Plugin Sitemap Yang Wajib Dipasang di WordPress

Ngomongin soal optimasi blog, salah satu alat yang ampuh buat mengoptimasi blog kita agar jaya di udara adalah dengan memasang sitemap untuk memberitahu mesin pencari tentang keberadaan artikel yang kita punya. Seperti yang kita tahu, persaingan dalam mesin pencari baik dari dalam negeri, terlebih bagi yang ingin menyasar pasar internasional, ratusan bahkan jutaan blog dan website telah berlomba-lomba untuk memperebutkan posisi teratas. Untuk itulah, sebagai salah satu dari sekian banyak pesaing tersebut, kita wajib memasang beberapa persenjataan agar kita tidak kalah dan terlempar jauh ke halaman buncit, yang berakibat akan membuat blog/website kita menjadi sepi pengunjung.

Kali ini saya akan bicara tentang WordPress, salah satu platform blog paling populer yang memiliki banyak sekali kelebihan. Banyak hal yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan WordPress, salah satunya yaitu optimasi SEO yang lebih tajam. Selain menggodok optimasi di blog secara manual, ada baiknya kita juga memasang plugin yang mendukung SEO blog kita, salah satunya yaitu dengan menggunakan plugin Google XML Sitemaps. Plugin yang saya pakai untuk blog elangg.com adalah buatan Arne Brachhold.

google xml sitemap untuk wordpress

Plugin ini secara otomatis akan menghasilkan sitemap XML khusus yang akan membantu mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing maupun Ask.com untuk menemukan artikel-artikel yang ada di blog kita. Sehingga besar kemungkinan blog kita akan mendapatkan lebih banyak pengunjung. Plugin ini cocok untuk segala jenis WordPress yang menggunakan permalink URL halaman ataupun yang kustom.

Dan yang lebih istimewanya lagi, plugin ini akan membantu mesin pencari untuk mengindex artikel yang baru diposting di blog kita.

Karena Google XML Sitemaps ini sangatlah komplit untuk mendukung optimasi SEO dari blog kita, insya Allah blog yang kita bangun tidak akan merosot dan bahkan bisa menjadi juara di persaingan memperebutkan posisi pertama di halaman mesin pencari. Semoga artikel ini bermanfaat! 🙂

You may also like...

3 comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *