PR Siswa SD Yang Membuat Heboh Dunia Maya

Baru-baru ini jagad dunia maya dihebohkan oleh foto lembar jawaban seorang anak SD yang mendapat nilai 20, dari 10 soal hanya dua jawaban yang dibenarkan. Padahal jawaban-jawaban tersebut dibantu oleh sang kakak yang adalah seorang mahasiswa teknik mesin. Sang kakak yang merasa jawaban adiknya benar semua itu kemudian mengunggah hasil lembar kerja di sosial media, sambil memprotes guru adiknya yang dirasa telah keliru.

pr siswa sd heboh

Kalau diinget-inget lagi saya juga pernah loh mendapat soal yang serupa waktu SD, saya juga sempet melakukan kesalahan yang sama, terbalik meletakkan angka perkalian. Jadi misal soalnya seperti ini:

“4x4x4x4x4x=…x…=…”

Bagi orang yang belum tahu, kebanyakan pasti menjawab seperti ini:

“4x4x4x4x4x4=4×6=24

Tapi waktu itu saya disalahkan oleh guru, yang benar harusnya:

“4x4x4x4x4x4=6×4=24

Loh kok bisa disalahkan, kan hasilnya sama saja?

Nah, coba pahami beda antara “4×6” dengan “6×4” secara kalimat. Ucapkan “empat kali enam”, jika diperhatikan berarti ada angka enam sebanyak empat kali. Begitu juga “enam kali empat” yang berarti ada angka empat sejumlah enam kali. Jadi jawaban yang benar untuk soal “4x4x4x4x4x4=” harusnya adalah “6×4”.

Hal inilah yang mungkin kurang dipahami oleh sang kakak tersebut. Bukan jawaban akhir yang menjadi penilaian oleh guru, melainkan bagaimana siswa tersebut agar bisa  memahami dan menguraikan sebuah persoalan sehingga mudah dicerna, bukan hanya soal hapalan semata.  Yah, kalau si kakak merasa benar dan memprotes guru adiknya, harusnya dia nggak boleh gegabah langsung menyalahkan sang guru. Jawaban akhirnya memang benar, tapi kan bukan itu maksudnya.

Hal ini bisa jadi pelajaran buat kita semua, pahami setiap persoalan terlebih dahulu. Ibarat lomba memancing nih, ada dua orang peserta lomba. peserta yang satu menggunakan pancingan, yang satu lagi menggunakan jala. Dua-duanya mungkin mendapat hasil yang sama, yaitu ikan. Bahkan mungkin yang menggunakan jala akan mendapat ikan lebih banyak dan lebih cepat. Namun tetap saja yang menjadi juara adalah yang menggunakan pancingan, karena prosesnya lah yang menjadi penilaian utama.

Terima kasih sudah mampir ke sini, jangan lupa baca juga 4 Hijabers Cilik Yang Populer di Instagram.

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *