Peluang Bisnis Online di Indonesia Saat Ini

Peluang Bisnis Online di Indonesia Saat Ini – Bicara soal bisnis online di Indonesia saat ini, hal ini tidak terlepas dari bagaimana peran pemerintah dalam mendukung populasi startup-startup baru yang semakin marak bermunculan. Seperti halnya program pemerintah Gerakan nasional 1.000 Startup Digital yang akhir-akhir ini ramai diperbincangkan. Presiden Joko Widodo sendiri berharap Indonesia bakal menjadi “The Digital Energy of Asia”, dengan menggembleng masyarakat -khususnya pemuda untuk terangsang dalam menciptakan kreasi-kreasi baru dalam dunia usaha digital.

Sebut saja beberapa startup di Indonesia yang sudah sukses meroket, Go-Jek, Tokopedia, Misteraladin dan lain-lain. Suksesnya mereka mendapatkan pendanaan baik dari investor lokal maupun investor kelas dunia, membuktikan bahwa saat ini benar-benar sedang dalam kondisi sehat. Itulah kenapa Kemenkominfo optimis bahwa Indonesia bisa melahirkan 1000 startup digital baru sampai tahun 2020, dengan perkiraan total valuasi yang mencapai angka US$ 10 milyar (sekitar Rp133 Triliun).

peluang bisnis online di indonesia saat ini
Ruang Guru. Startup besutan salah satu artis Indonesia, Dian Sastro

Pemerintah sebagai pencanang gerakan 1000 startup, memang tidak sepenuhnya membiayai langsung program ini. Artinya pemerintah tidak menggelontorkan dana, dan berperan sebagai investor untuk menyokong lahirnya startup-startup baru di Indonesia. Namun begitu, bukan berarti pemerintah lepas tangan dan menjadi cheerleader di pinggir lapangan. Ada beberapa strategi yang dibuat, yang diyakini mampu mengembangkan serta merangsang munculnya startup-startup baru di Indonesia.

Hingga akhir 2016, program gerakan 1000 startup akan digelar di beberapa kota besar di Indonesia. Dimana dalam pelaksanaan program tersebut, kreator-kreator baru akan digembleng melalui lima tahapan.

Tahapan pertama adalah berupa pemberian materi seminar tentang enterpreneurship, dimana target untuk tahap ini adalah sekitar 4.000 peserta. Dari sini diharapkan dengan mengikuti seminar ini, para peserta mampu terangsang untuk menciptakan ide baru dalam dunia usaha, yang kemudian akan diseleksi untuk mengikuti tahapan selanjutnya berupa workshop.

Para peserta yang masuk ke tahapan workshop akan mendapatkan pembelajaran tentang apa-apa saja yang dibutuhkan untuk membangun sebuah startup. Mulai dari perencanaan pembuatan desain, membaca kebutuhan pasar, sampai model bisnis yang akan dijalankan. Dari sini akan diseleksi kembali untuk mengikuti tahapan selanjutnya, yang berupa pembuatan prototipe untuk bisnis startup yang ingin mereka jalankan.

Tahapan berikutnya adalah dengan memberikan mentoring lebih dalam, agar para calon startup ke depannya bisa menjalankan startup mereka dengan baik. Setelah itu akan diseleksi kembali dan masuk ke tahap inkubasi, dimana di tahap terakhir ini para calon startup akan diberikan pelatihan untuk bisa mendapatkan valuasi yang diharapkan. Tahap terakhir ini pemerintah menargetkan ada 200 startup baru yang siap diluncurkan.

Dengan adanya 200 startup baru yang siap diluncurkan di setiap tahunnya, diharapkan target gerakan 1000 startup hingga tahun 2020 akan dapat terwujud. Sehingga perusahaan-perusahaan digital lokal dapat semakin berkembang, semakin banyak dan menciptakan banyak peluang lapangan pekerjaan. Hal ini bisa menjadi solusi dalam menghadapi MEA, agar Indonesia mampu menjadi negara industri yang lebih maju.

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *