PRUprime Healthcare Syariah, Asuransi Jiwa Syariah Untuk Semua

Masyarakat Indonesia, khususnya bagi yang warga muslim saat ini sudah banyak yang melek syariah, yang kemudian banyak dari mereka yang melakukan hijrah menuju kehidupan yang lebih baik tanpa riba.

Seiring dengan hal tersebut, banyak perusahaan layanan masyarakat yang kemudian memberikan opsi agar masyarakat tetap bisa mendapat kemudahan dalam bertransaksi, namun dengan cara yang syariah. Mulai dari perbankan, jasa layanan finance, sampai jasa layanan asuransi jiwa kini bisa didapat namun tanpa harus kuatir tentang riba.

Salah satu perusahaan asuransi jiwa terbesar di Indonesia, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) adalah yang termasuk menyediakan layanan asuransi jiwa dengan basis syariah. Namun Prudential bukanlah pemain baru, di tahun 2017 ini mereka sudah menginjak tahun ke-10 beroperasi di industri asuransi jiwa syariah di Indonesia. Dimana di dalam peringatan Prudential 10th anniversary ini, Prudential memperkenalkan PRUprime healthcare syariah yang merupakan produk asuransi jiwa rawat inap, tentunya dengan berbasis syariah.

Tidak tanggung-tanggung, agar masyarakat semakin percaya dan tenang dalam menggunakan layanan PRUprime healthcare syariah ini, PT Prudential Life Assurance membentuk Dewan Pengawas Syariah yang anggotanya ditunjuk langsung oleh Dewan Syariah Nasional-MUI. Tujuannya tidak bukan adalah untuk mengawasi sistem di dalam PRUprime healthcare syariah ini, agar tetap selalu dalam koridor syariah. Sehingga pengguna layanan ini tidak hanya tenang di dunia, tapi juga di akherat nanti.

Akan tetapi apakah masyarakat sudah mengetahui tentang program asuransi jiwa syariah ini?

Ternyata cukup mengejutkan, hasil survey menyebutkan bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia saat ini membutuhkan layanan asuransi jiwa yang berbasis syariah, namun tidak banyak yang tahu tentang layanan asuransi jiwa syariah dari Prudential.

Ini adalah tantangan, bagaimana Prudential selaku penyedia jasa layanan asuransi jiwa syariah, mampu mengedukasi  masyarakat bahwa PRUprime healthcare syariah adalah asuransi jiwa yang benar-benar syariah. #PRUsyariahUntukSemua.

Kenapa Harus Memilih Layanan Asuransi Jiwa Syariah Dari Prudential?

pruprime healthcare syariah. prudential syariah, asuransi jiwa syariah
Peluncuran PRUprime Healthcare Syariah di Kantor Pemasaran di Surabaya

Dalam acara peluncuran PRUprime healthcare syariah beberapa waktu lalu di kantor pemasaran Surabaya, ada salah seorang yang bertanya tentang beda asuransi syariah dengan asuransi konvensional. Mungkin ini jugalah yang menjadi pertanyaan dari banyak orang, apa yang membuat PRUprime healthcare syariah dari Prudential ini bisa menjadi benar-benar syariah. Tentu hal ini penting sekali untuk diketahui, agar masyarakat tidak merasa tertipu dengan jasa layanan serupa yang membawa nama syariah, namun dalam prakteknya masih mengandung unsur riba.

Bapak H. Ahmad Nuryadi Asmawi, LL.B, MA selaku anggota dari Sharia Supervisor Broad Prudential Indonesia mengatakan bahwa, asuransi syariah yang diusung oleh PRUprime healthcare syariah ini pada dasarnya berasaskan pada prinsip saling tolong-menolong.

Ada dua jenis akad yang harus ditanda tangani di dalam Prudential syariah. Akad yang pertama yaitu yang disebut dengan akad Tijarah (Mudharabah), yaitu akad nasabah asuransi syariah dengan Prudential. Dimana Prudential di sini adalah sebagai pengelola tabbaru’ dari para nasabah. Tabbaru’ artinya sumbangan atau donasi dari peserta asuransi (sohibul maal), yang dititipkan kepada Prudential utuk dikelola sehingga bisa menghasikan profit.

Nah, akad yang kedua disebut dengan akad tabbaru’ (hibah) adalah yang penting, yaitu akad antara sesama nasabah Prudential Syariah. Dimana setiap anggota PRUprime healthcare syariah menanda tangani akad dengan ikhlas untuk membantu, dengan memberikan hibah/bantuan bagi peserta asuransi lain apabila terkena musibah/sakit. Sehingga dengan mengikuti asuransi syariah, nasabah tidak hanya mendapat untuk ditanggung biaya rumah sakit, mendapat dana manfaat tahunan, namun juga bisa mendapat pahala dengan membantu orang lain yang terkena musibah.

PRUprime healthcare syariah yang diluncurkan dalam tahun ke-10 Prudential Syariah ini menawarkan berbagai macam keunggulan yang inovatif. Salah satunya adalah layanan dimana Prudential Indonesia selaku pengelola dana membayarkan biaya rumah sakit sesuai dengan tagihan yang harus dibayarkan. Sehingga nasabah tidak harus dipusingkan oleh biaya tetek bengek dan lainnya, dan pasien bisa lebih fokus untuk penyembuhannya.

Di sinilah kelebihan PRUprime healthcare syariah bila dibandingkan dengan asuransi jiwa konvensional. Bila pada asuransi konvensional keuntungan dalam pengelolaan dana sepenuhnya menjadi milik perusahaan asuransi, manfaat yang diterima oleh nasabah sesuai dengan perjanjian di awal, flat! Sedangkan di asuransi syariah, nasabah bersama-sama mengumpulkan dana, yang kemudian dikelola oleh Prudential untuk mendapatkan profit. Profit yang didapat dari dana para nasabah ini sebagian akan digunakan untuk membayar manfaat tahunan, sedangkan sisanya akan menjadi surplus yang kemudian dibagikan bersama perusahaan dan nasabah. Sistem bagi surplus inilah yang kemudian disebut dengan surplus sharing.

Tidak hanya itu, beberapa keunggulan lain dari PRUprime healthcare syariah antara lain:

  • PRUprime  saver. Buat nasabah yang ingin membayar biaya asuransi lebih murah, dapat memilih fasilitas ini. Karena PRUprime saver ini memungkinkan nasabah untuk menanggung sendiri biaya rawat inap hingga batas tertentu, sehingga biaya asuransi bisa lebih ringan.
  • PRUprime limit booster. Nasabah yang ingin mengambil layanan rawat inap di bawah dari plan yang diambil, selisih pertanggungan plan dan biaya rawat inap tersebut bisa ditambahkan ke biaya manfaat tahunan. Sehingga nilai dana manfaat tahunan bisa meningkat.
  • Fasilitas Manfaat Berkembang. Apabila tidak ada klaim dari nasabah selama setahun, maka dana manfaat tahunan nasabah bisa bertambah 10%, dan berlaku kelipatannya setiap tahun sampai maksimal mencapai 50% dari nilai batas manfaat tahunan awal.
  • PRUprime healthare syariah bisa digunakan di rumah sakit yang bermitra dengan Prudential di tiga negara (Indonesia, Malaysia, Singapura) dengan sistem pembayaran cashless. Cukup hanya dengan menunjukkan kartu PRUprime healthcare syariah.
  • Kemudian bagi nasabah PRUprime healthare syariah yang meninggal dunia, keluarganya bisa mendapat dana santunan kasih sayang (marhamah)m sehingga keluarga yang ditinggalkannya bisa lebih merasa ringan dalam segi financial.

Dengan banyaknya layanan masyarakat yang menguntungkan, namun juga menenangkan karena sudah sesuai dengan syariah, tidak salah kalau Prudential telah mendapatkan hingga puluhan penghargaan. Beberapa diantaranya seperti Asuransi Syariah Terbaik versi Majalah Investor, Asuransi Jiwa Islami Terbaik, Asuransi Paling Expansif versi Karim Consulting yang merupakan biro konsultasi keuangan dan ekonomi Islami yang cukup ternama di Indonesia, dan masih banyak lagi penghargaan-penghargaan lainnya.

Dan satu lagi yang penting untuk diketahui, bahwa bukan berarti PRUprime healthcare syariah berasaskan pada hukum syariah, maka nasabah yang boleh mengikutinya adalah mereka yang muslim saja. Akan tetapi berpegang pada prinsip universalitas, PRUprime healthcare syariah ini terbuka sekali untuk masyarakat muslim maupun non-muslim.

Sepuluh tahun berkiprah di bisnis asuransi syariah bukanlah waktu yang sebentar, sudah selayaknya lah Prudential kini menjadi salah satu raksasa perusahaan asuransi yang terpercaya di Indonesia.

You may also like...

8 comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *