Pisang Raksasa

Hari ini seperti hari hari yang lain, salah satu hal yang kerap kali saya lakukan saat sedang santai adalah mengecek status di beberapa akun media sosial saya. Salah satunya adalah status di BBM (Blackberry Messenger). Dan ada satu update-an profil picture dari teman SD saya, Maya yang mengunggah sebuah gambar pisang. Kenapa gambar pisang bisa menarik perhatian saya, apakah saya kemudian menjadi pisang-holic yang suka merinding kalau melihat benda panjang dan melengkung seperti halnya pisang. Sekali lagi, PISANG!

Hehehe enggak kok, saya masih normal. Bukan penggemar pisang yang seperti kalian bayangkan! #eh ini apa???

Jadi, kenapa gambar pisang yang di update oleh si Maya ini menarik perhatian saya? Jawabannya adalah karena ukurannya. Bikin ngeri!

Mending lihat sendiri deh gambarnya…

pisang agung lumajang Lengan si Maya aja kalah gede 😀

Nah loh, ngeri kan ukurannya! Saya sempet mikir, ini pasti gambar editan dari internet. Waktu saya tanya langsung ke Maya, ternyata ini asli. Dia baru dapet oleh oleh dari Blitar. Sadis nih kalau punya pisang segede ini! #nyengir

Karena penasaran, saya pun kemudian nyari informasi di Google tentang pisang ini. dan ternyata memang benar ada.

Nama pisang ini adalah Pisang Agung yang banyak ditemui di daerah Lumajang. Karena kebetulan pisang Agung ini termasuk salah satu ikon kota Lumajang selain pisang Mas Kirana. Pisang Agung ukurannya memang jumbo, bisa sampai 3 kali lipat dari ukuran pisang normal. Jenis pisang tanduk ini rasanya manis, namun orang lebih banyak menggunakannya sebagai bahan olahan seperti gethuk, keripik, dodol, pisang goreng dan lain sebagainya.

Wahaha, kalau disuruh makan sebiji saja nggak habis. Kayaknya pisang agung ini paling cocok nih buat oleh-oleh kalau berkunjung ke Lumajang. Jumlah produksi pisang Agung di Lumajang sendiri bisa mencapai sekitar 50 ton per hari, Baik itu untuk pengolahan makanan seperti keripik dan lain lain, ataupun untuk buah sebagai buah tangan. Buah pisang Agung banyak dijual di pasar-pasar buah kota Lumajang.

You may also like...

5 comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *