Plugin Lockdown Untuk mengamankan Blog WordPress Dari Hacking

Mempunyai blog/website tentu saja kita tidak mau kalau ada pihak-pihak tertentu yang dengan sengaja menjebol pengamanan kita, terutama salah satu platform yang sering jadi bahan percobaan dalam meretas keamanan sebuah blog adalah WordPress. Hal ini dikarenakan mudahnya mengakses halaman login dari blog WordPress, hanya dengan menambahkan “/wp-login” di belakang nama domain. Karena blog yang kita miliki merupakan satu aset yang harus kita jaga, ada cara yang cukup ampuh dalam mengamankan halaman login kita, yaitu dengan mengubah alamat “/wp-login” tersebut.

Sebenarnya ada dua cara untuk mengubah alamat login dari platform WordPress, yaitu dengan cara manual dan dengan cara menginstall plugin Lockdown. Untuk cara manual tidak akan saya tulis di sini, silakan cari di halaman pencarian Google. Cara yang kedua yaitu dengan cara memasang plugin Lockdown adalah cara yang paling mudah.

Caranya masuk ke Dashboard WordPress kalian, lalu pilih menu PluginsAdd New. Pada kotak pencarian ketikkan Lockdown. Lalu kemudian akan muncul beberapa pilihan plugins. Pilih Lockdown WP Admin dan klik tombol “Install”.

lockdown wp admin

Setelah proses instalasi berhasil, pilih kembali menu Plugins Installed Plugins. Kemudian lihat pada plugin Lockdown, klik “Activate”.

Sekarang waktunya mengganti URL login WordPress kalian dengan URL kustom. Masuk ke Dashboard, lalu pada menu pilih Lockdown WP, biasanya terletak di bagian kiri bawah.

lockdown wp admin, mengganti url login wordpress

Lalu akan keluar halaman untuk mengkonfigurasi Lockdown kalian.

 

lockdown wp admin

Seperti terlihat pada gambar, centang pada tulisan “Hide WP admin from….” Kemudian pada bagian WordPress Login URL, ketikkan teks yang ingin dipakai untuk mengganti “wp-admin”. Jangan lupa untuk mencatat URL baru kalian agar tidak lupa di kemudian hari. Buat kata yang cukup rumit, perpaduan antara huruf dan angka agar tidak mudah dijebol. Terakhir, jangan lupa untuk klik tombol Save Option untuk menyimpan konfigurasi kita. Dengan memasang plugin ini, blog kita akan lebih aman dari hack ataupun tangan-tangan jail yang tidak bertanggung jawab. Semoga artikel ini bermanfaat! 🙂

Jangan lupa baca juga artikel memasang plugin sitemap untuk mengoptimasi blog di mesin pencarian.

You may also like...

2 comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *