Pengen Punya Aplikasi Sejenis Corel Draw Tapi yang Gratisan? Inkscape Aja!

Beberapa waktu belakangan, saat desain grafis dengan model flat mulai menjamur, ada ketertarikan untuk bisa membuatnya. Saya bukan seorang graphic designer, jauh banget. Tidak ada skill desain yang saya kuasai. Namun nggak ada salahnya kalau bisa membuat sekadar flat ribbon atau logo sederhana untuk menunjang penampilan dari blog saya. Akhirnya saya hunting software Corel Draw yang menurut saya paling cocok untuk keperluan membuat objek atau shapes ketimbang menggunakan Photoshop.

Saya bertanya ke kanan dan ke kiri, mulai hunting agar bisa memiliki CorelDraw di laptop saya. Akhirnya pilihan jatuh pada Corel yang portabel. Selain karena lebih ringan, namun tetap memiliki fungsi yang hampir sama dengan Corel instalasi. Pelan-pelan saya mulai belajar mengoperasikan CorelDraw portabel, dan membuat beberapa desain-desain sederhana. Membuatku Bahagia!!

Waktu berjalan, tetiba ada masalah pada CorelDraw portabel saya. Tetiba hang dan tidak bisa dibuka aplikasinya sama sekali, bahkan sudah restart laptop beberapa kali tetap saja Corel Portabel tidak bisa dijalankan. Akhirnya saya harus pasrah tidak bisa kembali membuat desain-desain sederhana dari Corel, membuatku sedih! 🙁

Pas lagi buntu bingung memikirkan bagaimana agar saya bisa kembali mengutak-atik CorelDraw, tetiba ada ilham (bukan, ilham bukan nama orang kok, tetapi sejenis inspirasi atau ide yang mendadak muncul). Kenapa nggak cari software sejenis CorelDraw tapi yang free, alias GRATIS. Hal ini sekilas terpikir karena terinspirasi dari Linux, dimana di dalam Linux sering ada software bawaan yang sifatnya open source dengan fungsi dan fitur-fitur yang mirip banget sama software berbayar Windows. Salah satunya yang dulu pernah saya pakai adalah OpenOffice, software pengganti Ms.Office yang sifatnya gratis.

Nah, di saat lagi buntu berharap masih bisa memiliki software CorelDraw, saya iseng mengetik software gratis pengganti Coreldraw. Dan Voila, akhirnya ada beberapa nama software open source pengganti CorelDraw pun bermunculan di timeline Google. dari beberapa list nama tersebut, ada satu software yang melihat dari tampilan screenshot-nya mirip banget sama CorelDraw. Software open source tersebut bernama Inkscape.

inkscape software pengganti corel gratis

Untuk mengunduhnya, kalian hanya cukup masuk ke website INKSCAPE dan download freeware tersebut sesuai dengan platform komputer yang kalian pakai.

Selamat mencoba!

You may also like...

2 comments

  1. Inkscape alternatif buat corel draw, gimp alternatif buat photoshop; all free, karena open source 😀
    Awalnya saya tahu pas nyoba pake OS linux ubuntu he he

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *