Kebun Binatang Ragunan Saat Libur Lebaran

Sebentar lagi lebaran, yeay saatnya mudik! Tapi tidak buat saya dan keluarga, tahun ini libur dulu mudiknya, karena istri saya sedang berperut besar (baca : hamil tua). Saat ini saya dan istri tinggal di Surabaya, sedang rumah asal istri saya ada di Bekasi, Jawa Barat. Kalau dipaksakan naik kereta atau pesawat, takutnya mberojol di jalan. Kalau prediksi dokter sih lahirannya bulan depan, jadi bisa dibilang bulan ini adalah saat-saat SIAGA kalau pas sewaktu-waktu anak kami yang kedua ini mau keluar.

Tapi ngomongin soal mudik, saya jadi teringat mudik kami beberapa tahun lalu, sekitar tahun 2012 saat Abel masih berusia belum genap setahun. Abel yang baru pertama kali ngerasain mudik, kayaknya sih masih kaget dengan suasana baru, sehingga selama di rumah kakek-neneknya Abel sering rewel dan badannya panas. Segala obat panas sampai dibawa ke tukang pijit anak, hasilnya tetep badannya panas dan suka rewel. Padahal kalau di rumah Surabaya Abel termasuk anak yang aktif banget.

Alhasil selama beberapa hari di rumah Bekasi, kita cuma di rumah sambil bergantian ngeramut Abel yang terus-terusan rewel. Akhirnya daripada mudik nggak kemana-mana, kami pun berinisitif untuk mengajak Abel jalan-jalan. Siapa tahu setelah Abel diajak jalan-jalan dia malah jadi sembuh. Dan destinasi yang kita pilih saat itu adalah, Kebun Binatang Ragunan di jakarta.

Jalanan di Jakarta saat libur lebaran cukup lenggang, hal ini dikarenakan kebanyakan warga jakarta saat lebaran memilih untuk pulang kampung. Saya yang saat itu baru pertama kali ke Jakarta, cukup kagum melihat bangunan-bangunan tinggi. Bukan berarti di Surabaya nggak ada bangunan tinggi loh, banyak. Tapi di jakarta saat itu seperti terlihat lebih mewah, atau efek karena baru pertama kali ke Jakarta ini ya, hehe entahlah. Dan kabarnya ada banyak  loh, cek aja di Misteraladin.com!

Dan benar saja, setelah diajak jalan-jalan. Abel malah sembuh, panasnya langsung turun. Dia yang sebelumnya rewel ngringik terus, malah kegirangan. Di mobil saja dia nggak bisa diam, lompat-lompatan sambil ketawa-ketiwi. Lah, ternyata selama ini dia bosen di rumah kayaknya. Pengennya diajak jalan-jalan.

Ragunan Saat Libur Lebaran

Keadaan justru berbanding terbalik ketika kami mulai memasuki kawasan wisata Kebun Binatang Ragunan. Dimana jalanan Jakarta yang sebelumnya lenggang, ketika mulai memasuki Ragunan, mau masuk buat parkir mobil saja anttriii banget. Dan benar saja, di dalam lokasi kebun bintang penuh sesak manusia. Kebun Binatang Ragunan yang konon dibangun di atas lahan seluas 140 hektar ini, ternyata dipenuhi oleh manusia yang ingin berwisata juga saat libur lebaran. Bisa jadi mereka yang datang ke Ragunan ini penduduk Jakarta yang tidak mudik, atau keluarga yang datang dari kampung ke Jakarta untuk libur lebaran dan ingin melihat Ragunan, seperti saya ini.

Di bawah ini adalah foto yang saya ambil di Ragunan saat lebaran.

ragunan saat libur lebaran
Buseet, Ragunan saat libur lebaran

Nahloh, ternyata Ragunan saat lebaran, bukan manusia yang melihat binatang. Giliran para binatang yang mendapat hiburan melihat penuh sesak manusia. 😀

Karena kondisi yang penuh sesak seperti ini, kami hanya mendatangi beberapa jenis satwa saja. Syukurnya saat agak siangan, kami mendapat tempat untuk menggelar tikar untuk beristirahat sejenak dan makan siang. Yang lebih bikin miris itu, ada beberapa anak kecil yang kehilangan orang tuanya. Malah kami melihat sendiri ada anak kecil umur sekitar 3-4 tahunan, menangis sendirian mencari orangtuanya, sampai akhirnya si anak tersebut dibawa oleh petugas kebun binatang ke kantor informasi. Jadi ekstra ketat nih ngawasin anak kalau dibawa ke tempat keramaian.

Akhirnya sore hari kita pulang, dan Abel pun sampai rumah malah jadi sehat dan ceria kembali. Oalah Bel, ternyata kamu itu minta diajak jalan-jalan toh biar sembuh. 😀

grand pakuwon surabaya
Abel udah gede & mamanya

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *