Review Dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 1S

Kebutuhan ponsel pintar dengan fitur mumpuni dan harga di bawah rata-rata memang adalah yang paling dicari oleh kebanyakan masyarakat Indonesia, salah satu pabrikan yang memanfaatkan strategi tersebut adalah brand yang masih dibilang baru di Indonesia, Xiaomi (mi.com). Resmi mengeluarkan smartphone murah, Redmi 1S. Xiaomi berhasil membuat masyarakat jatuh cinta, namun cukup disayangkan karena untuk mendapatkan ponsel idaman ini, harus melalui perjuangan yang cukup keras. Xiaomi Redmi 1S atau yang dikenal juga dengan nama Hongmi (Beras Merah) di awal peluncurannya hanya bisa dibeli melalui online di salah satu layanan e-commerce di Indonesia, ketersediaan barang yang terbatas ini yang membuat banyak orang harus gigit jari karena seringnya kehabisan meskipun sudah memesan di masa pre-order.

review dan spesifikasi xiaomi redmi 1s
Xiaomi Redmi 1S

review dan spesifikasi xiaomi redmi 1s
Tampilan belakang Redmi 1S

Beruntung beberapa waktu lalu saya (yang melalui teman) bisa mendapatkan ponsel idaman ini dengan sangat mudah. Bahkan dengan harga yang cukup miring. ๐Ÿ˜€

Saya akan coba me-review ponsel pintar pabrikan negeri tirai bambu ini, saat pertama kali memegang si cantik ini, kesan yang paling pertama muncul adalah, ponsel ini lumayan berat. Tampilannya nggak jauh beda dengan beberapa ponsel pintar lainnya, bersih, simple dan nggak rame. Satu-satunya mark yang ada hanya tulisan “MI” di belakang bawah cover, cukup elegan buat saya. Layar sebesar 4,7″ ini dilapisi oleh kaca anti gores Dragontrail yang katanya setara dengan kaca Gorilla Glass dari Corning. Kamera depan berkekuatan 1,6 megapiksel, cukup bagus untuk selfie, dan bisa untuk video conference juga. Sedangkan di belakang ditanamkan kamera utama sebesar 8 megapiksel dengan dilengkapi flash LED. Berikut adalah hasil jepretan saya dari jarak dekat.

review dan spesifikasi xiaomi redmi 1s
Ngopi #RedmiCamera

Di bagian samping, tombol power dan volume bersebelahan di satu tempat, bisa dibilang agak kurang nyaman karena kadang masih suka keliru menekan tombol. Mungkin faktor jempol yang kegedean juga bisa kali ya. ๐Ÿ˜€

Saat dibuka, warna orange menyala dari baterai si cantik 1S ini cukup mencolok, karena fisiknya yang lumayan gede. Berkapasitas 2.000 mAh, saya cukup men-charge sekali dalam sehari, setelah beberapa kali dipakai untuk internetan, nonton video, denger MP3 dan main game.

Memiliki memori internal 8 GB yang cukup lega, serta slot micro-SD yang bisa diisi hingga 32 GB. Dan yang cukup melegakan adalah RAM sebesar 1 GB yang membantu performa ponsel pintar ini agar nggak mudah lag. Tersedia dua slot SIM card dengan jaringan WCDMA/GSM – GSM.

Redmi 1S menggunakan interface MIUI-JHCMIBF36.0 yang menggunakan layout mirip iPhone tanpa tombol menu untuk masuk ke appdrawer, semua aplikasi terletak di layar utama. Pertama kali menggunakan MIUI versi ini, untuk menggunakan aplikasi yang cukup berat, Redmi cepat panas di bagian belakang. Setelah mendapat informasi dari forum, untuk mengatasinya perlu upgrade ke MIUI-JHCMIBH45.0 yang tersedia di menu ‘Pembaruan’ karena katanya masih terdapat beberapa bug di versi lama. Upgrade MIUI cukup mudah, namun disarankan untuk upgrade dengan jaringan yang bagus dan tidak putus-putus. Karena file upgrade cukup besar, sekitar 500 MB-an. Setelah upgrade, persoalan ponsel panas sudah teratasi. ๐Ÿ˜€

Harga yang ditawarkan melalui online bisa dibilang cukup murah untuk spesifikasi sekelasnya, dibanderol hanya sekitar 1,5juta Rupiah saja, kita bisa mendapatkan ponsel pintar murah dengan fitur High-end.

xiaomi redmi 1s spesifikasi review
Kotak Xiaomi Redmi 1S yang eco-friendly, terbuat dari kertas daur ulang

Saat ini Redmi 1S masih ditanamkan sistem Android 4.3 Jelly Bean, namun pihak Xiaomi menjanjikan akan meluncurkan upgade ke 4.4 KitKat sebelum akhir tahun 2014 bersamaan dengan diluncurkannya MIUI versi 6.

Untuk mengakses menu Recent Apps, tekan yang lama pada tombol menu di sebelah kiri, hal ini bertujuan untuk membersihkan ram dari aplikasi yang nggak digunakan. Sementara menekan lama pada tombol Home, akan masuk ke fitur memanggil Google Now. Namun fitur ini bisa diubah di menu-setting.

review dan spesifikasi xiaomi redmi 1s
Nama Resmi Xiaomi Redmi 1S
Faktor Bentuk Full-touchscreen
Bentang dan Jenis Layar 4,7 inci, 1280×720 (312ppi) IPS LCD
Dimensi Fisik 137 x 69 x 9.9 mm
Berat 158 gram
Prosesor Qualcomm Snapdragon 400, quad-core Cortex A7 1,6 GHz, Adreno 305
RAM 1 GB
Media Penyimpanan Internal 8 GB
Slot micro-SD Ya, hingga 32 GB
Kamera Utama 8 Megapixel dengan LED flash
Kamera Depan 1,6 Megapixel
Kapasitas Baterai 2.000 mAh
Jaringan Seluler GSM 900 MHz / 1800 MHz / 1900 MHz, HSDPA 1900 MHz/ 2100 MHz
Konektor USB Micro USB
GPS Ya, dengan dukungan A-GPS
Konektivitas Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0, jack audio 3,5 mm
Fitur lain Accelerometer, Proximity Sensor, Gyro Sensor, Kompas
Sistem Operasi Android 4.3 Jelly Bean, MIUI 5
Itulah review dan spesifikasi dari Xiaomi Redmi 1S yang lagi populer saat ini, untuk saat ini bisa dibilang saya cukup puas menggunakan ponsel ini. Kita tunggu saja, pabrikan mana lagi yang akan menawarkan produk yang lebih menggiurkan dari Redmi 1S ini. Siapa tahu saja ada spesifikasi yang lebih unggul dengan harga yang lebih murah, sipa tahu saja ada. ๐Ÿ˜€
Terima kasih sudah membaca review saya, semoga bermanfaat! Jangan lupa baca juga Smartfren Andromax C3, Smartphone KitKat Dengan Harga 500 Ribuan.

You may also like...

One comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *