Resep Rendang Daging Nikmat Khas Padang

Berbicara mengenai kuliner khas Indonesia semuanya memang tawarkan rasa yang beragam, mulai dari ujung Barat hingga ke ujung Timur tiap daerah dan juga suku yang ada dalam negeri ini memiliki ragam kuliner menggugah selera. Salah satu yang tak boleh Anda lupakan adalah Masakan Padang, tentunya sudah tak asing dengan nama yang satu ini. Mengingat hampir semua daerah selalu dipenuhi dengan bisnis depot dengan menu khas adalah Masakan Padang. Satu hal yang menjadi ciri khas dari panganan disini adalah dari penggunaan bumbu-bumbu yang kaya akan rempah, sehingga terasa enak di lidah. Salah satu yang menjadi primadona adalah rendang.

resep rendang daging
Rendang [Photo: Bukalapak]
Menu yang satu ini tak hanya dikenal sebagai makanan nan menggugah selera di dalam negeri saja, melainkan pernah masuk sebagai salah satu makanan paling enak di dunia. Terbukti bukan seperti apa cita rasanya yang bisa menggoyang lidah dari masyarakat luar negeri juga. Merupakan menu makanan khas yang terbuat dari daging sapi pilihan, dimasak menggunakan bumbu rempah. Proses memasaknya memakan waktu yang sangat lama hingga berjam-jam, inilah yang membuat rasanya berbeda dengan kuliner lainnya.

Aroma dan juga teksturnya benar-benar bisa menggigit lidah Anda. Satu porsi menu rendang ini umumnya dibanderol kurang lebih 15 ribu rupiah di sebuah depot Rumah Makan Padang. Namun juga demikian, ukuran daging yang diberikan sangatlah kecil. Tak ada salahnya bagi Anda yang ingin lebih puas dalam icip-icip membuatnya sendiri. Tak terlalu sulit sebenarnya memasak menu unggulan yang satu ini, ketahui resepnya berikut.

Bahan-bahan:

10 gelas santan kental, dibuat dari 3 butir kelapa yang diparut dan diambil sarinya
1 kg daging sapi segar
2 lembar daun kunyit
1 biji asam kandis
1 batang serai, geprek
3 lembar daun purut, remas-remas
Garam secukupnya

Bumbu halus:

6 buah kemiri
2 cm laos, bakar terlebih dahulu
5 siung bawang putih
3 cm jahe
1 ons cabai merah
12 butir bawang merah

Cara membuat:

  1. Potong-potong daging sesuai dengan selera, jangan terlalu kecil dan juga tipis, karena dalam proses memasak yang cukup lama ditakutkan nantinya ia akan hancur. Ukuran tepat adalah sebesar 5 cm dengan ketebalan 1 cm.
  2. Siapkan api dan juga wajan kemudian Anda bisa menumis bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan tersebut. Sementara menunggu hingga aromanya tercium, maka Anda bisa menyiapkan pembuatan santan.
  3. Setelah keluar aroma yang sedap maka Anda bisa memasukkan santan yang sudah jadi tersebut. Aduk-aduk hingga adonan bumbu tersebut tercampur rata dengan santan, masukkan daun kunyit, jeruk purut dan juga serai.
  4. Masukkan potongan daging yang sudah jadi tersebut kedalam adonan, terus aduk jangan sampai kepala santan tersebut pecah.
  5. Anda dapat mulai memasukkan garam dan juga asam kandis dalam masakan tersebut. Aduk terus hingga nantinya santan mengental seperti tekstur saos.
  6. Jangan lupa untuk icip-icip rasa masakan Anda.
  7. Jika dirasa santan sudah mengental dan juga daging masak, selanjutnya matikan kompor.
  8. Angkat kemudian sajikan.

tersebut akan jauh lebih nikmat disantap dengan nasi putih hangat tambahan sayur, kuah santan kental dan juga sambal khas Padang. Namun bagi Anda yang memiliki masalah kolesterol lebih baik batasi konsumsinya.

You may also like...

One comment

  1. Rendang yang kita kenal umumnya di luar Sumatera Barat adalah rendang daging. Tetapi di daerah asalnya, terdapat berbagai jenis rendang. Bahkan daun-daunan sekalipun bisa dijadikan rendang yang lezat. Hmmm…pernah terbayang bagaimana rasanya memakan rendang daun paku/pakis? Pada awalnya saya pun merasa aneh, ada rendang pakis. Bagaimana rasanya pikirku. Belum lagi rendang nangka, kentang dan buncis.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *