisata?

Hal-Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Traveling

sebelum melakukan traveling
Image credit: Pexels

1. Cari Informasi Sebanyak-banyaknya Tentang Lokasi Wisata yang Akan Dituju

Sebelum melakukan perjalanan, tentu kita pasti sudah menentukan lokasi mana yang akan kita tuju. Saat ini review tentang tempat wisata di internet sangat banyak, kita semudah tinggal buka smartphone kemudian ketikkan lokasi wisata di mesin pencarian. Puluhan atau bahkan ratusan informasi tentang lokasi yang akan kita tuju, bisa dengan mudah kita akses dan gali informasinya.

Tujuan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang lokasi wisata, akan sangat berguna untuk perencanaan keberangkatan kita. Seperti misalnya moda transportasi apa yang sebaiknya digunakan, bagaimana suhu udara di sana, kendala-kendala apa yang kemungkinan terjadi kalau kita traveling ke sana. Jika perlu catat informasi-informasi yang kita dapatkan, agar perjalanan kita bisa lebih terencana dengan matang.

2. Jika Perjalanan Wisata Kita Membutuhkan Lebih dari Satu Malam, Tentukan Akan Kemana Kita Menginap

Tidak jarang perjalanan wisata yang menempuh jarak jauh, entah itu di luar kota, luar propinsi atau bahkan ke luar negeri, membutuhkan waktu lebih dari satu malam. Alangkah sangat baik kalau kita mempersiapkan tempat penginapan bahkan sebelum berangkat traveling, karena biasanya tempat-tempat penginapan di lokasi wisata lebih sering penuh kalau tidak booking terlebih dahulu jauh-jauh hari. Kalaupun ada, biasanya kita susah untuk menentukan tarif yang termurah untuk kamar hotel tempat kita menginap.

Saat ini ada banyak situs pemesanan hotel secara online, akan tetapi memberikan fasilitas terbaik bagi kita yang ingin memesan kamar hotel. Kenapa harus ke Mister Aladin?

  • Kemudahan untuk mendapatkan harga terbaik dari banyak pilihan kamar hotel. Di misteraladin.com kita bisa menemukan ratusan kamar hotel dengan harga yang bervariasi, kita bisa menentukan kamar hotel mana yang sesuai dengan budget kita. Selain itu, Mister Aladin juga menjamin memberikan penawaran hotel murah dengan harga yang terbaik.
  • Proses booking yang mudah dan aman. Proses pemesanan kamar di Mister Aladin bisa dibilang mudah dan cepat, kita tinggal masukkan hotel mana yang ingin kita pesan, Mister Aladin akan memberikan list kamar mana yang masih tersedia dan bisa dipesan. jadi tidak perlu repot lagi untuk menghubungi pihak hotel satu-persatu untuk menanyakan apakah masih ada kamar yang tersedia. Selain itu, dengan teknologi Rapid SSL, booking hotel atau transaksi lainnya di Mister Aladin terjamin keamanan dan privasinya.
  • Banyak promo dan diskon kamar hotel. Ada banyak promo dan diskon kamar hotel di Mister Aladin yang bisa kita pilih. Tidak perlu takut kantong jebol, karena selain menawarkan banyak potongan harga, di Mister Aladin ini juga bebas dari biaya tambahan ataupun biaya tersembunyi di akhir transaksi. Jadi kita bisa lebih menghemat budget untuk kamar hotel.
  • Layanan customer service terbaik. Tim dari Mister Aladin selalu siap untuk membantu kita dalam mencari harga hotel terbaik untuk perjalanan wisata kita.

3. Anggarkan Biaya Selama Traveling Agar Kantong Tidak Jebol

Salah satu hal yang sering dilupakan kalau sudah berwisata adalah soal anggaran biaya. Seringkali kalau kita sudah berada di lokasi wisata, kita suka menghambur-hamburkan uang untuk memenuhi hasrat. Entah itu budget untuk makan, untuk sewa alat/permainan, atau bahkan untuk berbelanja oleh-oleh dan sebagainya.

Alangkah lebih bijak kalau kita merencanakan anggara biaya, disesuaikan dengan budget uang yang telah kita persiapkan. Seperti misalnya membawa bekal makanan sendiri atau menghindari membeli makanan di lokasi wisata, karena biasanya makan di lokasi wisata harganya lebih mahal. Kemudian bisa juga dengan memilih tempat penginapan yang murah, atau berbelanja dan membeli barang-barang yang seperlunya saja. Dengan merencanakan anggaran selama wisata, akan menghindarkan kita dari kantong jebol.

*****

Itulah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum melakukan traveling. Semoga apa yang saya bagi kali ini, bisa bermanfaat bagi kita yang ingin melakukan perjalanan wisata.

You may also like...

3 comments

  1. Its like you read my mind! Yoou seem too grsp so much about
    this, such as you wrote thhe ebook in it or something. I believe
    that you could do with a few percent to force the message house a little bit,
    however other than that, this is excellent blog.
    An excellent read. I’ll definitely be back.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *