Perjalanan Wisata, Makin Lancar Dengan GPS Mobil

Adakah diantara kalian pernah tersesat di suatu tempat? Hal ini saya alami beberapa waktu lalu, saat saya dan keluarga sedang ada acara di salah satu villa di Pacet, Mojokerto. Hari itu sebenarnya kami berencana berangkat pagi agar tidak terjebak macet, namun karena sesuatu hal terpaksa kami harus berangkat sore hari. Dan benar saja, baru masuk ke jalan utama, mobil yang kami kendarai tidak dapat berjalan karena macet jam pulang kantor. Kalau kayak gini, bisa-bisa tengah malam baru sampai di lokasi.

gps mobil
Ilustrasi. Image: Pixabay

Saat itu kami berangkat menggunakan dua mobil, saya di mobil pertama dan paman saya di mobil kedua. Karena terjebak macet parah, salah satu dari kami mengusulkan untuk masuk ke gang melewati jalan pintas. Saya yang membawa mobil pertama kebetulan belum pernah lewat jalan tersebut, jadi saya mah nurut saja sama yang tahu jalan.

Karena hari mulai malam, ternyata yang bilangnya tahu jalan agak kesulitan harus belok kemana karena gelap. Ternyata kami tersesat!

Paman saya yang membawa mobil ke-dua kemudian menyuruh saya berhenti, ternyata di mobil yang dibawa oleh paman saya sudah dilengkapi GPS mobil, dan jalan yang kami lalui saat itu kejauhan, harusnya belok dari tadi.

Untung ada GPS mobil paman!

Keuntungan Menggunakan GPS Mobil

Dari pengalaman tersebut, saya jadi benar-benar tahu dan merasakan kalau memasang GPS navigasi di mobil itu sangat penting. Kalau di jaman dulu alat untuk menunjukkan arah ada peta dan kompas, namun dua alat penting tersebut kini bisa didapat hanya dengan satu alat GPS navigasi.

Bicara soal GPS navigasi, cukup beragam. Ada yang di bawah sejutaan, hingga yang berharga di atas 10juta juga ada. Tapi jangan dilihat mahalnya saja, semakin mahal harga sebuah GPS mobil, biasanya semakin banyak fitur yang ditawarkannya pula. Seperti GPS mobil milik paman saya yang dilengkapi dengan fitur suara berbahasa Indonesia. Hal ini tentu sangat membantu sopir agar tidak melulu memperhatikan GPS untuk mengetahui track mana yang harus dilalui. Sehingga konsentrasi tidak terpecah, dan menyetir jadi lebih aman.

Dengan Memasang GPS Navigasi pada Mobil, Kita Bisa Tahu Posisi Kita dan Terhindar Dari Tersesat

Salah satu keunggulan GPS navigasi dibandingkan alat penunjuk konvensional seperti peta dan kompas adalah, sistem navigasi menggunakan satelit yang bisa menunjukkan di mana posisi kita saat ini hanya dengan satu langkah. Sehingga bisa lebih cepat untuk tahu dimana posisi kita dan akan kemana jalur yang harus kita tempuh.

Hal ini sangat berguna apabila kita membutuhkan waktu yang cepat untuk urusan navigasi, seperti saat terjebak di kemacetan. Kita tidak perlu meminggirkan mobil terlebih dahulu untuk mencari jalan alternatif, ribet banget mengingat berhenti di jalan yang macet adalah hal yang krusial.

Menggunakan Fitur GPS Navigasi dari Smartphone, Selain Jadi Boros Baterai Juga Bisa Mengganggu Aktifitas Komunikasi Mobile

Banyak yang berpikir, kenapa harus membeli GPS Mobil kalau bisa menggunakan fitur GPS dari smartphone kita?

Memang iya, smartphone yang beredar di pasaran saat ini juga dilengkapi dengan fitur GPS dan benar-benar bisa digunakan sebagaimana GPS mobil. Akan tetapi, tidak selamanya kita bisa memfungsikan smartphone sebagai GPS. Terlebih jika kita melakukan perjalanan jauh di lokasi yang bahkan belum pernah kita kunjungi sama sekali, GPS sebagai alat penunjuk jalan akan lebih intens digunakan.

Pertama, smartphone akan jadi lebih boros baterai. Mengingat smartphone tidak hanya difungsikan sebagai GPS, namun juga sebagai mobile phone, media chatting, sosial media dan lain-lain. Meskipun bisa saja kita menggunakan power bank atau di-charge terus menerus pada dashboard, namun hal ini bisa saja membuat baterai smartphone kita jadi panas dan tidak berumur panjang.

Kemudian kegiatan komunikasi mobile juga bisa bisa terganggu, seperti saat menerima telepon atau membuka aplikasi chatting. Nggak mau kan navigasi menjadi terganggu gara-gara tiba-tiba ada telepon masuk, atau notifikasi Whatsapp yang bertubi-tubi membuat aplikasi GPS kita jadi error.

Dengan GPS yang terpasang khusus untuk navigasi mobil, akan membuat fungsi GPS tersebut jadi lebih maksimal tanpa harus terganggu dengan kebutuhan lainnya.

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *