Peluang Usaha Rumahan yang Sederhana Namun Ber-omzet Tinggi

Memiliki usaha sampingan bagi  keluarga adalah hal yang mungkin banyak orang inginkan, bahkan banyak yang rela mengikuti banyak pelatihan untuk bisa membangun sebuah usaha yang bisa dikerjakan hanya dari rumah. Selain untuk menambah pemasukan bagi keluarga, usaha yang bisa dikerjakan dari rumah biasanya jadi favorit ibu-ibu rumah tangga karena bisa disambi sambil tetap merawat rumah dan mengasuh anak-anak. Namun begitu, banyak juga para suami yang juga mendambakan pekerjaan yang bisa dikerjakan hanya dari rumah, agar tetap bisa berkumpul dan ikut berperan dalam mengurus anak-anak.

Peluang Usaha Rumahan yang Sederhana Namun Ber-omzet Tinggi

peluang usaha rumahan,peluang usaha, usaha rumahan, peluang bisnis, usaha sampingan, bisnis rumahan
Istana Keong. Salah satu usaha rumahan yang pernah saya liput. Baca ceritanya di sini.

Pasti banyak yang bermimpi, berawal dari usaha rumahan kemudian bisa berkembang menjadi sebuah perusahaan yang besar. Bisnis apapun pasti bisa berkembang besar dan bisa mendapatkan omzet yang tinggi. Asalkan dikerjakan dengan tekun, tepat sasaran serta strategi pemasaran yang jitu. Tentunya kerja keras disertai dengan doa, selain bisa sukses juga barokah.

Adapun beberapa peluang usaha sederhana yang bisa dikerjakan dari rumah adalah:

Membuka Toko

Saat ini banyak sekali orang yang memanfaatkan space di depan rumah untuk membuka sebuah toko. Bahan-bahan yang dijual juga bermacam-macam. Ada yang menjual bahan kebutuhan rumah tangga, peralatan listrik dan bangunan, warung makan, jual pulsa dan aksesoris serta bahan-bahan lain yang bisa dijual. Modalnya juga pasti nggak seberapa besar, bangunannya dari rumah sendiri. Tinggal mencari supplier yang sesuai, beberapa perlengkapan display seperti etalase, rak dan lain-lain. Usaha toko rumahan siap untuk dikerjakan. Jangan terburu-buru langsung punya banyak pelanggan, karena usaha apapun pasti membutuhkan proses.

Membuat Toko Online

Kalau ternyata tidak memiliki banyak space di rumah unuk membuka toko fisik, atau barangkali rumah kalian tidak memungkinkan untuk membuka sebuah toko, entah itu karena terlalu sepi sehingga akses untuk peembeli sangat minim. Maka yang bisa kalian lakukan untuk tetap bisa berjualan adalah dengan membuat toko online. Media yang digunakan untuk toko online juga bisa bermacam-macam. Bisa memanfaatkan sosial media seperti Facebook, Instagram atau BBM. Atau bisa juga memanfaatkan e-marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Olx dan lain-lain. Kalau punya dana lebih sih bisa membuat sebuah website toko online. Membuat sebuah websit toko online selain agar lebih terlihat profesional, juga membantu penjualan lewat mesin pencarian.

Usaha Katering/Kue Kering

Bagi yang memiliki bakat memasak, bisa juga membuka usaha katering atau membuat kue-kue. Untuk penjualannya bisa dititipkan ke beberapa rumah makan atau dititipkan untuk dijual di pasar. Bisa juga menerima order katering ke beberapa tetangga rumah, karena banyak juga yang menjalankan bisnis katering dengan memasakkan makanan sehari-hari. Biasanya target pasarnya adalah keluarga yang suami dan istrinya sama-sama sibuk bekerja sehingga tidak sempat untuk memasak. Selain mengutamakan kebersihan dan rasa, membuat menu yang berbeda setiap harinya juga dapat meningkatkan penjualan sehingga omzet juga bisa tinggi.

Membuat Aksesoris dan Pernak-Pernik

Buat para wanita yang suka memakai aksesoris lucu seperti gelang, kalung, jepit rambut atau pita. Pernahkah berpikir bagaimana cara membuat barang-barang tersebut? Aksesoris dan pernak-pernik tersebut sesungguhnya adalah hasil buah kreasi tangan dari orang-orang yang merupakan industri rumahan loh.

Ada banyak banget jenis-jenis aksesoris atau pernak-pernik yang bisa dijadikan contoh, atau kalau mau belajar bisa membeli buku membuat aksesoris atau melihatnya di Youtube. Seperti salah satu contohnya di video berikut ini.

 

Menjadi Blogger

Salah satu profesi yang mungkin nggak banyak orang tahu, adalah menjadi seeorang blogger. Buat yang hobi banget menulis atau bermain internet, ada peluang usaha yang sebenarnya bisa dikerjakan. Blogger adalah orang yang membuat blog, kemudian mengisinya dengan berbagai macam konten kreatif seperti artikel, design grafis, karikatur/komik, video dan lain-lain. Membangun blog yang ramai pengunjung, kemudian menjadi publisher seperti Google adsense, job review, placement dan lain-lain. Selain bisa mengerjakannya di mana saja, kapan saja, namun tetap bisa mendapatkan uang. Ada banyak petunjuk di Google tentang bagaimana cara mendapatkan uang dari blog.

Itulah beberapa peluang usaha rumahan yang apabila dikerjakan dengan ketekunan dan tidak mudah menyerah, akan mampu mengahsilkan omzet yang tinggi. Apabila ada tambahan lain, bisa ditambahkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *