Sakit Telinga Saat Naik Pesawat

Weekend kemarin kebetulan tanggal merah dobel ditambah cuti, jadi deh long weekend. Saya, istri dan Abel memutuskan untuk pulkam (pulang kampung) ke Bekasi. Biar nggak memakan waktu lebih banyak, kita pun memutuskan untuk naik pesawat. Dan, dari beberapa kali naik pesawat, saya pernah merasakan sakit yang kebangetan di telinga sampai ke kepala. Rasanya kayak mau pecah. Udah deh, kalau udah kayak gitu, perjalanan jadi nggak menyenangkan lagi. Rasanya pengen cepet-cepet nyampai, tapi perjalanan masih lumayan lama. Don’t worry, karena ternyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar telinga bisa kembali terbuka dan kepala jadi nggak sakit.

sakit telinga saat naik pesawat
Sakit telinga saat naik pesawat

Ada satu hal yang sering dialami oleh penumpang pesawat saat sedang terbang, yaitu sakit telinga. Hal ini biasanya juga sering terjadi saat kita sedang jalan naik gunung atau lokasi wisata yang lokasinya tinggi. Hal ini wajar terjadi karena saluran dalam telinga kita menyesuaikan dengan tekanan di luar telinga, karena pada saat kondisi kita berada pada ketinggian, tekanan udara berbeda. Hal ini disebut dengan Oklusi Tuba, atau adanya sumbatan pada saluran tuba. Dalam penyesuaian tekanan di dalam dan luar telinga yang berbeda ini, saluran tuba akan memperkecil ruang telinga tengah dan menarik jaringan sekitarnya agar tekanan bisa seimbang, hal inilah yang kemudian menyebabkan telinga menjadi buntu dan sakit di kepala seakan mau pecah.

Tapi seperti yang saya bilang tadi, ada beberapa cara agar sakit di telinga dan kepala tadi bisa diatasi. Caranya sangat mudah.

1. Menelan

Cara yang pertama yaitu dengan menelan, bisa apa saja. Menelan ludah dengan cara memakan permen, meminum air putih/soft drink, yang penting jangan menelan bangku pesawat atau rompi untuk pendaratan darurat. Karena selain susah ditelan, juga bisa dikenai hukum pidana karena merusak perlengkapan pesawat terbang.

2. Air Hangat dan Tisu

Menurut ahli kesehatan, cara untuk membebaskan udara yang terperangkap di dalam telinga saat naik pesawat adalah dengan tisu  dan gelas berisi sedikit air hangat. Masukkan tisu tersebut ke dalam air hangat hingga air terserap ke dalam tisu. Lalu dekatkan gelas tersebut ke telinga, biarkan uap air hangat meresap ke dalam telinga sehingga udara yang terperangka di dalam telinga bisa keluar. Dengan demikian telinga akan menjadi lega dan sakit akan bisa hilang.

3. Menguap

Ternyata pada saat telinga buntu ketika sedang berada di ketinggian, bisa dengan mudah diatasi dengan cara menguap. Karena pada saat menguap, udara akan keluar melalui telinga. Hal ini bisa menyebabkan udara yang menyumbat telinga akan terdorong keluar sehingga telinga tidak buntu lagi.

4. Menutup Mulut dan Hidung

Cara ini adalah yang paling gampang dan efektif yang paling sering saya praktekkan untuk mengatasi telinga tersumbat. Caranya yaitu menutup mulut dan hidung, lalu tekan udara keluar sehingga akan terasa udara keluar melalui telinga. Dijamin telinga yang tadinya buntu akan langsung plong.

Semoga bermanfaat! ;D

You may also like...

8 comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *