Peluang Usaha Bisnis Angkringan

Angkringan berasal dari kata ‘angkring’ yang berarti nongkrong atau duduk-duduk santai, adalah sejenis warkop (warung kopi) yang biasanya terdapat di daerah Jawa Tengah. Di Solo disebut juga dengan HIK yang berarti ‘hidangan istimewa ala kampung’ atau wedangan. Untuk macam menu angkringan bisa dilihat di Aneka Menu Yang Terdapat Di Angkringan.

Bagaimana kalau angkringan yang ada di Jawa Tengah, kita bawa ke daerah kita. Bisa jadi peluang usaha yang cukup menggiurkan. Seperti halnya yang dilakukan oleh Rio. Dengan berbekal pengetahuan tentang aneka menu di angkringan, dia mencoba untuk membuka angkringan di Surabaya. ‘Angkringan Banyu Anget’ buka sejak tahun 2011 lalu, dimana saat itu angkringan masih belum menjamur. Rio ingin mengkampanyekan bagaimana budaya nongkrong yang sebenarnya. “Bagaimana kita menyajikan cara ngopi yang benar, agar budaya kita tidak tergerus oleh budaya lain,” terangnya

angkringan banyu anget
Rio, Angkringan Banyu Anget

 


Rio mencontohkan bagaimana bisnis masakan Jepang bisa sukses, karena mereka memegang kuat budaya mereka. Mereka mampu menyajikan mulai dari peralatan makan, meja, pernik-pernik atau ornamen, sampai pramusaji yang bergaya seperti orang Jepang, hal tersebutlah yang menjadi ciri khas sehingga bisnis tersebut banyak diminati mampu bertahan.

Ini nih, penampakan Angkringan Banyu Anget yang ada di jalan Nginden Semolo 22, Surabaya. Bisnis usaha angkringan yang dikolaborasikan dengan budaya nongkrong di Surabaya, jadilah bentuk kafe dengan nuansa angkringan Jawa Tengah. Pengunjung kebanyakan adalah anak muda, bahkan beberapa event juga sering diadakan di sini, termasuk pemutaran film-film indie dan nasional setiap Selasa malam.

angkringan banyu anget
Angkringan Banyu Anget
angkringan banyu anget
Angkringan Banyu Anget
angkringan banyu anget
Nasi kucing

Tertarik untuk mulai usaha angkringan juga? Nggak harus sekelas kafe yang membutuhkan modal ratusan juta kok, dengan menggunakan model gerobak sederhana juga bisa.

angkringan hik
Sumber gambar: travel.detik.com

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog Om El. 🙂

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *