Peluang Usaha Bisnis Catering Online

Peluang Usaha Bisnis Catering Online – Jaman sekarang apa-apa online, mulai dari promosi usaha, berjualan barang-barang kebutuhan, hingga ajang curhat semua bisa dilakukan di media online. Membuka sebuah usaha bisnis online juga cukup menggiurkan dengan semakin berkembangnya teknologi, dan maraknya pengguna internet yang grafiknya semakin tahun semakin meningkat. Salah satu jenis usaha yang belakangan cukup populer adalah bisnis catering online.

peluang usaha bisnis catering

Memang bisa menjalankan bisnis catering secara online?

Tentu saja bisa! Ada beberapa contoh start up yang sudah sukses menjalankan bisnis online di bidang catering. Kita pun tentu saja bisa berusaha di bidang sejenis, meski dengan skala yang lebih kecil, asalkan tahu jalannya dan menawarkan value yang menarik, bisnis catering online kita bisa menjadi bisnis yang profitable.

Untuk memulai bisnis catering online, hal pertama yang harus dipunyai adalah kemampuan untuk memasak beberapa menu. Tak hanya bisa memasak, namun kita juga dituntut agar bisa membuat masakan yang mempunyai citarasa lezat, dan akan menjadi nilai tambah kalau bisa membuat dengan bahan yang mengandung banyak manfaat.

Tidak bisa memasak juga masih bisa membuka bisnis ini kok, kita bisa meng-hire chef yang cukup berpengalaman untuk menjadi juru masak khusus. Namun yang perlu diketahui adalah, semakin berpengalaman dan mempunyai portofolio yang bagus, maka gaji untuk meng-hire chef akan jadi lebih mahal. Namun dengan chef yang bagus, akan semakin meningkatkan branding positif bagi bisnis kita. Peluang untuk mendapatkan banyak konsumen juga semakin terbuka lebar.

Solusi lain yang bisa dilakukan adalah dengan meng-hire restaurant consultant, biasanya mereka menyediakan paket usaha kuliner dengan cukup komplit.

Setelah hal-hal teknis sudah dikuasai, hal kedua yang harus dilakukan adalah dengan memperkuat branding kita. Mulai dari memilih nama usaha yang menarik, membuat logo perusahaan yang gampang diingat, hingga menonjolkan nilai-nilai lebih dari produk yang kita punya. Sehingga bisa dijual dan menjadi pilihan favorit bagi konsumen.

Ketiga, saatnya kita buzzing usaha kita agar dikenal oleh masyarakat luas. Seperti membuat sistem aplikasi, website, sosial media dan lain-lain. Memanfaatkan iklan seperti Facebook Ads, Adwords ataupun iklan di media cetak dan online juga sangat membuka peluang kita untuk lebih dikenal banyak orang.

Terakhir, jika usaha kita sudah dikenal oleh banyak orang dan sudah berjalan dengan baik. Maka hal yang penting untuk diperhatikan adalah soal sistem dan pelayanan. Pastinya kita tidak ingin customer order cuma sekali, kemudian kabur karena pelayanannya buruk. Kita harus bisa memberikan pelayanan yang terbaik agar customer bisa merasa puas, dan menjadikan bisnis catering kita favorit bagi mereka. Sehingga customer yang merasa puas mau repeat order, atau bahkan mempromosikan usaha catering kita ke kerabat-kerabatnya.

You may also like...

2 comments

  1. Dulu aku pernah kepikiran untuk bikin katering sehat. Tapi males ribet nyari tukang untuk masaknya. Jadi berhenti di ide aja. Di itung2an kertas sih untungnya separuh sendiri.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *