Peluang Bisnis Menjelang Lebaran

Memasuki bulan Ramadhan kebutuhan akan segala jenis kuliner menjadi semakin meningkat, entah itu dari kebutuhan takjil, menu berbuka puasa, hingga maraknya tradisi buka puasa bersama (bukber) menjadikan rumah-rumah makan/restoran menjadi selalu penuh pengunjung di waktu menjelang Magrib hingga malam hari.

Banyak orang yang pada bulan Ramadhan mendadak menjadi pedagang makanan, seperti halnya di kampung-kampung yang mana pada sore hari penuh dengan pedagang seperti layaknya di pasar. Bermacam dagangan mulai dari jenis takjil, aneka minuman, hingga beraneka ragam lauk-pauk dan sayuran memang memberikan rejeki tambahan bagi masyarakat. Itulah Ramadhan, yang tidak hanya memberikan berkah berupa pahala namun juga memberikan berkah berupa materi.

Bicara soal Ramadhan, ada momen spesial yang ditunggu oleh umat muslim khususnya. Yakni hari raya Idul Fitri atau yang biasa disebut juga dengan lebaran. Momen lebaran adalah momen dimana umat muslim merayakannya dengan bermaaf-maafan dan bersilaturahmi.

Momen lebaran selain kerap dirayakan untuk bermaaf-maafan dan menjalin silaturahmi, dalam hal ini ada beberapa orang yang memanfaatkannya pula sebagai ajang mendulang rejeki. Dengan tidak mengurangi nilai lebaran itu sendiri, memanfaatkan momen lebaran untuk mencari rejeki sah-sah saja. Karena tidak bisa dipungkiri, kebutuhan pada saat lebaran menjadi lebih meningkat bagi kebanyakan orang. Entah itu kebutuhan pakaian ataupun bermacam jenis makanan seperti makanan ringan untuk suguhan di rumah-rumah.

Peluang Bisnis Menjelang Lebaran
Mencari peluang usaha saat lebaran

Memanfaatkan momen lebaran sebenarnya cukup menguntungkan bagi yang bisa membaca peluang, dan berani memulainya. Sebut saja di dalam kebutuhan akan pakaian muslim, saat ini kita bisa banget memulai usaha berjualan baju muslim, hijab maupun berbagai aksesoris sebagai pelengkap saat lebaran. Bagi yang tidak ada modal lebih, bisa memulai berjualan dengan sistem dropship seperti yang saat ini sedang banyak dijalankan anak-anak muda. Tanpa perlu menyetok barang, dengan hanya modal internet dan sosial media kita sudah bisa berjualan aneka jenis fashion terbaru.

Selain kebutuhan aneka jenis fashion muslim, yang tidak kalah ramainya saat menjelang lebaran adalah kebutuhan akan makanan ringan sebagai suguhan di rumah-rumah. Saat ini banyak sekali resep-resep membuat aneka kue bertebaran di internet. Ada yang cukup ribet namun dengan hasil yang lebih maksimal, ada pula jenis resep kue lebaran yang sederhana namun tetap mempunyai nilai jual.

Salah satu contohnya seperti , meskipun proses pembuatan kue bolu cukup ribet dan membutuhkan bahan yang cukup banyak, tapi ketika sudah jadi akan terasa lebih memuaskan dibanding hanya membuat kue sederhana seperti roti bakar dan sebagainya. Toh ketika kita bisa menjualnya akan memiliki nilai jual yang lebih.

Jadi tertarik mau jualan apa nih di lebaran tahun ini?

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *