Resep Sate Ayam Nikmat Memasak Dengan Teflon

Resep Sate Ayam Nikmat Memasak Dengan Teflon – Saya dan keluarga termasuk penggemar berat sate ayam, karena yang satu ini selain aroma dan rasanya sangat khas, dengan citarasa dari bumbu kacang yang sangat kuat. Sate ayam juga termasuk salah satu makanan yang cukup sehat karena proses memasaknya yang tidak menggunakan minyak, cukup dibakar di atas arang.

resep sate ayam

Namun jika suatu saat kita kepengen banget sate ayam, tapi lagi males gerak buat keluar rumah membeli sate, ada cara yang cukup mudah untuk bisa kita lakukan. Bagaimana kalau kita buat sendiri sate ayam, untuk pembakarannya tidak perlu repot mencari arang atau alat pembakaran. Cukup dengan memanfaatkan kompor dan wajan teflon yang ada di rumah.

Untuk membuat bumbu sate yang nikmat, diperlukan bahan-bahan seperti:

  1. 250 gr kacang tanah. Digoreng/disangrai kemudian dihaluskan
  2. 4 siung bawang putih (diiris)
  3. 2 siung bawang merah (diiris)
  4. 2 buah cabe merah besar, buang bijinya
  5. 5 siung bawang merah (kemudian dihaluskan)
  6. 3 siung bawang putih (kemudian dihaluskan)
  7. Setengah sendok teh ketumbar (kemudian dihaluskan)
  8. 2 lembar daun jeruk
  9. Segenggam gula jawa
  10. Kecap secukupnya
  11. Garam secukupnya

Cara Membuatnya:

  1. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai tercium bau harum, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan
  2. Masukkan kacang tanah yang sudah dihaluskan, daun jeruk, kemudian tambahkan air, gula jawa, 2 sendok makan kecap manis, garam, kemudian cek rasa

Untuk memasak sate ayam dengan menggunakan teflon sendiri, caranya adalah dengan menyiapkan daging ayam bagian dada kemudian dipotong kecil-kecil, kemudian tusuk daging ayam yang sudah dipotong-potong tadi sesuai selera. Rebus daging ayam tadi selama 5-10 menit, kemudian tiriskan.

Bagi yang tidak ingin merebus dulu daging ayamnya, juga tidak masalah kok. Langsung dibakar di atas teflon juga bisa banget.

Setelah semua bahan sudah siap, sekarang tinggal kita masukkan daging yang sudah ditusuk-tusuk tadi ke dalam olahan bumbu, kemudian diamkan selama kurang lebih lima belas menit agar bumbu bisa meresap.

Finally, bakar sate yang sudah diolesi bumbu tadi di atas teflon. Gunakan api yang tidak terlalu besar, agar tidak cepat gosong dan matangnya rata. Bolak-balik , sambil sesekali mengoleskan bumbu kacang yang sudah dibuat tadi.

Setelah cukup matang, siap disajikan dan disantap bareng keluarga atau teman-teman dekat. Buat yang lagi kelaperan malam-malam juga cocok, bisa tetap kenyang tanpa harus makan nasi, cara membuatnya pun simpel karena nggak harus dibakar yang bisa membuat badan bau asap dan kotor.

Selamat mencoba!

 

*Info resep: https://cookpad.com/id/resep/2306448-sate-ayam-teflon-bumbu-kacang-no-msg

You may also like...

3 comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *